Friday, June 8, 2012

5 Pesawat Militer Termahal (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Bayangkan harga-harga pesawat tempur berikut ini, dan semuanya bisa dipastikan memperkuat armada udara dari negara super noesis seperti Amerika Serikat. AS memang dikenal dunia sebagai kutub kekuatan utama dalam persenjataan dan teknologi pesawat terbangnya. Tak heran jika AS, memiliki dan mampu memproduksi pesawat militer seperti di bawah ini. Yuk, kita telaah langsung pesawat termahal versi militer berikut:

 

1. E-2 Hawkeye, $ 232 Juta

Grumman E-2 Hawkeye adalah pesawat Amerika segala cuaca, kapal angkut berkemampuan taktis udaradan peringatan dini pesawat (AEW). Pesawat twin aeroplane dirancang dan dikembangkan selama tahun 1950-an dan awal 1960-an oleh Perusahaan Pesawat Grumman untuk Angkatan Laut Amerika Serikat sebagai pengganti Tracer-1 E. E-2 telah ditingkatkan dengan versi E-2B, dan E-2C, di mana sebagian besar perubahan yang dilakukan pada komunikasi radar dan broadcasting terutama sistem sirkuit elektronik terpadu dan sistem elektronik lainnya.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

E-2 Hawkeye (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

2. F-35 Lightning II, $ 122 Juta

F-35 Lightning II adalah hasil pengembangan dari pesawat X-35 dalam program Joint Strike Fighter. Pesawat ini adalah pesawat tempur berkursi tunggal, bermesin tunggal, yang dapat melakukan banyak fungsi, antara lain pertempuran udara-ke-udara, dukungan udara jarak dekat, dan pengeboman taktis. Pengembangan pesawat ini dibiayai oleh Amerika Serikat, Britania Raya dan beberapa negara lainnya. Pesawat ini dikembangkan dan diproduksi oleh industri kedirgantaraan yang dipimpin oleh Lockheed Martin serta dua rekan utamanya, BAE Systems dan Northrop Grumman. Pesawat demonstrasi pertama kali terbang pada tahun 2000, dan pesawat versi produksi pertama kali terbang pada 15 Desember 2006.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

F-35 Lightning II (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

3. V-22 Osprey, $ 118 Juta

Bell Boeing V-22 Osprey merupakan sebuah pesawat terbang militer tiltrotor dengan kemampuan vertical takeoff and landing (VTOL) danshort takeoff and landing (STOL). Pesawat ini didesain dengan menggabungkan kelebihan fungsionalitas dari helikopter konvensional dengan performa jarak jauh dari pesawat terbang turboprop.

Saat lepas landas dan mendarat, pesawat ini biasanya dioperasikan dalam fashion helikopter dengan nasel vertikal dan armature horizontal. Setelah terbang, nasel dirotasikan 90° kedepan untuk melakukan penerbangan horizontal, menjadikan pesawat dalam fashion aeroplane konvensional yang lebih efisien dan cepat. Kemampuan STOL dapat dicapai jika nasel dimiringkan 45° saat lepas landas dan mendarat. Untuk fashion penyimpanan dan transportasi kompak, sayap V-22 dapat diputar sehingga sejajar dengan badan pesawat. Bilah proprotornya dapat juga dilipat sehingga pesawat ini dapat disimpan secara efisien di kapal induk.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

V-22 Osprey (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

4. F/A-18 Hornet, $ 102 Juta

F/A-18 Hornet buatan McDonnell Douglas adalah pesawat tempur supersonik serbaguna yang dapat dioperasikan dari dan ke kapal induk di segala cuaca, dirancang untuk dapat bertempur di udara dan menyerang sasaran di darat. F/A-18 adalah turunan dari YF-17 pada dasawarsa 1970-an untuk digunakan oleh Angkatan Laut dan Korps Marinir Amerika Serikat. Hornet berperan sebagai pesawat tempur pengawal, pertahanan udara, perusak pertahanan udara musuh, larangan udara, pesawat serang antigerilya, dan pesawat intai. Keserbagunaan dan keandalannya telah membuktikannya menjadi aset bernilai pada sebuah kapal induk, meskipun ia dikritik karena kelemahannya dalam hal jelajah dan daya muat dibandingkan dengan yang dimiliki pesawat-pesawat mutakhir pendahulunya, seperti F-14 Tomcat dalam hal peran tempur dan serang-tempur, dan A-6 Intruder dan A-7 Corsair II dalam hal peran serang.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

F/A-18 Hornet (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

5. EA-18G Growler, $ 94 Juta

Boeing EA-18G Growler adalah pesawat tempur Amerika berbasis traveler elektronik warefare, sebuah versi khusus dari pesawat dua kursi F/A-18F SuperHornet. EA-18G akan menggantikan Northrop Grumman EA-6B Prowlers dalam armada udara Angkatan Laut Amerika Serikat. Kemampuan perang elektronik Growler ini terutama disediakan oleh Northrop Grumman. EA-18G mulai produksi pada tahun 2007 dan memasuki layanan operasional pada akhir 2009.(**)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

EA-18G Growler (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Sumber: therichest.org, uniknya.com, Juni 2012

 


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List