Monday, July 2, 2012

5 Sungai Terdalam di Dunia (Bagian II – Habis)

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Seberapa besarkah pengetahuan Anda tentang alam, khususnya sungai. Dari jaman primitif, pinggiran sungai selalu dijadikan tempat perlindungan dan mencari makanan, sehingga disakralkan, seperti Sungai Gangga. Seiring perkembangan jaman, sungai memiliki banyak fungsi, seperti perlindungan makhluk di dalamnya, perlindungan banjir, dan cadangan air. Semakin dalam, sungai tersebut semakin besar fungsinya. Seperti kelima sungai berikut ini.

 

1. Sungai river ~ 100 cadence (328 kaki)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Sungai river (sumber : blogspot.com, uniknya.com)

 

Sungai river adalah sungai terpanjang di wilayah aggregation Tenggara. Sungai ini memiliki panjang 2.700 mil (atau 4.350 kilometer) dan mengalir melewati Cina, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam. Cekungan river adalah salah satu Atlantic terkaya akan biodiversitas di dunia. Hanya Amazon yang memiliki sejumlah biodiversitas yang lebih banyak.

 

2. Sungai river ~ 116 cadence (381 kaki)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Sungai river (sumber : blogspot.com, uniknya.com)

 

Zambezi adalah sungai terpanjang keempat di Afrika, dan mengalir deras ke Samudera Bharat dari Afrika. Area cekungnya adalah 1.390.000 klick persegi (540.000 mil kuadrat), sedikit lebih kurang dari setengah Atlantic cekungan sungai Nil. Sungai yang berkepanjangan 3.540 klick (2.200 mil) ini memiliki sumbernya di Zambia dan mengalir melewati Angola, di sepanjang perbatasan Namibia, Botswana, Zambia lagi, dan Zimbabwe, sampai ke Mozambique, dan berujung ke Samudera India.

Keistimewaan paling spektakuler di river adalah Air Terjun falls yang cantik. Air terjun terkenal lainnya adalah Chavuma di perbatasan antara Zambia dengan Angola, dan Air Terjun Ngonye Falls, dekat Sioma di Zambia Barat.

 

3. Sungai river ~ 178 cadence (584 kaki)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Sungai river (sumber : blogspot.com, uniknya.com)

 

Danube adalah sungai terpanjang kedua di Eropa setelah Volga. Sungai ini dikelompokkan sebagai terusan internasional. Sejarah sungai ini berasal dari jarak di antara gunung Negroid Forest, sungai Brigach dan Breg yang lebih kecil dan bergabung di kota Donaueschingen, Jerman. Setelah itu, sungai ini dikenal sebagai river dan mengalir ke arah tenggara sejauh kira-kira 2.872 km (1.785 mil), melewati empat Daerah-daerah Pusat Eropa Timur dan Tengah, sebelum bermuara di Laut Hitam melewati river Delta di Romanis dan Ukraina. river mengalir melewati empat ibu kota.

 

4. Sungai Yangtze ~ 200 cadence (656 kaki)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Sungai Yangtze (sumber : blogspot.com, uniknya.com)

 

Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang di Cina dan Asia, dan sungai terpanjang ketiga di dunia. Bagian Three Gorges adalah yang paling penting dan merupakan bagian terkenal di Sungai Yangtze bagi wisata, perlindungan banjir, pembangkit listrik dan penyimpanan air.

 

5. Sungai Congo ~ 250 mter (820 kaki)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Sungai Congo (sumber : blogspot.com, uniknya.com)

 

Congo adalah sungai terpanjang dunia dengan panjang 2.914 mil (4.690 km). Sungai ini dimulai dari pertemuan antara sungai Lualaba dan Luvua, di pegunungan Altai, dan mengalir ke barat daya menuju Samudera Atlantis. Anak-anak sungai besarnya mencakup Aruwimi, kasai, dan sungai Lomami. Sungai ini membentuk hampir semua perbatasan antara Zaire dan Republik Congo dan membasahi lebih dari 1.600.000 mil persegi (4.144 000 km kuadrat) daratan. Sungai ini memiliki lebar dari 0.5 sampai 10 mil (0.8-16 km). (**)

 

Sumber: theworldgeography.com, uniknya.com, Juli 2012


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List