Sunday, June 10, 2012

Liu, Pengidap Hypertricosis Universalis yang Malang

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Siswi sekolah di China yang sebagian kulit tubuhnya ditutupi oleh bulu-bulu hitam telah ditelantarkan oleh keluarganya.Liu Jiangli yang saat ini berusia enam tahun, terlahir dengan kelainan tubuh terutama bagian kulitnya. 60 persen bagian permukaan kulitnya ditutupi oleh bulu hitam yang lebat. Liu yang berasal dari Desa Zhongjie, Qingzhen, Provinsi Guizhou, juga memiliki lapisan bulu yang terdapat di bagian telinga kirinya.

 

Hypertricosis (sumber:blogspot.com)

 

Namun sungguh malang nasibnya di usia dua tahun, ia ditelantarkan oleh ibunya, bahkan ketika ayahnya mengantarkannya ke sebuah sekolah kanak-kanak, ayahnya pun tidak pernah menjemputnya untuk pulang.

Selama Liu tinggal di sekolah kanak-kanak, ia bahkan memiliki nama panggilan yang tidak pantas, ‘monyet kecil’. Keadaan fisik tersebut memengaruhi dirinya untuk bergaul dengan teman-temannya, karena mereka takut bahkan untuk bertatapan denganya.

Karena simpati terhadap keadaannya, maka pihak sekolah membuat sebuah pemberitahuan yang meminta keluarga ataupun kerabat Liu untuk membawa dan merawatnya. Akhirnya setelah enam bulan kemudian, herb kakek dan sepupu laki-lakinya datang untuk menjemput dan merawatnya. Sejak saat itu Liu Mingying merawat Liu, walaupun rasa khawatir tidak mampu membiayai ongkos sekolah Liu nantinya. Ia pun khawatir akan perlakukan buruk orang-orang yang ada di sekitar rumahnya.

Kepada Rex Features, Liu mengatakan bulu-bulu yang tumbuh dipermukaan kulitnya itu terasa sangat gatal, tetapi tidak timbul rasa sakit jika digaruknya.

Mingying yang merupakan seorang petani jagung, sebelumnya merasa tidak nyaman dengan kehadiran Liu di rumahnya, namun seiring berjalannya waktu ia pun terbiasa dan menerima seutuhnya, bahkan tak canggung untuk bercanda dengannya. Namun salah satu yang sering mengganggu Mingying, adalah ketika maternity tetangganya yang selalu melarang Liu untuk bersekolah karena alasan membuat anak-anak mereka takut.

Tidak ada penjelasan resmi mengenai kelainan yang diderita oleh Liu, namun sebuah dugaan mengarah kepada sindrom Hypertricosis Universalis.(**)

Sumber: huffingtonpost.co.uk, uniknya.com, April 2012.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List