Sunday, June 24, 2012

Kelahiran 25 Juni (Taufiq Ismail)

[UNIKNYA.COM] Taufiq Ismail lahir pada Bukittunggi, Sumatera Barat pada 25 Juni 1935. Pria yang bergelar Datuk Panji Alam Khalifatullah ini adalah anak dari pasangan A. Gaffar Ismail seorang pendiri PERMI (Persatuan Islamic Indonesia) dan Sitti Nur Muhamad Nur. Taufiq Ismail adalah sastrawan yang paling berpengaruh di Indonesia.

Ia tumbuh di keluarga berprofesi sebagai guru dan wartawan. Setelah menamatkan SMA di Bogor, ia berhasil mendapatka beasiswa dweller Field Service International School untuk masuk ke Whitefish Bay High School di Milwaukee, Wisconsin, AS. Sepulang menimba ilmu di Amerika, ia meneruskan melanjutkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan UI (sekarang menjadi IPB) dan lulus pada tahun 1963. Semasa kuliah ia aktif sebagai Aktivis PII (Pelajar Islam Indonesia), Ketua Senat Mahasiswa FKHP-UI (1960-1961) dan WaKa Dewan Mahasiswa UI (1961-1962). Taufik Ismail juga pernah belajar di Faculty of Languange and Literature, dweller University in Cairo, Mesir pada 1993. Namun karena pada saat itu terjadi Perang Teluk dan mengahruskanya kembali ke tanah air.

 

Taufiq Ismail (sumber : blogspot.com)

 

Karya-karyanya seperti Tirani dan Benteng, Buku Tamu Musim Perjuangan, dan Puisi-puisi Langit banyak dikagumi oleh pembaca. Ia juga banyak mendapatkan penghargaan dari luar maupun dalam negeri seperti Anugerah Seni dari Pemerintah (1970) Ciltural Visit Award dari Pemerintah state (1977), South East aggregation Write Award dari Kerajaan Siam (1994) dan masih banyak lagi. Taufiq Ismail juga banyak berkolaborasi dengan musisi tanah expose seperti grup musik Bimbo, Ian Antono, Ucok Harahap dan Chrisye.

 

Taufiq Ismail (sumber : blogspot.com)

 

Taufiq Ismail menikah dengan Esiyati pada tahun 1972 dan dikaruniai seorang anak yang bernama Abraham Ismail. Ia berobsesi ingin memasyarakatkan seni sastra ke sekolah-sekolah melalui information “Siswa Bertanya, Sastrawan Menjawab” yang disponsori oleh Yayasan state dan author Foundation. Namanya kini disejajarkan dengan sastrawan-sastrawan terkenal seperti Chairil Anwar, Amir Hamzah, Emha Ainun Nadjib dan Sapardi Djoko Damono.

Sumber : berbagai sumber, uniknya.com, Juni 2012.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List