Tuesday, July 3, 2012

5 Skenario Mengenai Kiamat, Jika Terjadi Hari Ini (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Kiamat besar adalah suatu peristiwa yang dijanjikan Tuhan melalui kitab suci, dimana semesta raya dan isinya musnah dan binasa. Adapun kemusnahan ini, dapat disebabkan oleh berbagai kejadian yang mungkin kita sendiri tidak akan pernah sanggup membayangkannya. Dalam agama Islam, ada sepuluh tanda terjadinya kiamat. Seandainya “kiamat” terjadi saat ini, skenario apa yang menyebabkan semesta atau peradaban manusia musnah? Simak artikel berikut:

 

1. Perang Nuklir

“Satu bom nuklir yang meledak dapat merusak seluruh hari Anda di dunia.” Menurut laporan pada 2010 Ploughshares Fund, 22.000 hulu ledak nuklir aktif tersebar di seluruh dunia.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Perang Nuklir (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Fakta ini masuk akal dan ilmiah. Ancaman perang nuklir, selalu menjadi momok menakutkan bagi seluruh umat manusia di dunia. Sudah menjadi rahasia umum, beberapa negara penyimpan hulu ledak nuklir, sudah mengarahkan moncong-moncong misilnya pada negara seteru. Mereka siap menekan tombol “ON” jika lawannya dirasakan membahayakan kawasannya.

 

2. Supervolcano

Supervolcano adalah letusan vulkanik dengan ejecta lebih besar dari 1.000 kilometer kubik, yang lebih besar dari peristiwa vulkanik manapun dalam sejarah. Supervolcano dapat terjadi ketika magma di Bumi naik ke kerak tetapi tidak mampu melewati kerak. Meningkatnya tekanan membuat kerak tidak dapat menahan tekanan. Supervolcano juga dapat membentuk batas lempeng konvergen (contohnya Toba). Istilah supervolcano relatif baru bagi ilmu pengetahuan.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Supervolcano (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Discovery Channel telah mendokumentasikan tujuh supervolcano: Kaldera Yellowstone, Long Valley, dan Valles di Amerika Serikat; Danau Toba, Sumatera Utara, Indonesia; Gunung Taupo, Selandia Baru; Kaldera Aira, Kyūshū, Jepang; dan Siberian Traps, Rusia. Meskipun jumlah supervolcano dapat dihitung dengan jari, namun letusan supervolcano dapat menyebabkan perubahan iklim yang drastis (seperti menyebabkan zaman es kecil) yang dapat mengancam spesies di dunia, termasuk peradaban manusia.

 

3. Hilangnya Keanekaragaman Hayati

Saat ini, kehidupan di Bumi sedang sekarat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Seperempat dari semua mamalia sekarang menghadapi kepunahan, sedangkan 90 persen dari ikan besar yang sudah musnah. Jika kecenderungan ini terus berlanjut, setengah dari spesies hewan bumi akan lenyap dalam waktu seratus tahun. Menurut peringatan yang dikeluarkan oleh pejabat PBB di Konvensi Keanekaragaman Hayati 2010, semua ini sangat bergantung pada manusia dalam memandang penting pada tanaman dan hewan, hingga menciptakan kelestarian pada lingkungan. Kecuali, kerugian ini akan terus dibiarkan hingga keanekaragaman hayati punah, yang kemudian diikuti oleh kepunahan manusia juga.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Hilangnya Keanekaragaman Hayati (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

4. Bio-Terorisme

Cacar, pes, anthrax, tularemia, brucellosis, demam Q dan penyakit berbahaya lainnya yang disebabkan virus mematikan, bisa menjadi ancaman serius dimasa depan. Melalui rekayasa genetik dan kemajuan teknologi bilogi yang begitu rupa, semua virus tersebut dapat berfusi menjadi senjata mematikan yang berpotensi mengancam peradaban manusia. Tinggal siapa “iblis” yang berpotensi melakukan teror dan memulai kehancuran ini semua?

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Bio-Terorisme (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

5. Skenario “Terminator”

Anda pastinya telah menonton flick asal Hollywood berjudul Terminator. Di flick tersebut digambarkan, bagaimana upaya maternity robot memusnahkan ras manusia. Fakta ini cukup masuk akal. Ketika seluruh kehidupan manusia bergantung pada teknologi, baik sistem jaringan informasi dan komunikasi – dimana robot canggih memainkan peranan penting menggantikan peran-peran manusia. Skenarionya adalah, sistem jaringan yang terganggu sehingga mampu merubah programing robot tersebut, sehingga menilai manusia sebagai ancaman.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Skenario “Terminator” (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Tambahan:

 

Invasi Alien

Jagad raya ini begitu luasnya. Bisa jadi kita bukanlah makhluk cerdas satu-satunya yang menempati semesta ini. Ada sebuah peradaban lainnya yang memiliki teknologi demikian canggih, dan kepentingan terhadap follower Bumi dari kacamata yang antagonis. Yah, mereka bisa datang dalam damai atau mereka bisa berada di sini dalam permusuhan.  Dalam rangka “bersenang-senang” mereka memburu kita umat manusia, atau menyebarkan suatu penyakit aneh yang kita tidak memiliki penawarnya.(**)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Invasi Alien (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Sumber: trutv.com dan berbagai sumber, uniknya.com, Juni 2012

 


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List