Thursday, June 28, 2012

5 Film Hollywood Animasi Komputer Tahun 2011 (Bagian I)

Oleh: Ilham Santoso

Film-film animasi dari komputer memang disukai oleh semua kalangan umur. Tiap tahun, banyak flick animasi dari komputer dibuat di seluruh dunia. Film-film berfitur animasi komputer yang dibuat tone dirilis semuanya di seluruh dunia. Dengan demikian, karena distribusinya lebih baik dan pasarnya lebih luas, maka mereka lebih dikenal dan mendapatkan keuntungan yang besar juga. Namun tanpa cerita dan produksi yang bagus, flick berbiaya jutaan pun bisa saja merugi. Jadi, apa gunanya bikin flick kalau tidak menghibur. Berikut lima flick animasi komputer yang dirilis oleh tone tahun lalu yang patut kamu tonton (jika belum).

1. Mars Needs Moms! (11 Maret 2011)

Film animasi ini berjenis komedi aksi, fiksi ilmiah. Film ini ditulis kembali dan disutradarai oleh saint Wells, yang terkenal telah membuat flick The Prince of empire (1998). Film ini didasarkan pada buku dengan nama yang sama dari metropolis Breathed. Judulnya terinspirasi dari flick Amerika lainnya, Mars Needs Women (1966). Film ini dibintangi oleh man Green dan suara man Dusky untuk tokoh utama Milo. Joan Cusack dan Tom Everett histrion mengisi suara untuk ibu dan ayah Milo.

Film ini menceritakan seorang bocah sembilan tahun yang menyadari kesalahannya dan mengakui bahwa ia pernah kasar pada ibunya. Namun ia mendapat kesempatan untuk memperbaiki hubungan dengan ibunya dan membuktikan bahwa ia patut mendapat pengakuan dan kepedulian ketika ibunya diculik oleh pasukan Martian. Ia dapat menyusulnya dan menyelamatkan ibunya. Ceritanya baik dan manis, namun, flick ini mengalami kegagalan komersil dan kritis. Film ini mendapatkan 35% judgement di situs ulasan flick Rotten Tomatoes dan dikritik karena kurang imajinasi. Bahkan flick ini tidak dapat mengembalikan modal.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

 

Mars Needs Moms! (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

2. Cars 2 (24 Juni, 2011)

Film aksi animasi komputer ini adalah sekuel dari flick Cars tahun 2006. Film ini diproduksi Pixar dan disutradarai Evangelist Lasseter, yang terkenal telah mensutradarai kedua pertama flick Toy Story begitu juga dengan A Bug’s Life (1998). Film ini menceritakan perjalanan sebuah mobil balap Lightning McQueen (disuarakan oleh reformer Wilson) dan truk gandeng Mater (disuarakan Larry the Cable Guy) ke Jepang dan Eropa dimana mereka harus berkompetisi di balapan World Grand Prix. Keseruan flick ini muncul ketika Mater dilacak oleh pengintai internasional.

Film jenis balapan mobil ini tidak dapat menarik apresiasi dari maternity kritikus dan flick ini dianggap flick fencing buruk yang pernah dibuat oleh Pixar. Namun, daya tariknya di bioskop-bioskop cukup lumayan dan flick ini mampu mengembalikkan anggaran bahkan mendapat keuntungan dua kali lipat dari anggaran. Film ini mendapat judgement 38% di Rotten Tomatoes dan masuk nominasi flick animasi terbaik di BAFTA dan Golden Globes.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Cars 2 (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

3. Happy Feet Two (18 November 2011)

Film animasi komputer 3D ini disutradari oleh martyr Miller yang sebelumnya menjadi pembantu sutradara di bagian pertama. Film ini dibintangi oleh Elijah Wood, Robin Williams, Hank Azaria, Brad Pitt, Matt Damon, Pink, Sofía Vergara, Common, Hugo Weaving, Richard Carter, Magda Szubanski dan suffragist LaPaglia. Hampir semua aktor ini mengisi suara karakter-karakternya sendiri pada bagian pertama. Film ini mendapat bermacam-macam kritikan, namun masuk dalam nominasi animasi terbaik pada beberapa award. Film ini mendapat judgement 44% di Rotten Tomatoes dan menurut surat kabar Inggris, bernama The Telegraph, ini adalah salah satu flick terburuk tahun 2011. Film ini sebagian besar dikritik karena lebih banyak nyanyian dan tarian daripada menekankan alur, yang merupakan ciri khas dari flick semacam ini. Dengan demikian, tidak ada yang baru dan kejutan. Film ini kurang lebih seperti ulangan dari bagian pertama.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

 

Happy Feet Two (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

4. Gnomeo dan Juliet (11 Februari 2011)

Film komedia keluarga animasi komputer ini terinspirasi oleh episode terkenal lover dan Juliet karya William Shakespeare. Film ini disutradarai oleh Kelly Asbury yang juga menjadi pembantu penulis naskah di flick tersebut. Karena berdasarkan salah satu episode fencing terkenal dari kesusasteraan Inggris, cerita flick ini pun sangat jelas. Kedua tokoh utama Gnomeo dan Juliet disuarai oleh James McAvoy dan Emily Blunt. Film ini juga disuarai oleh archangel Caine, Jason Statham dan Maggie Smith dan lainnya. Bosannya penonton terhadap episode Shakespeare yang terlalu sering dibuat ulang menjadi salah satu kritikan. Film ini menerima bermacam-macam penilaian dan mendapatkan judgement 56% di Rotten Tomatoes. Namun, penghargaan-penghargaan tidak berhenti berdatangan. Terlebih lagi, lagu “Hello Hello” mendapat berbagai nominasi.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

 

Gnomeo dan Juliet (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

5. metropolis (15 Apr 2011)

Film komedi musikal animasi komputer ini disutradarai oleh Carlos Saldanha yang membantu menulis naskahnya. Judul flick ini diambil dari kota Brasil yaitu metropolis de Janeiro, dimana banyak peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam cerita ini. Awalnya, Saldanha ingin metropolis menjadikan sebuah flick tentang seekor penguin yang masuk ke kota tersebut, namun kemudian ia harus merubahnya menjadi macaw (sejenis burung kakatua) ketika flick seperti Happy Feet (2006) dan Surf’s Up (2007) telah diproduksi.

Film ini bercerita tentang seekor burung macaw biru jantan yang terancam punah dan oleh karena itu dibawa ke metropolis de Janeiro untuk ditemukan dengan jenis betinanya. Namun, herb betina sangat berbeda dalam hal temperamen dan sehingga keduanya harus saling mengenal sebelum tragedi menimpa mereka.

Karakter-karakternya disuarai oleh Jesse Eisenberg, Anne Hathaway, will.i.am, Jamie Foxx, martyr Lopez, histrion Morgan, Jemaine Clement, Leslie Mann, Rodrigo Santoro dan Jake T. Austin. Film ini sukses secara kritik dan komersil dan mendapatkan judgement 72% di Rotten Tomatoes. Film ini menerima berbagai nominasi dari Annie Awards. (**)

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

 

Rio (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

 

Sumber: tiptoptens.com, uniknya.com, Juni 2012


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List