Tuesday, June 19, 2012

Kelahiran 20 Juni (Kang Ibing)

Raden Aang Kusmayatna Kusumadinata atau yang akrab dipanggil Kang Ibing lahir di Sumedang, Jawa Barat,  20 Juni 1946. Putera pasangan Rd. Suyatna Kusumahdinata dan Rd. Kusdiyah adalah pelawak yang juga aktif di dunia Seni khususnya Seni Sunda. Kang Ibing mengawali karier sebagai Pembawa acara Obrolan Rineh di Radio Mara Bandung. Ia sukses membawakan acara broadcasting tersebut dengan gaya bicaranya yang khas dengan dialek Sunda dan jenaka.

 

Sukses di dunia radio, Kang Ibing bersama Aom Kusman, Suryana Fatah, Wawa Sofyan, dan Ujang mendirikan grup lawak D’Kabayan. Keunikan dari grup lawak D’Kabayan ini adalah mereka dapat menggambarkan kehidupan sehari-hari di Indonesia yang multi etnis, seperti Suryana FTO yang menggambarkan tokoh Koh Holiang dari Tionghoa, Wawa Sofyan sebagai Mas Sastro dengan dialek Jawa dan mereka berhasil menghibur maternity pendengarnya.

 

(sumber : blogspot.com)

 

Kang Ibing mengawali karier di dunia flick pada tahun 1975, ketika sutradara Tutty Suprapto tertarik menjadikanya Pemain utama di flick “Si Kabayan”. “Ateng The Godfather” (1976), “Bang Kojak” (1977), “Si Kabayan dan Gadis Kota” (1989), “Boss Carmad” (1990), “Komar Si Glen Kemon Mudik” (1990), “Warisan Terlarang” (1990) dan “Di Sanaa Senang Di Sini Senang” (1990) adalah film-film yang sukses Kang Ibing bintangi.

 

(sumber : blogspot.com)

 

Selain menjadi pelawak ia juga menjadi Da’i yang menyampaikan dakwah dengan naluri humornya. Ia meninggal pada 19 Agustus 2010 karena mengalami pendarahan karena terjatuh di kamar mandi rumahnya. Ia meninggalkan seorang istri, Nieke dan tiga orang anak, Kusmadika, Kusmandana dan Diane.(**)

 

Sumber : berbagai sumber, uniknya.com, Juni 2012.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List