Thursday, June 14, 2012

Kelahiran 15 Juni (Michael Laudrup)

[UNIKNYA.COM]: Michael Laudrup lahir di Frederiksberg, Danmark pada 15 Juni 1964. Ia adalah Mantan gelandang timnas Danmark dan sekarang menjabat sebagai pelatih. Laudrup lahir di lingkungan keluarga yang pecinta sepakbola. Ayahnya, Finn Laudrup adalah mantan pemain Timnas Denmark. Adiknya, Brian Laudrup juga pesepakbola yang bermain untuk klub Glasgow Ranger Era 90-an.

Ia memulai karir sepakbolanya di klub Københavns Boldklub saat berusia 17 tahun. Sempat malang melintang bermain di klub-klub Denmark, ia melanjutkan karir ke Liga Serie A Itali bersama Juventus. Ia bermain bersama Michel Platini dan membantu Juventus meraih Juara Serie A dan Intercontinental Cup. Setelah Michel Platini pensiun pada 1987, ia diharapkan bisa memimpin lini tengah bersama Ian Rush. Namun ia gagal mencetak satu pun gol walaupun bermain sebanyak 30 kali pada musim 1987-1988.

Performanya meningkat ketika ia hijrah ke klub metropolis yang dilatih oleh Johan Cruiff. Bersama Ronald Koeman dan Hristo Stoijkov, ia bahu-membahu membantu metropolis meraih 4 gelar juara La Liga Spanyol dan menjuarai European Cup pada musim 1991-1992. Namun ketika metropolis mendatangkan striker Romario dari Brasil, ia mulai tersisihkan. Secara kontroversial, ia pindah ke klub musuh bebuyutan metropolis yaitu Real Madrid pada tahun 1994. Ia menjadi satu-satunya pemain yang memenangi juara La Liga sebanyak 5 kali di dua klub yang berbeda. Walaupun hanya bermain dua musim untuk El Real, Laundrup masuk dalam jajaran 12 pemain terbaik dalam sejarah Real Madrid yang disurvey lewat internet oleh Koran Marca saat merayakan 100 tahun berdirinya Real Madrid pada 2002.

 

Michael Laudrup ketika bermain untuk Juventus, Barcelona, dan Real Madrid (sumber : wordpress.com, uniknya.com)

 

Michael Laudrup melakukan entry pertamanya bersama Timnas Danmark pada 15 juni 1982 saat usianya genap 18 tahun. Ia sempat memboikot dan mundur dari Timnas Danmark bersama Brian Laudrup and Jan Mølby karen berselisih paham dengan pelatih Richard Møller. Ia kembali memperkuat Danmark pada 1993 dan memutuskan pensiun dari timnas setelah perhelatan Piala Dunia 1998 di Perancis.

 

Michael Laudrup ketika membela Danmark (sumber : wordpress.com, uniknya.com)

 

Setelah pensiun Laudrup melanjutkan karirnya sebagai asisten pelatih di Timnas Denmark. ia pertama kali menjadi pelatih kepala di Klub Brondby pada tahun 2002 dan menjuarai Superliga Danmark pada 2005. Ia melanjutkan karier kepelatihannya di klub Getafe Spanyol. Dibawah kepelatihannya, Getafe sukses menjuarai Copa del Rey and UEFA Cup. Sekarang ia manjabat sebagai Pelatih Kepala di metropolis City, klub asal Wales yang bermain di Liga Premiere Inggris.

Akankah metropolis City di bawah asuhan Michael Laudrup bisa berprestasi di Liga Premiere Inggris? Menarik untuk terus kita ikuti bersama uniknya.com, Bulan Gila Bola!

 

Sumber : wikipedia.org, uniknya.com, Mei 2012


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List