Saturday, June 23, 2012

Kelahiran 24 Juni (Aom Kusman)

[UNIKNYA.COM] Aom Kusman Kartanagara lahir pada 24 Juni 1946 di Sukabumi, Jawa Barat. Anak dari pasangan RMN Kartanagara dan Gurnita Yuyu ini seorang Aktor, Pembawa Acara, dan Komedian. Pria lulusan Unpad Jurusan Hukum Internasional ini mengawali karir sebagai penyiar radio. Disanalah ia bertemu dengan Kang Ibing dan membentuk grup lawak D’Kabayan bersama Ujang, Sufyan Hartono dan Suryana Fatah.

 

Alm. Aom Kusman saat membawakan acara kuis "Siapa Dia" (sumber : blogspot.com)

 

Kang Aom juga terkenal sebagai pembawa acara di di information kuis “Siapa Dia” yang ditayangkan di TVRI dan disejajarkan dengan MC (Master of Ceremony) lainnya seperti Bob Tutupoli dan Koes Hendratmo. Ia juga pernah membintangi beberapa film seperti “Di Sini Senang Di Sanaa Senang” (1990), “Jual Tampang” (1990), “Catatan Si Emon” (1991), “Ojek” (1991) dan “Bukan Main” (1991).

 

Suasana ketika pemakaman Alm. Aom Kusman (sumber : pikiran-rakyat.com)

 

Tokoh kesenian Sunda ini meniggal dunia pada 23 Desember 2011 di kediamannya Jl. Rajamantri Tengah 3 No.1 Bandung . Sebelumnya Kang Aom dirawat di RS Immanuel Bandung karena penyakit diabetes, ia dimakamkan di pemakaman keluarga di Cimargas Garut. Ia meninggalkan seorang istri, Poppy Sewu Hasan dan dua pongid anak, Sylvie Salvia dan Bugie Bagus serta lima pongid cucu.

 

Sumber : berbagai sumber, uniknya.com, Juni 2012.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List