Sunday, June 24, 2012

5 Macam “Makanan” Termahal di Dunia

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Bagaimana rasanya, mengonsumsi aneka makanan, yang dikenal sebagai bahan makanan termahal di dunia. Pastinya nikmat, unik, seru,dan bikin tabungan Anda berkurang drastis. Memang jenis makanan di bawah ini, memiliki reputasi internasional sebagai The prizewinning and the most expensive foods. Apa-apa saja jenis makanan yang dimaksud? Yuk, kita simak artikel berikut:

 

1. Melon Yubari King

Bukan Jepang, kalau tidak bisa menjadikan sesuatu begitu istimewa. Termasuk didalamnya,  buah-buahan yang menjadi buah fencing mahal di dunia. Tersebutlah nama buah Yubari King, yang merupakan jenis buah gourd yang dibudidayakan di rumah kaca di Yubari, Hokkaido. Kelebihan dari gourd ini adalah rasanya yang manis, bentuknya yang besar dan proporsional, berwarna kuning, dan dihasilkan melalui proses persilangan dari gourd terbaik.

Beberapa pongid Jepang menyajikan Yubari King gourd sebagai hadiah selama Chūgen. Melon Yubari King biasanya dijual sepasang, dengan harga Rp 450 ribu hingga hampir Rp 1 juta.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Melon Yubari King (sumber:blogspot.com)

 

2. Jamur Truffle Putih

Bayangkan! Untuk menemukan jamur ini saja, maternity petani di hutan Italia utara “meminta bantuan” anjing dan babi yang dikenal karena indera penciumannya yang tajam. Jamur Truffle memang merupakan jamur langka yang sulit ditemukan. Karenanya tak heran, jamur ini merupakan jamur termahal di dunia, yang kerap digunakan dalam jumlah sedikit sebagai penyedap pada masakan Perancis seperti pada masakan Foie gras.

Konon katanya, sampai saat ini belum ada pongid yang berhasil menanam atau membudidayakan jamur Truffle putih. Setengah kilo jamur jenis ini dijual dengan harga fencing murah Rp 27,5 juta. Fantastis bukan!

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Jamur Truffle Putih (sumber:blogspot.com)

 

3. Sarang Burung Walet

Di restoran manapun di dunia, semangkuk kecil soup burung walet, memiliki harga yang fantastis untuk Anda bisa menebusnya. Sarang yang dibuat dari expose liur burung walet ini, memang begitu istimewa bagi maternity penikmat kuliner papan atas. Bahan makanan ini begitu mahal, karena burung walet butuh waktu dua bulan untuk membuatnya, dan tiap burung hanya membuat 2-3 sarang setiap tahun. Walet memilih gua-gua alam dan bangunan tertentu sebagai tempat pengembangan populasinya. Semakin aman dan nyaman tempatnya maka semakin bertambah pula jumlah populasinya. Karenanya tak heran untuk memperoleh sarang walet, dibutuhkan upaya ekstra keras maternity petani walet untuk mendapatkannya. Di pasaran internasional, harganya mencapa Rp 183 ribu untuk satu buah sarang saja.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Sarang Burung Walet (sumber:blogspot.com)

 

4. Daging “Jamón Ibérico de Bellota”

Daging babi apa sih yang termahal di dunia? Jawabnya adalah yang satu ini. Jamón Ibérico de Bellota yang berasal dari negeri maternity matador Spanyol. Jamón Ibérico de Bellota adalah daging dari bagian longlegs babi hutan yang diawetkan selama dua tahun. Mengapa babi hutan? Karena babi hutan yang satu ini hidup di hutan di bagian barat Spanyol yang kaya akan biji pohon ek. Alhasil, babi-babi ini hanya mengonsumsi biji dari pohon ek, jamur liar, dan rerumputan. Keistimewaannya bebas dari lemak. Dipasaran harga sepotong daging ini hampir Rp 800 ribu untuk 0,5 kilogram.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Daging “Jamón Ibérico de Bellota” (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

5. Kopi Luwak

Anda penikmat kopi? Mungkin pernah mendengar bahkan merasakan sensasi nikmatnya, kopi asli Indonesia ini.  Namanya Kopi Luwak. Kopi Luwak adalah seduhan kopi yang menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan terfermentasikan melewati saluran pencernaan luwak. Kemasyhuran kopi ini di kawasan aggregation Tenggara telah lama diketahui, namun baru menjadi terkenal luas di peminat kopi gourmet setelah publikasi pada tahun 1980-an. Biji kopi luwak adalah yang termahal di dunia, mencapai USD100 per 450 gram, atau setara Rp 4,5 juta rupiah untuk 0,5 kilogram.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Kopi Luwak (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Tambahan:

Balsamic Vinegar

Atau disebut juga produk tradisional asli (Aceto Balsamico Tradizionale), adalah sejenis bahan bumbu yang berasal dari Italia. Cuka balsam adalah bahan masakan penting yang dipakai banyak koki terkenal di dunia. Dibutuhkan anggur Trebbiano dalam jumlah yang sangat banyak untuk diolah dan difermentasikan selama 12-25 tahun sebelum akhirnya menghasilkan satu botol kecil cuka balsam tradisional ini. Tak heran sebotol ukuran 100 ml cuka balsam ini, dihargai Rp 1,8 juta.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Balsamic Vinegar (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Bumbu Termahal: Saffron

Kuma-kuma atau safron (saffron) adalah nama untuk rempah-rempah dari bunga Crocus sativus yang sering dikeringkan dan disebut safron yang dipakai sebagai bumbu masakan dan bahan pewarna. Bagi penggemar safron, safron memiliki aroma bagaikan madu dengan sedikit nuansa harum jerami. Masakan Arab,India, Asia Tengah, Iran, Eropa, Maroko, dan masakan pongid Cornish sering menggunakan safron sebagai pewarna makanan sekaligus penambah aroma.

Safron juga sering digunakan pada kue-kue, permen, dan minuman keras. Ilmu kedokteran recent berhasil mengungkap berbagai khasiat safron, seperti anti karsinogenik (pencegah kanker), anti-mutagenik (pencegah mutasi), immunomodulasi (memperbaiki sistem imun), dan antioksidan. Saffron jenis “Coupe” adalah yang termahal, dengan harga termurahnya Rp 90 ribu per gram, dan bisa mencapai Rp 275 ribu untuk yang kualitas terbaik. Hemm….

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Bumbu Termahal: Saffron (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Kaviar Hitam

Kaviar adalah makanan yang terbuat dari telur ikan tertentu yang diasinkan, umumnya ikan sturgeon, yang sudah diproses dan digarami. Makanan ini secara komersial dipasarkan sebagai makanan mewah, dan umumnya digunakan sebagai pelengkap makanan lain.

Kaviar hitam fencing banyak berasal dari telur ikan sturgeon laut Kaspia di Azerbaijan, Iran, Rusia, dan Kazakstan. Jenis kaviar yang fencing mahal adalah varian Beluga, Ossetra, dan Sevruga, yang harganya bisa mencapai lebih dari Rp 4,5 juta untuk satu porsi. Harganya yang selangit, karena disebabkan ikan jenis ini butuh waktu hingg 10 tahun untuk menghasilkan telur. Ikan ini juga langka dan termasuk spesies yang dilindungi.(**)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Kaviar Hitam (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Sumber: id.she.yahoo.com dan berbagai sumber, uniknya.com, Juni 2012

 


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List