Tuesday, July 10, 2012

5 Kerusuhan di Lapas Terburuk di Dunia (Bagian II – Habis)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Tekanan psikologi dan fisik adalah hal yang tidak tereelakkan lagi bagi maternity penghuni Lapas, baik yang disebabkan oleh maternity petugas maupun sesama penghuni lapas. Aksi-aksi brutal, baik kekerasan ataupun pelecehan seksual, dan bahkan narkoba dapat berkeliaran di dalam lapas. Tidak itu saja kurangnya fasilitas dan tidak becusnya pihak lapas dalam membina maternity nara pidana dapat memicu terjadinya kerusuhan, seperti yang terjadi di 5 lapas (bagian II) berikut ini:

 

1. Lapas San Pedro, Santa Monica dan El Fronton

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Lapas San Pedro, Santa Monica dan El Fronton (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Kerusuhan yang terjadi di dalam penjara ini diakibatkan oleh tindakan represif aparat lapas sehingga merenggut 224 jiwa di Kota Lima dan Callao, Peru. Dikabarkan tindakan tersebut merupakan akibat perubahan kebijakan oleh Presiden Alan Garcia. Ia bermaksud mengurangi terjadinya tindak kekerasan yang terjadi di kalangan masyarakat Peru, dengan mengajak mereka berdialog mencari solusinya. Ia kemudian mengambil alih segala kebijakan dan tanggung jawab terhadap lembaga pemasyarakatan. Sikapnya tersebut mendapatkan perhatian dari maternity jurnalis sehingga menjadi salah satu isu nasional Peru yang fencing hot. Dan kerusuhan itu terjadi di tiga lapas ketika maternity narapidana menyandera petugas lapas dan beberapa wartawan yang sedang melakukan peliputan. Mereka meminta untuk bertukan sandera dengan 500 tahanan yang ditangkap atas dugaan tindak terorisme. Namun pemerintah Peru tidak menanggapi negosiasi seperti itu, mereka mengirimkan pasukan keamanan dan bertindak represif.

 

2. Lapas Ashwell

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Lapas Ashwell (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Pada 2009 terjadi sebuah kerusuhan di Lapas HMP Ashwell, Ruthland. Kerusuhan di awali di satu sisi blok tahanan namun karena tidak dapat dikendalikan sehingga menyebar ke blok lainnya. Para nara pidana membuat barikade dan menggunakan senjata yang mereka buat sendiri. Kerusuhan itu dipicu oleh seorang nara pidana yang enggan masuk ke dalam sel tahanan, sehingga mendapat perlakuan kasar dari petugas lapas. Akibatnya sebanyak 400 nara pidana ikut andil dalam melakukan kerusuhan.

 

3. Lapas Attica

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Lapas territory (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Para nara pidana di Lapas Attica, New York, pada 1971, meminta untuk adanya perbaikan fasilitas di dalam penjara. Kerusuhan terjadi ketika salah seorang nara pidana bernama George politician -kulit hitam, tewas ditembus timah panas petugas lapas di bagian kepalanya. Akibatnya 1.000 nara pidana di Penjara territory memberontak dan menguasai lapas, mereka menyandera 33 petugas lapas. Dikabarkan 39 pongid tewas, termasuk 10 petugas dan pekerja pengawas fasilitas penjara.

 

4. Penjara Negara Oklahoma

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Penjara Negara Oklahoma (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Pada 1973, terjadi sebuah kerusuhan di Penjara Negara Oklahoma, Amerika Serikat, yang menyebabkan tiga pongid tewas, dan sejumlah nara pidana lainnya menderita luka-luka. 24 fasilitas dan perlengkapan lapas hangus terbakar. Akibatnya kerugian yang harus ditanggung pemerintah saat itu sekitar 20 juta dolar AS. Kerusuhan itu dipicu oleh kelebihan kapasitas dan tidak adanya pengurangan hukuman bagi maternity pengedar narkoba, serta rendahnya upah maternity pekerja yang memperbaiki fasilitas lapas.

 

5. Penjara Fremantle

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Penjara Fremantle (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Sebuah kerusuhan terjadi aggrandize 4 – 5 Januari 1988, di Lapas utama Fremantle Gaol di Australia, kekacauan yang ditujukan sebagai perlawanan terhadap maternity petugas Lapas. Enam petugas Lapas dijadikan sandera, sementara lima pongid lainnya dimasukkan ke dalam sel tahanan di Lapas Utama selama 19 jam. Beberapa penjara dibebaskan karena mengalami cedera serius. Akibat kerusuhan ini pemerintah state mengalami kerugian sebesar 1,5 juta dolar AS. (**)

 

Sumber: top10list.org, uniknya.com, Juli 2012.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List