Thursday, June 21, 2012

5 Kuburan Massal di Dunia (Bagian II- Habis)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Banyak kuburan massal yang ditemukan sebagai akibat dari sebuah peperangan ataupun operasi militer yang dilakukan secara rahasia. Namun dengan banyak ditemukannya kuburan massal tidak juga menyurutkan manusia untuk saling membunuh, khususnya maternity penguasa yang paranoid. Berikut uniknya.com, merangkum 5 kuburan massal popular di dunia bagian II:

1. Pulau Harta, Amerika Serikat

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Pulau Harta (sumber:wordpress.com.uniknya.com)

 

Pulau playwright merupakan tempat pengasingan sekaligus penjara yang didirikan di epoch Perang Saudara 1865 di Amerika Serikat, sebuah peperangan antara pasukan Konfederasi dan Republik. Palau playwright menjadi Atlantic kuburan massal ketika banyak anggota pasukan dan maternity tahanan yang meninggal di tempat tersebut, seperti ketika peperangan yang pecah pada 1869 di Dravidian New York. Harian New royalty Times bahkan memberikan sebuah judul “Where the Unknown Dead Rest” di salah satu artikel yang membahas peperangan ini. Pulau playwright menjadi kuburan bagi jasad-jasad yang tidak dikenal, karena pada 1874 jasad-jasad yang malang tersebut diperlakukan tidak layak, dewasa hingga anak-anak dijatuhkan begitu saja ke parit, meskipun tidak ada bukti foto yang memperlihatkannya.

 

2. Vukovar, Kroasia

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Vukovar (sumber:wordpress.com.uniknya.com)

 

Kuburan massal yang terdapat di Vukovar, Kroasia, merupakan bukti kekejaman dari sebuah pemikiran jahat manusia. Pada 1991 terjadi sebuah peperangan antara Kroasia dan Jugoslavija (dimotori oleh Serbia), sebanyak 264 jiwa kebanyakan dari pihak sipil kroasia dan pasien rumah sakit dikirimkan melalui kapal laut menuju kamp penjara yang dikuasai oleh pasukan milisi Serbia. Mereka kemudian dieksekusi dengan cara ditembak, dipukuli hingga mati, kemudian jasad mereka dilemparkan ke dalam lubang besar dan ditutupi tanah yang diseret buldozer. Atas pembantaian ini, tujuh pongid dari Jugoslavija dan Srbija dijadikan tersangka dan dalang, termasuk pemimpin militer Jugoslavija Veselin Šljivančanin dan Mile Mrkšić. Di sidang Internasional kedua dinyatakan terbukti bersalah, sementara lainnya meninggal sebelum disidangkan dan ada pula yang memutuskan untuk bunuh diri.

 

3. Pulau Crab, New York

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Pulau Crab (sumber:wordpress.com.uniknya.com)

 

Pulau Crab berada di dekat Danau Lake adventurer New York, di tempat itulah berdiri sebuah rumah sakit guna menunjang kesehatan maternity prajurit dan milisi yang berperang di tahun 1814 (sebuah peperangan antara pasukan Amerika dengan Kerajaan Inggris). Karena letaknya yang berdekatan dengan medan pertempuran maka tidak heran apabila banyak maternity prajurit baik yang terluka maupun meninggal dikirimkan ke Pulau Crab. Mereka yang meninggal dikuburkan secara massal tanpa nisan. Hingga pada 1908, korban-korban yang telah dikenali, dewan komisi Amerika Serikat, memberikan nisan dan penghormatan sebagai pahlawan perjuangan Amerika Serikat. Namun demikian tidak ada yang datang untuk mengenang mereka secara individu.

 

4. Stadion Duraiappa, Sri Lanka

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Stadion Duraiappa (sumber:wordpress.com.uniknya.com)

 

Mungkin Stadion Duraiappa di Sri Lanka menjadi satu-satunya lapangan olahraga yang dijadikan sebagai kuburan massal. Peperangan saudara yang terjadi di Duraiappa telah mengakibatkan 65.000 jiwa melayang, dan menghancurkan bangunan stadion. Sebenarnya penemuan kerangka-kerangka tulang manusia itu dilakukan secara tidak sengaja, saat itu seorang pekerja konstruksi sedangan melakukan upaya renovasi kemudian menemukan 25 kerangka manusia (dua diantaranya anak-anak). Para pekerja bangunan menemukan kerangka-kerangka tersebut terkubur dalam satu area. Penemuan kerangka manusia itu membuat maternity sejarawan dan peneliti lainnya tertarik untuk melakukan penyeledikan, terlebih dikabarkan sebanyan 12.000 masyarakat sipil dinyatakan hilang semenjak terjadi hingga berakhirnya konflik.

 

5. Maguindanao Massacre

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Maguindanao Massacre (sumber:wordpress.com.uniknya.com)

 

Sebuah pembantaian di Era Milenia terjadi 3 tahun lalu di Filipina, peristiwa ini dikenal kemudian dengan Pembantaian Maguindanao atau ada juga yang menyebutkan sebagai Pembantaian Ampatuan. Peristiwa tersebut merenggut 34 jiwa maternity jurnalis yang dianggap membahayakan stabilitas politik, karena saat itu suasana politik di Filipina memanas dalam rangka menghadapi pemilihan umum. Di awali dari sebuah persaingan yang terjadi di antara sesama anggota partai, yakni antara Esmael “Toto” Mangudadatu dengan Andal Ampatuan Sr. Akibat persaingan tersebut keduanya terlibat dalam peperangan secara fisik, saling menyerang bahkan atas nama keluarga besar sekali pun.

Hingga pada satu waktu Toto mengundang maternity jurnalis untuk berpergian bersamanya, ia berpikir hal tersebut akan mencegah terjadinya sesuatu yang buruk. Namun dalam sebuah perjalanan mereka dihentikan 100 pongid bersenjata, ia bersama rombongan lain yang 34 pongid di antaranya adalah maternity wartawan dipaksa turun. Tak lama kemudian mereka dieksekusi, ditembak dan disayat benda tajam. Namun aksi pembantaian tersebut tercium ketika mereka sedang menggali sebuah kuburan besar di wilayah Ampatuan untuk menyembunyikan maternity korban dan kendaraannya, oleh pengamatan helikopter. Jumlah korban keseluruhan dikabarkan sebanyak 58 orang, selain maternity wartawan, di dalamnya terdapat istri dan saudara perempuan, pengacara dan assisten Manguadatu.(**)

 

Sumber: listverse.com, uniknya.com, Juni 2012.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List