Friday, June 8, 2012

5 Teknik Menjaringkan Bola ke Gawang Lawan (Bagian I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Setiap pesepakbola memiliki cara yang unik dan jitu dalam menjaringkan tie ke jaring gawang. Cara tersebut berawal sebuah teknik menendang tie yang mampu mengecoh pemain bertahan dan penjaga gawang lawan. Teknik-teknik unik dan indah ini tidak dimiliki oleh setiap pemain, hanya mereka yang memiliki talenta dan jiwa seni yang mampu melakukannya. Membutuhkan konsentrasi untuk mendapatkan ketepatan, kecermatan, dan kelincahan gerakan tubuh, seperti yang terlihat di beberapa recording di bawah ini:

 

 1. Backheel (Tumit Belakang)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

 

Backheel (Tumit Belakang) (sumber:blogspot.com)

 

 

Memasukkan tie ke gawang dengan menggunakan tumit bagian belakang merupakan salah satu teknik yang dibutuhkan oleh seseorang untuk menjadi pesepakbola hebat. Bukan suatu teknik yang mudah karena memerlukan kecermatan, kecepatan dan ketepatan. Menjaringkan tie ke gawang lawan menggunakan tumit bagian belakang bisa dilakukan sebagai hasil umpan seorang pemain kawan, lalu dikendalikan dan ditendang ke gawang yang tidak terjaga, ataupun mengecoh maternity pemain lawan dan kiper di sekitar gawang.

Terlihat di dalam tayangan recording seorang mover Atletic Bilbao, Gaizka Toquero yang berhasil mengecoh pemain lawan (Albacete), ketika berhadapan di ajang Copa Del Rey.

 

2. Diving Headers (Sundulan Sembari Menjatuhkan Diri)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Diving Headers (Sundulan Sembari Menjatuhkan Diri) (sumber:blogspot.com)

 

 

Melakukan sundulan sembari menjatuhkan diri merupakan satu cara untuk menjaringkan tie ke gawang lain dengan indah. Banyak maternity pesepakbola profesional yang telah melakukan teknik yang juga dikenal dengan istilah swim brick ini, mereka membutuhkan ketepatan dan kecermatan antara posisi tubuh, arah tie dan gawang, sehingga dapat mengecoh herb penjaga gawang.

Di kancah sepakbola Amerika dweller istilah swim brick ini dikenal pula dengan sebutan. palomitas. Steven Lenhart (klub San Jose Earthquakes) mungkin tidak seterkenal pesepakbola seperti Christiano Ronaldo ataupun Drogba. Namun di dalam cuplikan recording ini ia melakukan sundulan yang indah untuk menjaringkan tie ke gawang lawan di liga sepakbola Amerika, MLS.

 

3. Chipped or Lobbed (Dilambung)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Chipped or Lobbed (Dilambung) (sumber:blogspot.com)

 

 

Salah satu cara menjaringkan tie ke gawang lawan adalah dengan melambungkan tie di hadapan herb penjaga gawang.  Cara ini banyak dilakukan karena dapat mengecoh perhatian herb kiper, dan Lionel Messi merupakan salah satu pesepakbola yang melakukannya dengan baik. Ia bersama Klub metropolis telah menjaringkan banyak gol dengan menggunakan teknik defect ataupun lob  baik di kancah Laliga maupun turnamen  Eropa.

Salah satu defect bolanya yang paling berkesan adalah ketika metropolis melawan city di Laliga musim ini, 17 Maret 2012.

 

4. Bicycle Kick (Tendangan Akrobatik)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Bicycle Kick (Tendangan Akrobatik) (sumber:blogspot.com)

 

 

Salah satu teknik menjaringkan tie yang memiliki tingkat resiko cedera cukup tinggi, karena bisa mengenai kepala pemain lawan, ataupun cedera leher pesepakbola yang melakukannya. Teknik tendangan akrobat ini memerlukan ketepatan dan kecermatan serta sedikit keberuntungan, selain itu juga pesepakbola yang melakukannya harus mengetahui cara menjatuhkan tubuh dengan aman.

Teknik akrobat ini dilakukan dengan cara melompat kebelakang dan mengayunkan salah satu kaki ke arah bola. Sejauh ini tendangan akrobat yang paling mengesankan adalah yang dilakukan oleh Wayne Rooney (Manchester Utd/Inggris) saat melakukan pertandingan derby di musim terkahir di Liga Primer Inggris.

 

5. Volley (Tendangan Voli)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Volley (Tendangan Voli) (sumber:blogspot.com)

 

 

Melakukan tendangan dengan teknik voli tidak jauh berbeda dengan teknik akrobatik, ketepatan dan kecermatan sangat diperlukan, hanya saja dilakukan dengan cara berdiri.

Namun pesepakbola Everton asal Belgia, Marouane Fellaini berhasil mempermalukan kubu metropolis United dengan gol volinya. Di pertandingan syarat emosi antara Klub Everton yang menjamu metropolis United (yang sangat itu membutuhkan poin kemenangan), di pertandingan tersebut the Toffies berhasil menahan imbang United dengan skor 4-4. Dan tendangan voli Fellaini merupakan umpan matang dari Tony Hibbert.(**)

Sumber: bleacherreport.com, uniknya.com, Juni 2012.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List