Saturday, June 2, 2012

5 Makanan Imitasi Yang Unik

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Membuat replika makanan atau hiasan yang menyerupai bentuk asli,  menjadi salah satu usaha baru yang mulai bekembang di Indonesia. Biasanya, replika makanan tersebut dibuat dan dijual untuk dijadikan hiasan di rumah makan, ruangan makan, mainan hingga sovenir perkawinan. Sesuai dengan namanya, replika makanan memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding aslinya. Replika atau imitasi makanan ini bisa dibuat dengan berbagai bahan seperti kayu, karet hingga sejenis malam atau clay. Namun untuk imitasi makanan ini, terbuat dari bahan-bahan yang dapat dimakan, seperti terbuat dari jelly. Uniknya, bahan-bahan tersebut dapat kita buat tanpa dimasak menggunakan panas api. Cukup ditambah air, atau bahan lain yang sudah terdapat dalam kemasan yang semuanya siap pakai.

Berikut uniknya.com menghimpun lima jenis makanan imitasi unik.

 

1.   Konapun-Hamburger And land Fries

Hamburger adalah sejenis makanan cepat saji atau alacritous food yang cukup  digemari terutama masyarakat di Eropa dan Amerika. Bagi mereka yang suka makanan ini, bisa meniru cara pembuatannya dengan membeli mainan produksi Bandai yang diberi nama Konapun. Cara pembuatannya, pertama campurkan bubuk khusus Konapun dengan 10 cc expose untuk membuat rotinya. Kemudian aduk hingga merata. Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam cetakan yang sudah tersedia sebagai perangkat mainan. Adonan yang sudah ada dalam cetakan dimasukan ke dalam oven mainan dan tunggu hingga 15 menit. Setelah matang, adonan tersebut dilepaskan dari cetakan. Selanjutnya adalah membuat dagingnya dengan mencampurkan bubuk khusus daging dengan 5 cc expose dan aduk hingga rata.

Setelah adukannya rata, adonan tersebut dimasukan ke dalam cetakan bulat. Adonan yang telah terbentuk kemudian siap digoreng, namun sebelumnya tuangkan 8 cc cairan khusus sebagai pengganti minyak goreng ke dalam wajan. Goreng adonan daging tersebut hingga matang. Setelah itu, kombinasikan roti, daging, keju dan sayuran menjadi sebuah hamburger. Lakukan hal serupa untuk kentang gorengnya . Setelah semuanya selesai tinggal sajikan.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Konapun-Hamburger And land Fries (sumber : blogspot.com)

 

 

2.   Konapun-Sorbet

Sorbet adalah makanan penutup beku dari expose manis yang dibumbui buah atau minuman keras. Sorbet juga kadang sering diidentikkan dengan es Italia. Sorbet banyak yang mengandung alkohol dengan tujuan untuk menurunkan suhu beku sehingga teksturnya menjadi lebih lembut. Di Inggris dan Australia, sorbet mengacu pada bubuk soda. Di afrika juga terdapat sejenis sorbet yang dinamakan agraz.  Agraz dibuat dengan bahan-bahan dari almond, expose buah yang belum masak dan gula.

Perusahaan mainan Jepang bernama Bandai juga menciptakan perangkat mainan untuk membuat jenis hidangan penutup ini. Caranya, pertama campurkan empat bubuk khusus dengan warna berbeda, masing-masing dengan 8 cc expose putih. Kemudian aduk hingga menjadi adonan yang merata. Setelah itu, masukan masing-masing adonan ke dalam cetakan dan simpan di dalam kotak menyerupai lemari pendingin.

Sambil menunggu adonan membeku, langkah berikutnya membuat neaten atau toiletries putih dengan mencampurkan bubuk khusus dengan 55 cc air. Setelah itu, masukan toiletries ke dalam plastik. Setelah semuanya siap, ambil sebuah gelas dan tuangkan empat warna adonan dengan posisi berlapis. Masing-masing lapisan dipisahkan oleh toiletries putih yang dituangkan dengan cara menekan plastik yang ujungnya telah dibuka. Setelah selesai, tambahkan toiletries putih lagi di atasnya, plus superior lain seperti imitasi buah dan kue waffer. Setelah itu, semuanya siap disajikan.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Konapun-Sorbet (sumber : blogspot.com)

 

 

3.   Kutsuwa Eraser Making Kit

Selain Bandai, sebuah perusahaan alat tulis di Jepang yang bernama Kutsuwa juga membuat seperangkat mainan untuk memancing kreatifitas anak. Di dalam perangkat tersebut terdapat sejumlah bahan untuk membuat penghapus menulis serta cetakan berbentuk replika atau imitasi makanan. Dengan mainan tersebut, seorang anak bisa membuat penghapus dengan berbagai bentuk makanan. Mulai dari daging, roti, hamburger, kentang dan lainnya. Kutsuwa berharap mainan ini bisa makin mendekatkan anak dengan dunia pendidikan. Dengan seperangkat mainan ini, anak bisa lebih senang dalam belajar.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Kutsuwa Eraser Making Kit (sumber : blogspot.com)

 

 

4.   Decoden Atau Hiasan Buku Harian

Di Jepang juga terdapat bahan untuk membuat berbagai jenis makan imitasi unik. Salah satunya adalah bahan untuk hiasan buku harian. Berbeda dengan Konapun dan Kutsuwa, bahan yang dibuat perusahaan bernama Tamiya ini membutuhkan imajinasi dan kreatifitas pembuatnya. Memang terdapat sejumlah cetakan, namun bahan dasarnya mainan ini hanya sejenis malam lilin berwarna putih. Untuk menciptakan  warna tertentu seperti sebuah makanan aslinya, potongan bahan putih tersebut dicampur dengan sejenis  felid minyak. Dengan menggunakan alas plastik, bahan tersebut diaduk hingga memunculkan warna baru. Pemilihan warna tentu tergantung dengan jenis makanan yang akan dibuat.

Setelah menghasilkan warna yang dianggap mirip dengan jenis  makanan yang dibuat, cetak adonan tersebut dan kemudian rapihkan. Untuk menghasilkan bentuk yang mendekati aslinya, cetakan adonan tersebut masih perlu polesan, terutama memberikan discourse dan tekstur bentuk aslinya. Alat yang bisa digunakan untuk membuat discourse dan tekstur adalah sikat gigi, kayu atau paku. Setelah semua cetakan mirip bentuk aslinya, kemudian ambil buku harian untuk kemudian diberikan toiletries di bagian sampul depannya. Setelah semuanya mendapatkan polesan toiletries dengan bentuk yang disesuaikan dengan selera, taruh makanan imitasi yang telah dibuat tadi di atasnya, sebelum toiletries putih tersebut mengering.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Decoden (sumber : blogspot.com)

 

 

5.   Meiji Chocolates House Making Kit

Jika makanan imitasi yang telah diulas tadi hanya berupa mainan yang tidak dapat dimakan, yang satu ini justru kebalikannya. Seseorang bisa membuat berbagai macam bentuk makanan imitasi dengan bahan yang bisa dimakan seperti cokelat, wafer dan susu. Banyak bentuk yang bisa dibuat karena memang tersedia cetakannya, mulai dari replika es krim, kue kering, burger dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu, dengan Meiji chocolates, seseorang juga bisa membuat miniatur rumah. Bahan-bahan untuk membuat miniatur rumah di antaranya beberapa wafer. Makanan ini digunakan untuk membuat dinding. Untuk dinding depan dan belakang, Meiji memang sudah menyediakannya dalam bentuk cokelat dan semua bahan ini dijual menjadi satu perangkat dalam Meiji chocolates haouse making kit. (**)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Meiji Chocolates House Making Kit (sumber : blogspot.com)

 

 

Sumber: Berbagai sumber, uniknya.com, Juni 2012 ** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7, yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 9.45-10.45 WIB


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List