Wednesday, May 30, 2012

5 Mahluk Mitologi Menakutkan Asal Filipina

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Tidak sedikit keberadaan legenda monster, hingga kini diyakini beberapa kebudayan di berbagai belahan dunia. Walaupun sekedar legenda atau mitos, keberadannya dibumbui dengan cerita-cerita mistis yang menakutkan. Seperti mahluk mitologi manakutkan asal negeri tetangga Filipina. Langsung saja, kita simak artikelnya yuk!

 

1. Tiyanak

Tiyanak mirip dengan mitologi Yunani sirene dalam hal memikat mangsanya dengan suaranya. Seseorang mendengar bayi menangis dari jauh di dalam hutan dan kemudian mengikuti suara untuk menyelamatkan bayi. Beberapa cerita mengatakan, pongid itu mengembara tanpa tujuan dalam mencari bayi dan menjadi putus asa sampai akhirnya hilang.Cerita lain menyatakan bahwa pongid yang akhirnya menemukan seorang bayi di tengah hutan. Ketika diangkat, bayi itu menjadi rakasa dengan gigi yang tajam dan besar. Kemudian memangsa pongid tersebut dan berubah kembali menjadi bayi untuk menunggu korban berikutnya.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar dan Video... Buka</>

Tiyanak (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

2. Duwende

Duwende mirip manusia kecil sebagai makhluk yang hidup di bawah tanah. Ada dua jenis utama Duwende yaitu Puti duwende yang diduga jenis makhluk yang membawa keberuntungan, atau itim duwende yang merugikan. Mereka biasanya bersembunyi, dan hanya berinteraksi dengan manusia ketika rumah mereka terganggu. Sebagai contoh, seorang petani baik hati yang merawat perkebunannya dimana Duwende hidup dapat dihargai oleh Puti duwende dengan kelimpahan besar tanaman dari biasanya. Namun, seseorang yang menendang sarang semut yang berada dekat rumah seorang itim duwendi akan dihukum dengan segudang penyakit mulai dari mulut bengkok sampai ke testis bengkak. Cara terbaik untuk menghindari Duwende dalam bentuk apapun adalah mengatakan “Tabi-tabi po” dengan suara keras sebelum memasuki apa yang mungkin menjadi rumah atau kawasan mereka.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar dan Video... Buka</>

Duwende (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

3. Kapre

Kapre adalah raksasa berbulu dengan mata bersinar dan cerutu yang tidak pernah terbakar. Mungkin kalau di Indonesia mahluk ini sejenis dengan Genderwo. Mereka biasanya dapat ditemukan duduk di atas pohon menunggu malam tiba untuk menakut-nakuti anak-anak nakal yang berada di luar rumah mereka sampai larut malam. Beberapa cerita menyatakan mereka sebenarnya makhluk yang sangat ramah. Orang dapat mendeteksi keberadaan Kepre, jikalau pohon yang bergoyang di dekatnya, bergerak tanpa ada angin. Atau Anda melihat asap samar dari atas pohon, yang bisa jadi bersumber dari cerutu Kapre. Matruculan Matruculan adalah salah satu makhluk jejadian dalam mitologi Filipina yang banyak yang menyerang ibu hamil. Mirip-mirip kuntilanak kali yah. Mahluk ini dyakini mampu menghamili seorang perawan sebelum datang kembali nantinya untuk membunuh wanita dan memakan janin tersebut. Untuk melindungi ibu dan anak, suami harus mengayunkan balisong (digambarkan di atas), atau pisau kupu-kupu, di atas perut wanita itu sementara dia dalam proses persalinan.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar dan Video... Buka</>

Kapre (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

4. Matruculan Matruculan adalah salah satu makhluk jejadian dalam mitologi Filipina yang banyak yang menyerang ibu hamil. Mirip-mirip kuntilanak kali yah. Mahluk ini dyakini mampu menghamili seorang perawan sebelum datang kembali nantinya untuk membunuh wanita dan memakan janin tersebut. Untuk melindungi ibu dan anak, suami harus mengayunkan balisong (digambarkan di atas), atau pisau kupu-kupu, di atas perut wanita itu sementara dia dalam proses persalinan.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar dan Video... Buka</>

Matruculan (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

 

5. Aswang Aswang ini mungkin yang mahluk fencing umum dari ogre Filipina. Secara umum, mereka adalah berbentuk layaknya manusia pada siang hari dan kemudian pada malam hari menjadi anjing, babi, kelelawar, kucing, ular atau jenis hewan tergantung pada daerah setempat. Mereka masuk ke rumah duka dan mencuri mayat. Mereka juga memasuki rumah dan minum darah manusia dan dapat membuat pongid menjadi aswang setelah sebelumnya berhasil digigit.(**)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar dan Video... Buka</>

Aswang (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Sumber: top5s.net, uniknya.com, Mei 2012


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List