Monday, June 4, 2012

Kelahiran 5 Juni (Ruben de la Red)

Ruben de la Red Gutierrez, mantan pemain sepak tie asal Spanyol yang berposisi sebagai gelandang.  Ia dilahirkan pada  5 Juni 1985 di Mostoles, Madrid, Spanyol.

 

Ruben de la Red bergabung bersama Akademi Sepakbola  Real Madrid ketika berumur 14 tahun. Ia sempat akan dijual ke klub CD Mostoles, namun Los merengues (Julukan bagi klub Real Madrid) buru-buru membatalkannya. Pelatih muda Quique Flores yang menangani klub Getafe FC mengiginkan ia untuk menjadi bagian dari squadnya, namun de la Red menolaknya. “Sebuah kebanggan jika pelatih Quique Flores menginginkan saya bergabung bersama Getafe, karena untuk saat  ini Real Madrid adalah nomor satu” ucap Ruben de la Red kala ia berumur 19 tahun.

Pada 10 November 2004, de la Red memulai debut pertamanya di Copa del Rey bersama Real Madrid dan memberikan kemenangan 2-1 atas CD Tenerife. Debut pertamanya di La Liga adalah ketika melawan Athletic Bilbao pada 22 Sept 2005, ketika itu Real Madrid menang 3-1. Pada musim 2006-2007 ia berhasil membawa Real Madrid Juara La Liga, ketika itu di bawah asuhan pelatih Fabio Capello.

 

Ruben de la Red ketika memperkuat Getafe (sumber : blogspot.com)

 

Ia kemudian pindah ke Klub Getafe pada musim 2007-2008 dengan opsi pembelian kembali oleh Real Madrid setelah 2 tahun. Di klub barunya itu ia berhasil  menjadi pemain kunci, dan bermain playmaker bersama kawannya, Esteban Granero yang juga produk unggul dari akademi Real Madrid. Ia berhasil mencetak 49 penampilan dan 6 gol serta membawa klub Getafe menjadi Runnerâ€"up ajang Copa del Rey 2007-2008.

 

Ruben de la Red ketika bermain di Real Madrid (sumber : blogspot.com)

 

Presiden klub Real Madrid Ramon Calderon, kembali menarik de la Red bersama Granero dan Javi Garcia ke Satiago Barnabeu untuk memperkuat Real Madrid di musim 2008-2009. Namun sayang pada 30 Oktober 2008, ia dilarikan ke rumah sakit akibat pingsan ketika Real Madrid melawan Real Union. Saat itu Real Madrid mengumumkan bahwa de la Red tidak akan bermain hingga akhir musim. Ia didiagnosa mengalami kelainan jantung, sehingga diwajibkan untuk beristirahat dan belum bisa diprediksikan kapan ia sembuh. Pada musim 2009-2010 Real Madrid membeli Raul Albiol dari metropolis yang berposisi sebagai bek dan memberikannya nomor punggung 18. Sebelummya nomor 18 adalah nomor yang dipakai oleh de la Red dan Albiol berjanji akan mengembalikan nomor punggung tersebut ketika Ruben de la Red sembuh.

 

Ruben de la Red merayakan keberhasilan Spanyol menjuarai EURO 2008 (sumber : blogspot.com)

 

Namun sayang, pada 10 January 2010 Ruben de la Red menyatakan pensiun, pada saat itu ia berumur 25 tahun. Ia akan melanjutkan karier sebagai pelatih. Direktur Real madrid sangat mendukung keputusan itu. “Hari ini adalah menjadi titik balik yang baik bagi masa depan de la red. Ia pensiun sebagai pemain dan semangatnya ia fokuskan untuk menjadi pelatih. Mulai dari sekarang ia menjadi body pelatih dan menjadi bagian dari rencana Mourinho. Ia sempat membela membela Timnas U-21 Spanyol dan mejadi bagian dari Tim Spanyol ketika menjuarai  sepakbola Europa 2008.

 

Apakah ia akan menjadi pelatih yang sukses? Menarik kita tunggu kiprahnya di Dunia Sepakbola.

Sumber : wikipedia.org, uniknya.com, Mei 2012.   


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List