Wednesday, June 27, 2012

5 Tips Terbaik untuk Memperbaiki Diri (Bagian II – Habis)

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Sebelum Anda berangkat ke bagian dua, ada baiknya Anda baca kembali lima tips sebelumnya pada artikel bagian pertama. Apakah Anda sudah bisa menerapkan kelima tips sebelumnya? Membutuhkan ketekadan bulat untuk berubah. Dan jangan kaget apabila sudah menerapkan ke sepuluh tips ini, Anda akan tersadar jika Anda telah benar-benar berubah menjadi jauh lebih baik. Chadic sekarang Anda akan menjadi masa lalu yang sangat lama, meski Anda baru berubah beberapa saat. Baiklah, mari kita kaji lima tips terakhir ini.

 

1. Lakukan Sekarang

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Lakukan Sekarang (sumber:blogspot.com)

 

Hampir semua orang, sebelum Tahun Baru tiba, membuat daftar resolusi Tahun Baru dan ketika akhir tahun tiba, Anda akan mendengar cerita yang sama, masalah-masalah yang sama, dan keluhan-keluhan yang sama. Apakah daftar resolusinya tercapai semua? Apakah orang-orang tersebut mulai mengoreksi? Jawabannya adalah tidak. Hasil yang nyata akan didapat ketika ada tindakan.

 

2. Evaluasi

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Evaluasi (sumber:blogspot.com)

 

Ini adalah tindak lanjut penting yang bisa Anda lakukan untuk diri sendiri. Anda harus mengevaluasi diri secara jujur, apakah Anda telah meningkat atau tidak. Ambil buku catatan dan daftar “yang harus dilakukan” dan berikan nilai apakah saya telah menyelesaikan misi. Jika tidak, anda bisa bertanya pada diri sendiri “Apa yang salah? Apa kekurangan saya?” Setelah sadar bahwa Anda telah melewatkan sesuatu maka ulangi semua kegiatan yang belum tercapai, dan pastikan Anda sedang menuju tujuan yang telah Anda tetapkan.

 

3. Minta Feedback dari Orang Lain

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Minta Feedback dari Orang Lain (sumber:blogspot.com)

 

Tentu saja, ada beberapa hal yang tidak bisa Anda amati oleh diri sendiri. Anda dapat meminta teman-teman saat obrolan biasa tentang diri anda. Lebih bijak jika anda mulai dair keluarga karena mereka akan menjadi orang-orang yang dapat memberitahu Anda secara terus terang siapa anda sebenarnya. Masukkan apa yang Anda dapatkan ketika melakukan evaluasi ulang. Tanya juga sahabat-sahabat dan bahkan atasan apabila Anda bekerja, jika berkaitan dengan pekerjaan.

 

4. Konsisten

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Konsisten (sumber:blogspot.com)

 

Ini adalah langkah terpenting yang kebanyakan pongid abaikan. Biasanya mereka hanya bagus di awal namun seiring waktu, mereka menjadi terbiasa, dan konsistensi semakin berkurang. Setelah itu, kebiasaan lama kembali datang. Alhasil, tidak ada yang berubah. Konsisten membutuhkan kesabaran, waktu, dan usaha. Anda tidak dapat melakukannya dalam satu minggu atau satu bulan. Konsistensi selalu dibutuhkan seumur hidup. Konsistensi memastikan bahwa Anda sedang berubah. Tidak berarti bahwa Anda harus sempurna. Namun, anda ingin menjadi lebih baik, bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk pongid lain.

 

5. Jangan Menunda-nunda

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Jangan Menunda-nunda(sumber:blogspot.com)

 

Terakhir, Andalah yang akan memutuskan. Anda tidak harus menimbang-nimbang bahwa Anda tidak dapat melakukannya sekarang karena situasinya sangat rumit. Misalnya, Anda tidak lihai dalam menangani masalah keuangan dan Anda terlalu boros. Akankah anda punya kekuatan untuk berubah ketika anda tidak bisa bekerja lagi dan terlalu tua untuk bekerja? Menunda-nunda hambatan utama bagi setiap pongid dalam mencapai perbaikan diri. Bukan untuk dilakukan esok hari. Harus hari ini. Di sini.

Ada Pertanyaan? Ada yang belum jelas? Kadang hal-hal yang membuat kita malas adalah sesuatu yang tidak kita mengerti. Makanya, jangan malu bertanya, kecuali ingin tersesat. (**)

Sumber: tiptoptens.com, uniknya.com, Juni 2012


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List