Friday, July 6, 2012

5 Suku yang Menolak Bersinggungan (Bagian II – Habis)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Hamparan bumi yang luas ini memang banyak dihuni dan ditinggali oleh beragam suku dan ras, ada yang telah diketahui keberadaannya dan ada pula yang masih sebatas jejak-jejaknya saja. Dan walaupun ada yang telah diketahui, suku tersebut sulit untuk diajak berhubungan dengan dunia luar, untuk bertukar informasi dan budaya. Suku-suku yang kebanyakan menolak bersentuhan dengan dunia luar tentunya memiliki alasan tertentu akan sikapnya tersebut, salah satunya adalah menjaga kawasan dan cagar budayanya. Seperti yang dilakukan oleh 5 suku pribumi berikut ini:

 

1. Suku Carabayo

Suku Carabayo merupakan komunitas pribumi Amazon yang masuk ke dalam wilayah Kolombia, mereka pun salah satu suku pribumi yang menolak bersinggungan dengan pihak asing. Suku Carabayo saat ini dikabarkan memiliki populasi sebanyak 1590 orang, dan mereka tinggal bersama di dalam tiga rumah besar.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Suku Carabayo (sumber: blogspot.com)

2. Suku Nanti

Satu-satunya kontak yang tercatat terjadi pada 2010, dan hal ini terekam melalui sebuah foto. Suku Nanti merupakan suku Pribumi yang meninggal wilayah Amazon Peru, kehidupan mereka saat ini terancam oleh berbagai penyakit, namun demikian mereka masih menolakuntuk mendapatkan dan berhubungan dengan pihak asing.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Suku Nanti (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

3. Orang yang Hidup di Dalam Lubang

Dikabarkan ada seorang manusia yang tinggal sendirian di dalam lebatnya Hutan Amazon. Ia adalah satu-satunya yang selamat dan hidup di antara anggota suku yang lain, sangat disayangkan tidak ada informasi yang jelas mengenai dari mana sukunya berasal. Ia disebut sebagai manusia lubang karena hidup di dalam lubang dan berburu binatang dengan cara menjebak melalui lubang yang ia gali. Ia menggali lubang sedalam enam kaki. Sebuah usaha kontak telah dilakukan, namun ia menolak dan meluncurkan anak panahnya.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Orang yang Hidup di Dalam Lubang (sumber: blogspot.com)

 

4. Suku Korubo

Sebanyak tujuh pongid anggota Suku Karubo telah menerima sebuah kontak dengan pihak asing. Kontak tersebut terekam oleh sebuah film yang dibuat pada 1996, untuk kali pertama. Namun kontak yang mereka lakukan bukanlah bersifat positif, mereka membunuh maternity penebang pohon sebagai aksi balas dendam dan ketidak senangan mereka terhadap pihak asing yang masuk ke dalam wilayahnya. Akibatnya mereka hingga sekarang menolak dan selalu menjaga wilayah mereka dari usaha pongid asing yang mencoba masuk ke dalam hutan mereka.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Suku Korubo (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

5. Suku Ayoreo

Suku Ayoreo disebut-sebut sebagai suku terakhir yang menghuni Amazon bagian selatan, dan mereka sangat tertutup untuk menerima kontak dari pihak luar. Mereka tidak memiliki budaya tulisan. Pernah suatu ketika mereka dipaksa untuk keluar dari wilayahnya pada 1969, namun mereka bersikeras untuk bertahan hidup di wilayah aslinya. Mereka bahkan mencoba untuk membunuh siapapun yang masuk ke dalam wilayahnya. Sebuah Perusahaan Brasil bernama Yaguarety Pora dikabarkan memiliki lahan seluas 79.000 hektare yang masuk ke dalam wilayah Suku Ayoreo, namun mereka terancam tidak bisa mengolah lahan seluas itu karena adanya pertentangan dari Suku Ayoreo. (**)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Suku Ayoreo (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber:top10list.org, uniknya.com, Juli 2012.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List