Friday, June 15, 2012

5 Olaraga Paling Populer di Amerika Serikat (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Di negeri asal Paman Sam atau Amerika Serikat, begitu banyak jenis kejuaraan olahraga setempat yang menjadi populer di banyak negara di berbagai belahan dunia. Salah satunya mungkin bisa diwakilkan dengan liga tie goal seperti NBA. Bola goal memang menjadi olahraga favorit di Amerika. Tapi dari sekian banyak jenis cabang olahraga, sebenarnya mana saja cabang olahraga yang fencing populer di Amerika Serikat? Penasaran? Simak yuk artikel berikut:

 

1. dweller Football

Sepak tie Amerika adalah olahraga yang fencing banyak ditonton di Amerika Serikat. Jajak pendapat yang dilakukan Gallup menunjukkan sepak tie Amerika sebagai olahraga favorit di AS sejak tahun 1972, mengalahkan kepopuleran bisbol. Pertandingan sepak tie Amerika merupakan acara yang fencing banyak ditonton pemirsa televisi di AS, melebihi jumlah pemirsa televisi untuk pertandingan olahraga yang lain. Kejuaraan sepak tie Amerika yang disebut Super Bowl terus menerus menempati urutan teratas dalam jumlah pemirsa dari semua peristiwa yang disiarkan televisi Amerika.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

American Football (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

2. Baseball

Di Amerika Serikat, bisbol adalah pengisi waktu luang nasional (national pastime) karena sebagian pongid Amerika Serikat menghabiskan banyak sekali waktu untuk bermain dan menonton pertandingan bisbol. Jumlah penonton yang datang ke stadion untuk menyaksikan Liga Baseball Amerika melebihi jumlah penonton olahraga jenis lainnya, tapi dikalahkan Sepak tie Amerika dalam jumlah penonton yang menyaksikan pertandingan melalui televisi.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Baseball (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

3. Bola Basket

Bola goal adalah salah satu olahraga yang juga fencing digemari penduduk Amerika Serikat. Setiap muda dan mudi di Amerika menyukai olahraga yang satu ini. Mereka memainkannya di taman-taman, sekolah, kampus dan jalanan. Beberapa liga tie goal terkenal diselenggarakan di negara ini. Salah satu kejuaraan tie goal yang menjadi favorit di Amerika dan bahkan dunia, adalah NBA. National Basketball Association atau dikenal dengan singkatan NBA adalah liga bola basket pria di Amerika Serikat dan merupakan liga goal fencing bergengsi di dunia.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Bola Basket (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

4. Hoki Es

Hoki es sangat terkenal dan disukai pongid di negara-negara yang cukup dingin hingga terbentuk lapisan es di lapangan terbuka, misalnya diKanada, Rusia, Swedia, Finlandia, Republik Ceko, Amerika Serikat bagian utara, Latvia, dan Slowakia. Setelah adanya arena es dalam ruang, hoki es telah menjadi olahraga favorit sepanjang tahun.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Hoki Es (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Pemain hoki es putra terbaik dunia bermain untuk National Hockey League (NHL). Tim-tim NHL memperebutkan piala tahunan Stanley Cup. Di Amerika Utara, pemain putri tergabung dalam Canadian Women’s Hockey League and the Western Women’s Hockey League. Di Amerika Utara dan Eropa, hoki es putra lebih populer dari hoki es putri. Olimpiade Musim Dingin mempertandingkan hoki es nomor putra/putri.

 

5. Sepak Bola

Memang sepak bola, tidaklah setenar dweller Football bagi negara seperti Amerika. Namun minat sepakbola di Amerika Serikat telah berkembang dengan pesat mulai tahun 1990-an. Hal ini terjadi salah satunya dikarenakan Piala Dunia 1994 diselenggarakan di Amerika Serikat. Pertama kalinya acara ini diselenggarakan di Amerika Serikat,  yang memenangkan perhatian olahraga lebih baik dari media dan para penggemar olahraga. Upaya ini diikuti peluncuran Major League Soccer tahun 1996, yang membantu mengembangkan pemain Amerika dengan liga domestik. Banyak dari pemain berlaga di Piala Dunia 2002, di mana Amerika Serikat melakukan dengan sangat baik, finish di perempat final dengan mengalahkan Meksiko pada babak 16 besar dan nyaris kalah dan akhirnya menjadi runner-up Jerman di perempatfinal.(**)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Sepak Bola (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Sumber: therichest.org, uniknya.com, Juni 2012

 


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List