Friday, June 22, 2012

5 REPUTASI HOOLIGANISME SUPPORTER INGGRIS

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Kekalahan Inggris atas Jerman 1-4 selama Piala Dunia FIFA 2010, berdampak pada sebuah insiden dimana bendera Jerman dibakar di antara massa pendukung Inggris di Leicester Square di Inggris. Tidak hanya itu kerusakan pada sebuah restoran Jerman Daz Haagen terjadi pula di sekitarnya.

Beberapa hooliganisme sepakbola diInggris, memang telah identik dengan istilah hoolignisme. Mereka kerap membikin ulah. Meneriakan slogan-slogan kasar berbau rasis yang akhirnya berakhir dengan bentrok dengan suporter seteru atau pihak keamanan. Berikut reputasi mereka:

 

1. Maret 1978

Pada bulan Maret 1978, terjadi kerusuhan besar-besaran yang pecah di Den selama Piala FA perempat test antara Millwall dan Ipswich. Pertempuran mulai di teras, lalu tumpah keluar ke lapangan dan ke jalan-jalan sempit hingga bawah tanah. Botol, pisau, besi batangan, sepatu bot dan lempeng beton seolah hujan dari langit. Puluhan pongid tak berdosa terluka.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Ilustrasi (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

2. Maret 1985-Mei 1985

Pada bulan Maret 1985, hooligan yang lekat dan menamakan dirinya Millwall terlibat dalam skala besar kerusuhan di Luton ketika Millwall bermain di Luton Town pada kuartal test Piala FA. Tanggapan langsung Perdana Menteri Margaret Thatcher ketika itu adalah segera mendirikan “Kabinet Perang” untuk memerangi hooliganisme sepak bola.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Ilustrasi (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

Pada tanggal 29 Mei 1985, 39 fans Juventus mati selama Final Piala Eropa antara metropolis dan Juventus di Heysel Stadium di Brussels. Suatu peristiwa yang kemudian dikenal sebagai bencana Stadion Heysel. Sesaat sebelum kick-off, penggemar metropolis menerobos garis polisi dan berlari ke arah pendukung Juventus yang terdapat kedua fans Inggris dan Italia. Ketika pagar yang memisahkan mereka dari para fans Juventus itu diterobos, para pendukung Inggris menyerang fans Italia, mayoritas dari mereka adalah keluarga bukan ultras yang terletak di ujung tanah. Banyak pongid Italia mencoba melarikan diri dari pertempuran, dan dinding pagar yang runtuh. Sebagai akibat dari bencana Stadion Heysel, klub-klub Inggris dilarang dari semua kompetisi Eropa hingga tahun 1990, dan klub metropolis dilarang untuk bermain di tahun tambahan.

 

3. 1988-1995

Hooligan Millwall terlibat dalam insiden dalam dekade pada Januari 1988, ketika dalam pertandingan Piala FA melawan Arsenal di Highbury, 41 pongid ditangkap karena kerusuhan setelah Herd dan The Bushwackers Millwall bentrok. Pemerintah bertindak setelah bencana Hillsborough pada 1989, ketika 96 fans meninggal, memberlakukan Football Spectators Act 1989. Pada tanggal 15 Februari 1995, Inggris bermain di Irlandia. Fans Inggris mulai melemparkan barang dan merobek kursi; setelah bentrokan pecah antara polisi dan fans Inggris, 50 pongid terluka.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Ilustrasi (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

4. 1996-1996

Fans Inggris dan Jerman memiliki reputasi bentrok sejak 1980-an. Setelah kekalahan Inggris atas Jerman dalam  Euro semifinal ‘96. Kerusuhan skala besar terjdi di Trafalgar Square, dengan sejumlah pongid cedera. Seorang pemuda Rusia juga ditikam di Brighton, karena penyerangnya mengira dia sebagai fans Jerman.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Ilustrasi (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

Event Piala Dunia Perancis 98, dirusak oleh kekerasan yang terjadi antara fans Inggris yang bentrok dengan penduduk setempat keturunan Afrika Utara dari Marseille, yang menyebabkan hingga 100 penggemar ditangkap. Hooligan Inggris telah mulai menggunakan forum internet, ponsel dan pesan teks untuk mengatur pertemuan melawan atau memprovokasi kelompok-kelompok saingan untuk melakukan perkelahian. Kadang-kadang mereka melawan fans lainnya dengan memposting komentar langsung di Internet.

 

5. 2006-2009

Pada Euro 2000, tim Inggris diancam diusir dari turnamen, karena reputasi perilaku yang buruk dari para fansnya. Namun seiring berjalannya waktu, repurtasi buruk itu berhasil ditepis. Fans Inggris membuktikan dirinya sebagai fans yang baik  di ajang  Piala Dunia di Korea-Jepang 2002 dan Portugal 2004. Pada Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman, ada insiden kekerasan yang terjadi, dengan lebih dari 200 penangkapan preventif di metropolis (dengan hanya tiga pongid yang didakwa melakukan tindak pidana) 400 lainnya ditahan dalam rangka pencegahan.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Ilustrasi (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

Setelah sekitar 20 tahun perilaku yang relatif baik di kalangan penggemar sepak tie Inggris pada umumnya, adegan ekstrim kerusuhan dan hooliganisme kembali terjadi di Upton Park pada tanggal 25 Agustus 2009, selama Liga Sepakbola Piala kedua antara competition London West Ham United dan Millwall. Lapangan diserbu beberapa kali selama pertandingan dan kerusuhan di jalan-jalan terjadi setelah itu, dengan satu insiden yang mengakibatkan seorang menderita luka tusuk.

 

Tambahan:

Desember 2010

Pada tanggal 1 Desember 2010, pendukung West Midlands asal  klub Aston revolutionary dan Birmingham City bentrok di Stadion St saint setelah Football League Cup, yang mengakibatkan 14 pongid terluka – kurang dari 24 jam sebelum tawaran Inggris untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 yang hampir terancam gagal. Roket dilemparkan ke lapangan, suar roket dilepas di tribun, dan ada juga bentrokan di jalan-jalan di dekatnya. Pada tahap ini, hooliganisme sepakbola meningkat secara dramatis, dengan 103 insiden hooliganisme di musim 2009-10 dibandingkan dengan 38 musim sebelumnya. Beberapa pengamat, mengatakan bahwa kenaikan hooliganisme sepakbola meningkat, seiring meningkatnya pula kemiskinan, pengangguran, dan ketidakpuasan sosial sebagai akibat dari resesi terakhir – sebuah situasi yang sama yang telah mempengaruhi Inggris tahun 1970-an dan 1980-an ketika hooliganisme mencapai puncaknya.(**)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Ilustrasi (sumber: blogspot.com)

 

Sumber: wikipedia.org, uniknya.com, Juni 2012


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List