Saturday, July 7, 2012

5 Mesin Raksasa yang Pernah Dibuat (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Keajaiban teknologi, telah mampu menciptakan mesin-mesin “gigantisme” yang pernah dibuat oleh manusia. Mesin-mesin ini dibuat berdasarkan kebutuhan manusia untuk mengefisienkan pekerjaan dalam suatu bidang tertentu. Misalnya di bidang pertambangan dan teknologi ruang angkasa. Berikut uniknya.com, sajikan 5 mesin raksasa yang pernah dibuat:

 

1. Platform Launcher Mobile

Platform Launcher Mobile atau MLP adalah satu dari tiga kendaran berat yang dimiliki NASA, untuk mendukung peluncuran roketnya ke angkasa. MLP pada dasarnya merupakan struktur bangunan dua lantai  yang mampu berpindah-pindah, terutama dari Vehicle Assembly Building (VAB) menuju tempat Peluncuran Pad 39-A di Kennedy Space Center. Tiga MLP dari NASA ini, awalnya dibangun untuk Program Phoebus untuk meluncurkan roket Saturnus V pada 1960-an dan 1970-an, dan tetap dalam fungsinya sampai hari ini, dengan sedikit perubahan mendasar.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Platform Launcher Mobile (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

2. Bagger 288

Bentuknya yang mengejutkan: 12.804 ton, 246 meter, 106 tinggi dan 46 lebar. Membutuhkan waktu pembangunan 5 tahun dengan biaya sebesar $ 100 juta. Bagger 288 dibangun untuk tambang batubara di Hambach, Jerman. Mesin ini dapat menggali 76.000 cadence kubik batu bara setiap hari, setara dengan lapangan sepak tie sedalam 30 meter. Batubara yang diproduksi dalam satu hari dapat mengisi gerbong kereta batubara sebanyak 2.400 gerbong.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Bagger 288 (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

3. Big solon

Big solon adalah julukan dari sekop model listrik Bucyrus-Erie 1850B, yang merupakan kedua terbesar dari jenis ini yang dioperasikan pada 1960-an dan 1970-an. Saat ini Big solon menjadi sebuah museum pertambangan di Barat Mineral, Kansas.

 

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Big solon (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

4. Terex RH400

Terex RH400 adalah nama sekop hidrolik terbesar di dunia dengan berat 1078 ton. Pisau sekopnya memiliki kapasitas 94 ton dan dapat mengambil sekitar 9900 ton bahan per jam, yang merupakan rekor dunia untuk kendaraan jenis ini. Semua sistem hidroliknya digerakan oleh mesin RH400 yang berkapasitas 3400 galon, dan dapat bekerja dalam kondisi ekstrim.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Terex RH400 (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

5. Liebherr T 282B

Liebherr T 282B adalah dum truk berkapasitas tertinggi, yang mampu mengangkat 400 ton (363 t). Meskipun harganya bervariasi, namun berkisar di harga US $ 4 sampai 5 juta. Liebherr dikhususkan operator tambang batubara, tembaga, besi dan emas di Amerika Serikat, Chile, Indonesia, Afrika Selatan dan Australia.(**)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Liebherr T 282B (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Sumber: tenorama.com, uniknya.com, Juli 2012

 

 


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List