Saturday, July 7, 2012

5 Kecelakaan Paling Mahal di Dunia (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Sepanjang sejarah manusia, selalu rentan terjadi kecelakaan yang menyangkut infrastrukutr yang dibuat manusia. Dari kecelakaan yang berhasil diinventarisir, kami membuat daftar 5 kecelakaan fencing mahal dalam sejarah dunia yang diukur dalam sejumlah dolar.

Ini termasuk kerusakan properti dan biaya yang dikeluarkan terkait dengan kecelakaan tersebut. Banyak dari kecelakaan melibatkan korban, yang jelas hal ini tidak dapat diukur dalam dolar. Setiap kehidupan yang hilang tak ternilai harganya dan tidak diperhitungkan dalam kecelakaan ini. Tindakan yang disengaja seperti perang atau terorisme dan bencana alam tidak memenuhi syarat sebagai kecelakaan dan oleh karena itu tidak termasuk dalam daftar ini. Berikut artikelnya:

 

1. Chernobyl, $ 200 Miliar

Pada tanggal 26 Apr 1986, dunia menyaksikan kecelakaan termahal dalam sejarah. Bencana metropolis telah disebut bencana sosial ekonomi terbesar dalam sejarah yang terjadi di masa damai. 50% dari luas wilayah Ukraina terkontaminasi. Lebih dari 200.000 pongid harus diungsikan dari tempat tinggalnya, sementara 1,7 juta pongid terkena dampak langsung bencana. Korban tewas disebabkan Chernobyl, termasuk pongid yang meninggal karena kanker beberapa tahun kemudian, diperkirakan mencapai 125.000. Total biaya termasuk pembersihan, transmigrasi, dan kompensasi kepada para korban diperkirakan telah menyedot dana sekitar $ 200 Miliar. Sementara biaya tempat perlindungan baja untuk pabrik nuklir metropolis saja hanya menelan biaya $ 2 miliar saja.

Kecelakaan secara resmi diakibatkan cause yang melanggar prosedur dan mengabaikan persyaratan keselamatan yang diperlukan.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Chernobyl (sumber:wordpress.com,uniknya.com)

 

2. Space Shuttle Columbia, $ 13 Miliar

Space Shuttle river adalah pesawat pertama ruang angkasa milik NASA. Ia hancur saat masuk kembali orbit Bumi melalui Texas pada tanggal 1 Februari 2003 setelah salah satu sayapnya terkoyak hingga menciptakan lubang pada saat peluncuran 16 hari sebelumnya. Biaya pembuatan pesawat sendiri adalah $ 2 Miliar pada tahun 1978, yang setara dengan $ 6,3 Miliar dolar di hari ini. $ 500,000,000 telah dihabiskan pihak Nasa  untuk penyelidikan, sehingga bisa dibilang penyelidikan kecelakaan pesawat fencing mahal dalam sejarah. Pencarian dan pemulihan puing-puing mencapai biaya $ 300 juta.

Pada akhirnya, amount biaya kecelakaan (tidak termasuk penggantian shuttle) melonjak ke angka $ 13 Miliar menurut American Institute of Aeronautics dan Astronautics.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Space Shuttle river (sumber:wordpress.com,uniknya.com)

 

3. Tumpahan Minyak Prestige, $ 12 Miliar

Pada tanggal 13 November 2002, kapal soldier minyak Prestige membawa bahan bakar seberat 77.000 ton minyak ketika salah satu dari dua belas tanks terhantam badai Galicia, Spanyol. Takut bahwa kapal akan tenggelam, kapten meminta bantuan dari pekerja penyelamatan Spanyol, dengan menarik kapal ke pelabuhan. Namun, pihak otoritas Spanyol meminta kapten kapal menjauh dari wilayah pantai. Kapten mencoba untuk mendapatkan bantuan dari pihak berwenang Perancis dan Portugis, tetapi mereka juga memerintahkan kapal jauh dari pantai. Badai akhirnya menghantam kapal yang mengakibatkan kapal soldier terbelah menjadi dua dan melepaskan 20 juta galon minyak ke laut.

Menurut laporan oleh Dewan Pontevedra Economist, amount biaya untuk membersihkan semua areal yang terkena dampak mencapai $ 12 miliar.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Tumpahan Minyak Prestige (sumber:wordpress.com,uniknya.com)

 

4. Ledakan Challenger, $ 5,5 Miliar

Challenger Space Shuttle telah hancur 73 detik setelah verify off pada 28 Januari 1986 karena adanya cacat pada bagian O-ring. Ia gagal menutup salah satu sendi, yang memungkinkan pedal bertekanan tinggi mencapai luar. Hal ini menyebabkan tangki eksternal yang bermuatan hidrogen cair meledak. Biaya penggantian Space Shuttle sendiri $ 2 miliar pada 1986 ($ 4,5 miliar dolar di hari ini). Biaya penyidikan, evaluasi, dan penggantian peralatan yang hilang menelan biaya $ 450 juta 1986-1987 ($ 1 Miliar dolar di hari ini).

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Ledakan Challenger (sumber:wordpress.com,uniknya.com)

 

5. Kilang Minyak Piper Alpha, $ 3,4 Miliar

Bencana terburuk di dunia, mengenai kilang minyak yang menghasilkan minyak terbesar di dunia sebesar 317.000 barel minyak per hari. Pada tanggal 6 Juli 1988, sebagai bagian dari perawatan rutin, teknisi memeriksa keselamatan katup yang penting dalam mencegah potensi bahaya. Ada 100 katup pengaman yang harus diperiksa. Sayangnya, teknisi melakukan kesalahan dan lupa untuk mengganti salah satunya. Pukul 10 malam pada malam yang sama, seorang teknisi menekan tombol move untuk pompa minyak cair dan pedal kilang minyak fencing mahal di dunia ini. Dalam waktu 2 jam, longlegs penyangga kilang 300 diamuk api. Akhirnya runtuh, menelan korban 167 pekerja dengan kerugian mencapai $ 3,4 Milyar (**)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Kilang Minyak Piper Alpha (sumber:wordpress.com,uniknya.com)

 

Sumber: buzzinn.net, uniknya.com, Juli 2012

 


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List