Saturday, July 7, 2012

5 Artis Ikon Horor Indonesia

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM]: Perkembangan flick horor di state tak lepas dari peran Suzanna. Perannya di flick Sundel Bolong menjadikannya picture flick horor state sepanjang masa. Sejak itulah, lahir ratusan flick horor, acara televisi horor, dan program horor. Iranian berbagai hiburan layar lebar bertema horor, muncullah citra kuat dari sosok artis yang membintanginya dan tak bisa lepas dari citra horor. Siapa sajakah kelima artis yang pernah sukses memainkan peran di flick horor tersebut? Uniknya.com merangkum lima artis identik dengan film, sinetron, atau acara televisi bertema mistis.

 

1. Suzanna

Seperti yang disinggung di paragraf di atas, Suzanna telah menjadi picture flick horor state sejak perannya di Sundel Bolong. Kariernya memuncak setelah ia membintangi peran tersebut. Saking jagonya dalam memerankan hantu, ia dijuluki “The Queen of Indonesian Horror”. Film-film horor yang ia bintangi adalah Sundel Bolong (1980), Nyi Blorong (1982), Ratu Ilmu Hitam (1981), Bernafas dalam Lumpur (1970), Beranak dalam Kubur (1971), dan Hantu Ambulance (2008).

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Suzanna (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

 

2. Diah Permatasari

Siapa yang tidak tahu sinetron yang ditayangkan di RCTI tahun 90an, Si Manis Jembatan Ancol? Ya, pada masa kejayaannya, penonton state diambil alih perhatiannya ketika program ini ditayangkan setiap malam hari. Salah satu pemain yang berhasil mengangkat sinetron ini menjadi banyak ditonton adalah Diah Permatasari. Makanya, pemain sinetron kelahiran Solo, 25 Januari 1979 ini layak masuk dalam daftar ini. Sinetron horor komedi ini diangkat dari legenda betawi. Efek khusus flick ini dikerjakan di Amerika Serikat.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Diah Permatasari (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

3. Ozy Syahputra

Ingat Ozy Syahputra pasti ingat sinetron Si Manis Jembatan Ancol. Ya, perannya di sinetron tersebut sukses menjadikannya picture horor di Indonesia. Perannya yang kocak berhasil menghibur penonton yang kadang diajak tegang oleh musik latar dan penampilan Si Manis. Meski ia berperan di beberapa sinetron dan flick lain Si Buta Iranian province Hantu (1994), Wiro Sableng (1996), Si Toloy (1999-2000), Mat Londo (1996), dan Gadis Kuntilanak (1996), namun citranya sebagai hantu gundul di sinetron Si Manis Jembatan Ancol tak bisa dilepaskan. Makanya, pria kelahiran Medan, 1962 yang sampai sekarang masih melajang ini masuk dalam daftar ini.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Ozy Syahputra (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

4. Harry Panca

Yang suka dunia misteri pasti suka nonton acara dunia lain. Kalau suka acara fenomenal Dunia Lain pasti kenal pria kepala plontos ini dong? Ya, Harry Panca memang berhasil membuat imejnya sebagai pria misterius di balik jubahnya dan selalu identik dengan alam gaib. Keberhasilannya di actuality show fenomenal di state ini membawanya merambah dunia perfilman Indonesia. Jelangkung. Film horor state yang dirilis tahun 2001 ini sukses membangkitkan perfilman state yang sebelumnya terpuruk, dibantu juga oleh AADC. Film ini tercatat telah ditonton 1,3 juta penonton di layar bioskop setelah dirilis, dengan total penonton sampai sekarang 5,7 juta penonton, dan meraup pendapatan sekitar lima miliar rupiah. Jelangkung masih memimpin sebagai flick dengan penonton terbanyak di seluruh Indonesia. Harry Panca di dalam flick tersebut memainkan peran yang mungkin dibilang tidak seperti yang diharapkan oleh maternity pecinta Dunia Lain. Sayangnya, sosoknya yang dikenal sebagai misterius d an jaim tidak diterapkan di flick Jelangkung ini.

Identik Harry Panca dengan Dunia Lain memang sukses. Terbukti, tayangan mistis lanjutan bernama “(Masih) Dunia Lain” tidak sesukses Dunia Lain. (Masih) Dunia Lain dibawakan oleh Rudi Kawilarang dan dimulai tahun 2010.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Harry Panca (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

5. Julia Perez

Patut diakui bahwa artis ini memang pintar berakting peran apa pun, mulai dari peran komedi sampai horor. Puluhan flick dan beberapa sinetron telah ia bintangi. Pantas saja dia selalu disorot media massa. Semua tingkah lakunya selalu menjadi bahan gosip. Selain dikenal sebagai bom seks, Jupe ini paronomasia identik dengan flick horor komedi. Terbukti, ia telah membintangi 10 flick bertema horor. Atas alasan itulah mengapa Julia Perez masuk dalam daftar kami.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Julia Perez (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Prospek bermain di flick horor di state memang masih dibilang cerah. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari kultur budaya state yang masih pecaya akan hal-hal mistis. Sampai sekarang paronomasia tontonan dan siaran bertema mistis masih ada dan selalu mendapat respon baik. Memang, legenda hantu aggregation dianggap paling seram di dunia. Di balik pembuatan filmnya paronomasia selalu mengundang cerita menarik, dengan melepas benar atau tidaknya kejadian tersebut. Film bertema mistis bisa dibilang mempromosikan budaya Indonesia. Jadi, pertahankan dan maju terus perfilman Indonesia. (**)

Sumber: berbagai sumber, uniknya.com, Juli 2012


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List