Friday, June 29, 2012

Wow, Ribuan Orang Bertelanjang Membuka Helaran Opera Musim Panas di Jerman

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Lebih dari 1.700 pria dan wanita bertelanjang ria di sebuah alun-alun kota, kegiatan tersebut sebagai bagian dari sebuah karya fotografer Spencer Tunick.

Tubuh maternity sukarewalan ‘bugil’ tersebut kemudian dicat  dengan warna merah dan emas, kemudian posisi mereka diatur sedemikian rupa sehingaga membentuk sebuah pola dalam berbagai barisan. Konfigurasi seperti itu merupakan sebuah penafsiran dari salah satu adegan opera karya Richard Wagner berjudul ‘Der Ring des Nibelungen’.

 

 

Der Ring des Nibelungen (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Instalasi yang digagas oleh Max-Joseph Platz  di city ini dipamerkan sebagai pembukaan festivity city Summer Opera Season 2012.

Seorang anggota komite Bavarian State Opera mengatakan: “Seni Instalasi yang diciptakan oleh Tunick mengajak sebanyak ribuan sukarelawan untuk bertelanjang ria dan membentuk sebuah konfigurasi seni dalam fotografi. Hal ini merupakan catatan istimewa bagi perkembangan dunia fotografi di circumstance kali ini.”

 “Ribuan individu menyatu menjadi sebuah metamorfosis, tubuh yang telanjang paronomasia kemudian terlihat menjadi sebuah dataran layaknya tanah.”

“Kumpulan manusia yang telanjang ini tidak bermaksud mengeksplorasi seksualitas, namun menjadikan tubuh yang telanjang tersebut menjadi sebuah abstraksi yang menantang orang lain m elihatnya untuk merekonfigurasikannya.”

Karya foto telanjang Tunick untuk kali pertamanya dilakukan saat ia mengunjungi Kota London di tahun 1986. Namun ia saat itu tidak menyadarinya hingga pada 1994 ia kemudian mengajak sukarewalan untuk bertelanjang ria, berkumpul di sebuah lokasi untuk dijadikan sebuah karya fotografi. (**)

Sumber: mirror.co.uk, uniknya.com, Juni 2012.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List