Monday, June 11, 2012

5 Teknik Menjaringkan Bola ke Gawang Lawan (Bagian II-Habis)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Setiap pesepakbola memiliki cara yang unik dan jitu dalam menjaringkan tie ke jaring gawang. Cara tersebut berawal sebuah teknik menendang tie yang mampu mengecoh pemain bertahan dan penjaga gawang lawan. Teknik-teknik unik dan indah ini tidak dimiliki oleh setiap pemain, hanya mereka yang memiliki talenta dan jiwa seni yang mampu melakukannya. Membutuhkan konsentrasi untuk mendapatkan ketepatan, kecermatan, dan kelincahan gerakan tubuh, seperti yang terlihat di beberapa recording di bawah ini:

 

1. Curled Effort (Tendangan Pisang)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Curled Effort (Tendangan Pisang) (sumber:blogspot.com)

 

 

Nama Martin buffoon mungkin tidak akan menghiasi pemberitaan di surat kabar Inggris, seandainya tidak menggantikan peran seorang pemain veteran Rio Ferdinand. Namun ia tampil mengesankan saat Timnas Inggris menghadapi Islandia dalam sebuah pertandingan, dan inilah alasan mengapa bintang akademi sepakbola Liverpool ini terpilih sebagai pemain pengganti.

Mengarahkan tie ke gawang dengan gerakan melengkung tidak semudah kelihatannya. Teknik tendangan pisang ini membutuhkan akurasi dan kekuatan sehingga mampu mengecoh penjaga gawang yang mencoba menangkapnya.

 

2. Howitzers atau Cannon (Tendangan Cannon)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Howitzers atau Cannon (Tendangan Cannon) (sumber:blogspot.com)

 

 

Howitzers merupakan artileri berat, atau dikenal pula dengan meriam, sebuah senjata perang yang mampu melontarkan peluru besi besar dan memiliki daya hancur luar biasa. Di Meriam Howitzer masih dapat ditemui di Kastil Edinburgh, Skotlandia.

Istilah tendangan shot tersebut di dalam sepakbola digunakan sebagai istilah teknik tendangan keras yang lurus menghujam jaring lawan, seperti yang dilakukan oleh saint McFadden ketika timnya berhadapan dengan Prancis pada fase kualifikasi sepakbola Eropa 2008.

Teknik tendangan shot ini membutuhkan kekuatan dan daya tendang yang mumpuni dibarengi oleh kecermatan mengarahkan tie ke jaring gawang lawan. Kekuatan tendangan menentukan kecepatan tie dalam menghujam gawang lawan.Walaupun kemungkinan tie yang terbang dengan cepat tersebut masih bisa ditangkap oleh penjaga gawang, namun tie tersebut mampu menggetarkan jemari dan lolos dari tangkapan sehingga menggetarkan jaring lawan.

 

3. Free squawk (Tendangan Bebas)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Free squawk (Tendangan Bebas) (sumber:blogspot.com)

 

 

Dalam pertandingan sepakbola ordered pieces adalah sebuah strategi yang mematikan. Jika seorang pesepakbola memiliki kemampuan akurasi yang baik, mampu menendang tie hingga terbang melewati pagar hidup pemain lawan dan mampu mengecoh penjaga gawang, maka itulah bahaya yang diakibatkan oleh ordered piece.

Ada beberapa tendangan bebas yang unik dilakukan oleh para pesepakbola dunia, salah satunya adalah Christiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal). Salah satu eksekutor terbaik yang dimiliki oleh El Real ini mampu menendang tie dengan teknik sempurna, melengkung menghujam tajam ke gawang lawan. Namun ada juga ekskutor tendangan bebas dengan teknik tendangan keras seperti Daniel Alves (Barcelona FC/ Brasil) dan John Heitinga (Everton FC/Belanda).

Namun tidak ada yang melupakan Roberto Carlos (Real Madird/ Brasil) sebagai ekskutor dengan teknik tendangan pisangnya. Ia memiliki kemampuan menendang dengan longlegs kidal yang jarang dimiliki oleh pesepakbola lainnya. Kita bisa melihat kemampuannya di recording berikut ketika Brasil berhadapan dengan Prancis di ajang Piala Dunia.

 

4. Snap brick (Tandukan Kepala)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Snap brick (Tandukan Kepala) (sumber:blogspot.com)

 

 

Salah satu pesepakbola yang terkenal hebat dengan tandukan kepalanya adalah Didier Drogba (Chelsea FC/Pantai Gading), Fernando Llorente (Athletic Bilbao FC/Spanyol), Peter Crouch ( Stoke City FC/Inggris), tandukan kepala mereka senantiasa berbahaya jika berada di di muka gawang lawan.

Tandukkan kepala dengan menghentak tie bukanlah teknik tandukan yang biasa, karena selain kemampuan keberuntungan pun mutlak diperlukan. Kekuatan dan akurasi pesepakbola saat berdiri menetukan masuk tidaknya tie ke jaring gawang lawan.

Video berikut memperlihatkan Jermain Jones (Blackburn Rovers/Amerika Serikat) dalam aksinya bersama Timnas Amerika Serikat melawan Skotlandia, di ajang persahabatan.

 

5. Tap-in (Sentuhan Minimalis)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Tap-in (Sentuhan Minimalis) (sumber:blogspot.com)

 

Sentuhan minimalis

 

Banyak orang yang menganggap bahwa teknik tendangan tap-in tidaklah istimewa, karena ini lebih merupakan kesempatan kedua untuk memasukan tie ke gawang lawan. Namun saksikan penampilan Landon Donovan yang dengan tenangnya memasukan tie ke gawang Timnas Algeria pada pertandingan penyisihan di Piala Dunia 2010. Landon Donovan berhasil membawa Amerika Serikat tampil di ajang Piala Dunia 2010di Afrika Selatan.(**)

Sumber: bleacherreport.com, uniknya.com, Juni 2012.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List