Sunday, June 17, 2012

5 Tips Terbaik untuk Memperbaiki Diri (Bagian I)

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM]: Pepatah tua mengatakan bahwa “Selalu ada ruang untuk melakukan perbaikan” dan pepatah tersebut tidak hanya mencakup orang-orang yang biasa melakukan banyak kesalahan atau mereka yang memiliki sikap dan perilaku buruk terhadap pongid lain. Langkah fencing baik adalah membuat penilaian diri di semua aspek kehidupan Anda. Hal itu disebut perbaikan diri, yang tidak hanya berlaku untuk memperbaiki sikap seseorang, namun juga aspek intelektual, emosional, ekonomi, dan psikologi seseorang. Ada bermacam-macam alat yang berfungsi untuk mengenali semua aspek tersebut dan membutuhkan kesadaran bahwa Anda harus merubah segala aspek tersebut. Tegasnya, tidak ada yang permanen di dunia ini, kecuali perubahan itu sendiri. Hal ini berarti perubahan yang positif pada diri dan bukan gara-gara pongid melihat anda dan kemudian anda ingin menyenangkan mereka. Ingat, semua ini adalah tentang anda dan bukan tentang apa yang orang-orang pikirkan tentang anda. Anda bisa saja tet ap kembali ke rutinitas semula dan tidak akan pernah berubah sedikit pun. Berikut adalah hal-hal yang bisa membantu anda ketika anda mulai memperbaiki diri dan bagaimana anda bisa konsisten dalam mencapainya.

 

1. Merenung (Meditasi)

Meditasi tidak harus dilakukan seperti yoga atau duduk bersila dan mengatur pernafasan. Ada banyak pongid dalam sejarah yang telah mencapai kesadaran dan pembangunan diri karena mereka telah memikirkan segala hal seperti Mahatma Gandhi. Merenung adalah aspek penting dalam kehidupan seseorang. Merenung bisa menjadi saat yang menentukan. Inilah waktu dimana anda mulai menyadari bahwa anda telah melakukan kesalahan dan membuat keputusan yang salah di masa lalu. Akan lebih bijak bila Anda melakukannya jauh dari structure kenyamanan. Pergilah ke sebuah tempat yang jauh untuk menghindari kebingungan yang lebih dalam dan gambaran-gambaran tak penting di benak anda.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Merenung (Meditasi) (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

2. Tuliskan sekarang juga

Melalui meditasi, pikiran Anda akan lebih jelas. Anda akan mengetahui semua dosa dan kesalahan yang telah dilakukan. Ambil buku catatan. Tulis segala hal, bukan hanya hal-hal negatif yang telah anda buat, apakah berkaitan dengan sikap, cara bagaimana anda menangani aspek-aspek keuangan, hubungan dengan keluarga, dan bahkan komitmen Anda dengan pekerjaan atau sekolah. Anda tidak harus menulis secara terperinci tapi tulislah hal-hal yang menciptakan masalah bagi Anda secara personal, yang berpengaruh terhadap pongid lain.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

(sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

3. Dari yang fencing mudah sampai yang fencing sulit

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membagi-bagi masalah dari yang fencing kecil sampai dilema yang fencing besar tentang diri Anda. Jika memungkinkan, anda dapat memberi mereka senior dari satu sampai sepuluh atau apabila ada 20, minimal fokus pada yang sepuluh pertama kemudian catat dari yang fencing mudah sampai yang sulit.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Dari yang fencing mudah sampai yang fencing sulit (sumber: blogspot.com)

 

4. Membuat daftar yang harus dilakukan

Ini adalah bagian yang terperinci. Ini adalah tentang “bagaimana”. Misalnya, jika hal yang fencing mudah dalam daftar Anda adalah kesabaran, maka jenis situasi apa yang membuat Anda terpancing untuk bereaksi dan melakukan hal-hal yang tidak patut? Selanjutnya yang bisa anda lakukan dengan menggunakan daftar “yang harus dilakukan” adalah menulis penawarnya. Misalnya, saya akan menyanyikan lagu senang jika saya merasa sedih, anda dapat menuliskan lagu-lagu senang yang bisa anda ingat dan nyanyikan ketika situasi-situasi mengganggu datang. Anda dapat lakukan hal yang sama untuk sisa masalah dalam daftar “yang harus dilakukan”.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Membuat daftar yang harus dilakukan (sumber: blogspot.com)

 

5. Tetapkan tanggalnya

Tujuan apa paronomasia dapat dicapai apabila Anda tahu kapan anda akan melakukannya. Anda tidak hanya memikirkannya dan berkata bahwa anda akan melakukannya namun waktunya harus lebih jelas apakah hari ini, esok, atau tahun depan. Poin ini berkaitan dengan poin 4.

Masih ada lima tips lagi yang akan dikupas pada artikel bagian dua. Nantikan. (**)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Tetapkan tanggalnya (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

Sumber: tiptoptens.com, uniknya.com, Juni 2012


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List