Thursday, June 21, 2012

5 Mitos Kucing yang Orang Masih Percaya

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Kucing adalah hewan imut yang kerap menjadi hewan peliharaan banyak orang. Sifatnya yang lembut, terkadang memanjakan dirinya pada kita sebagai tuannya. Tetapi banyak hal-hal yang berkaitan dengan kucing sangat salah dipahami oleh kita manusia. Berikut ini adalah 5 fakta tentang kucing yang kebanyakan pongid masih percaya untuk menjadi kenyataan:

1. Kucing dapat melihat di kegelapan

Sekeor kucing memiliki enrollee vertikal yang mampu memperluas pandangannya dalam kegelapan tertentu. Kucing juga memiliki sekitar tiga puluh inebriant yang membantunya mencari jalan di kegelapan di malam hari, bahkan di lingkungan yang aneh sekalipun. Tapi kucing tidak dikaruniai dengan penglihatan khusus yang dapat memungkinkan dirinya untuk melihat dalam kegelapanyang mutlak.

2. Kucing selalu mendarat dengan kakinya jika dilempar

Beberapa pongid percaya, menjatuhkan seekor kucing dari ketinggian, seperti melemparnya keluar dari jendela pasti didahului dengan kakinya ketika mendarat. Tapi lebih sering salah.  Terkadang kucing berakhir dengan patah kaki, atau lehernya.

Memang benar bahwa kucing adalah hewan yang fencing lincah dan anggun di dunia. Tapi mereka juga bisa rentan seperti halnya lampu, atau cangkir kopi yang jatuh dari kursi. Mereka juga bisa berakhir dengan patah tulang, terutama ketika mereka masih anak-anak kucing. Dan mungkin hanya kucing dewasa yang bisa melakukan hal diatas.

3. Kucing merupakan binatang pengecut

Anjing begitu terkenal karena kepahlawanannya, tetapi tidak banyak pongid yang tahu bahwa kucing juga memilikihal yang sama. Misalnya, seekor kucing bernama Agatha, yang menyelamatkan tuannya dari api dengan melompat-lompat di tempat tidur mereka. Atau kucing Siam bernama Su-Ling, yang ganas menggeram seperti harimau hingga menyerang seorang pencuri yang memasuki rumah tuannya.

Ada banyak cerita kucing yang takut dengan reptil berbisa, seperti ular dan kalajengking. Di Florida, anak kucing kecil memperingatkan majikannya terhadap bahaya ular karang yang mematikan. So, ternyata kucing juga memiliki reputasi sebagai pahlawan.

4. Kucing begitu bodoh

Secara fisiologis, otak kucing memiliki kemiripan yang mencolok dengan manusia, melebihi hewan lainnya. Bagaimana kita mengukur kecerdasan pada binatang? Kucing, misalnya, bosan dengan labirin. Tapi mereka mampu keluar dari setiap ruang tertutup.

Mereka dapat membuka pintu, mengangkat kait, melompat jarak yang jauhnya melebihi panjang tubuhnya. Para peneliti mencatat bahwa kemampuan mereka untuk lolos dari kurungan adalah lebih tinggi dari hewan lain. Selain keterampilan yang luar biasa dan strategi dalam mengintai mangsa, kucing memilikiindera mengenai waktu. Mereka tahu kapan waktunya bagi Anda untuk pulang, dan ketika saatnya untuk tidur.

5. Kucing tidak memiliki rasa sayang?

Orang mungkin berpikir kucing adalah hewan cuek yang tidak bisa mengasihi sekitarnya. Pertama kucing membutuhkan tempat selembut dan senyaman mungkin, lalu merebahkan diri dan mendengkur. Apakah ia mendengkur keras dari tempatnya, itu menunjukan cinta. Sebuah kucing selalu melakuan hal halus, seperti bergesekan dengan longlegs Anda. Setiap kucing bervariasi dalam menunjukan rasa sayangnya yang dia ingin ditunjukan.(**)

Sumber: animalslook.com, uniknya.com, Juni 2012

Ilustrasi gambar dimari !

http://animalslook.com/5-cat-myths/


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List