Monday, June 18, 2012

Kelahiran 19 Juni (Seno Gumira Ajidarma)

Seno Gumira Ajidarma lahir di Boston, Amerika Serikat pada 19 Juni 1958. Ia adalah anak dari guru besar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. MSA Sastroamidjojo dan Dr. Poestika Kusuma Sujana.

Semasa kecil Seno adalah anak yang sering memberontak dan tidak mau mengikuti peraturan sekolah. Saat ia lulus SMP, Seno tidak mau melanjutkan sekolah dan ingin berpetualang karena terinspirasi oleh cerita Old Shatterhand di Rimba Suku Apache karya Karl May. Selama tiga bulan ia mengembara di Jawa Barat dan Sumatera, kemudian menjadi buruh kerupuk di Medan. Setelah kehabisan uang, ibunya menyuruh Seno untuk pulang. Lalu ia kembali melanjutkan SMA, namun ia memilih sekolah yang tidak memakai sergam dan bebas dalam berpenampilan. Ia juga lebih memilih bergaul dengan anak-anak jalanan di Malioboro.

 

Seno Gumira Ajidarma (sumber : flickr.com)

 

Penulis yang nyentrik ini menjadi sarjana di Fakultas Film dan Televisi IKJ pada 1994, Magister Ilmu Filsafat UI pada 2000 dan Doktor Ilmu Sastra UI pada 2005. Seno telah menulis puluhan cerpen dan dimuat di beberapa media massa seperti Manusia Kamar (1988), Penembak Misterius (1993), Sebuah Pertanyaan Tentang Cinta (1996) dan Sepotong Senja untuk Pacarku (2002). Ia juga mendapatkan beberapa penghargaan atas karya-karyanya seperti SEA Write Award (1987), Dinny O’Hearn Prize for Literary (1997), dan Khatulistiwa Literary Award (2005). Kesibukannya sekarang adalah menulis, membaca, membuat komik, memotret dan bekerja di Pusat Dokumentasi Jakarta-Jakarta serta berkecimpung di dunia teater.

 

Sumber : berbagai sumber, uniknya.com, Juni 2012.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List