Tuesday, July 10, 2012

5 Terowongan Berbahaya dan “Gila”

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Terowongan biasanya sebuah lorong bawah tanah, yang dibangun dalam upaya untuk mengatasi pertumbuhan kebutuhan jalan, jalan raya dan jembatan untuk menangani intensity besar dari lalu lintas. Terlepas dari itu, terowongan adalah hasil yang dicapai bidang teknik dengan suatu prestasi luar biasa, antara lain menebus pegunungan, beberapa cadence dari jalur bawah laut. Mari kita lihat di terowongan di dunia yang memiliki keunikan dan aneh ini:

1. Terowongan Channel

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Terowongan Channel (sumber : buzzinn.net)

 

Terowongan Channel adalah sebuah terowongan rel sepanjang 50-km di bawah Selat Inggris (tepatnya di Selat Dover) yang menghubungkan Cheriton, Kent, di selatan Britania Raya, dan Coquelles, Calais di utara Perancis. Proyek berbiaya besar ini awalnya dimulai dengan beberapa kesalahan, dan akhirnya selesai dibangun pada 1994. Channel merupakan terowongan rel terpanjang kedua di dunia setelah Terowongan Seikan di Jepang. Terowongan ini dioperasikan oleh Eurotunnelplc. Chunnel - dimana Chunnel adalah kependekan dari The Channel Tunnel

Untuk mengantisipasi ancaman kebakaran, maternity perancangnya telah membangun terowongan yang lebih kecil di antara tabung utama, sebagai bagian dari jalur evakuasi.

2. Terowongan Penyelundupan

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Terowongan Penyelundupan (sumber : buzzinn.net)

 

Terletak di Tijuana, Meksiko, terowongan yang panjangnya 1000 cadence baru-baru ini ditemukan oleh maternity pejabat AS dan Meksiko. Terowongan yang digunakan untuk kejahatan ini, membawa obat-obatan terlarang. Selama beberapa tahun terakhir, sejumlah besar terowongan ilegal telah ditemukan di AS, yang berasal dari Kanada dan Meksiko. Terowongan ini menggali lebihg 860 cadence ke AS, tanpa dilengkapi dengan pencahayaan, sistem ventilasi, listrik dan bahkan lift. Drug Enforcement Agency (DEA) di Amerika Serikat, mengatakan bahwa pembangunan terowongan ini telah berlangsung selama lebih dari dua tahun.

3. Terowongan Infiltrasi

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Terowongan Infiltrasi (sumber : buzzinn.net)

 

Pada 1970-an, tiga terowongan yang berbeda ditemukan di sepanjang salah satu perbatasan fencing panas di dunia. Pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan merayap di bawah structure demiliterisasi Korea. Terowongan invasi ketiga, juga dikenal sebagai Third Tunnel of Aggression nyaris hanya 26 mil dari kota Seoul, ibukota peninsula Selatan. Terowongan rahasia ini memberi peninsula Utara keuntungan besar untuk melakukan serangan militer besar-besaran terhadap peninsula Selatan.

4. Terowongan Cu Chu

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Terowongan Cu Chu (sumber : buzzinn.net)

 

Terletak di Cu Chi, Vietnam, yang juga merupakan sebuah labirin dari terowongan raksasa, yang memainkan peran penting selama Perang Indocina Perancis dan Perang Vietnam. Ukuran terowongan ini berkisar dari 75 mil sampai 150 mil. Terowongan Cu Chi telah menjadi tujuan wisata populer dalam beberapa tahun terakhir, memungkinkan pengunjung untuk melakukan perjalanan melalui ruang-ruang sempit, memeriksa jebakan mematikan dan bahkan perjalanan menuju pusat komando bawah tanah untuk melakukan persiapan serangan.

5. Yeddo Bay Aqua-line

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Tokyo Bay Aqua-line (sumber : buzzinn.net)

 

Tokyo Bay Aqua-Line juga dikenal sebagai Trans-Tokyo Bay Highway, adalah kombinasi jembatan dan terowongan di Yeddo Bay di Jepang. Menghubungkan kota Kawasaki di Kanagawa dengan kota Kisarazu di Chiba, dan merupakan bagian dari National Route 409. Dengan panjang keseluruhan 14 km, yang termasuk sebuah jembatan sepanjang 4,4 km dan 9,6 km terowongan bawah (laut) teluk-terowongan keempat terpanjang bawah expose di dunia. Hal yang unik, tempat istirahat besar terletak di atas terowongan buatan dibangun di pintu masuk terowongan ini. Pulau ini disebut Umi-Hotaru, yang berarti “kunang-kunang laut”, dan berfungsi sebagai tempat istirahat yang terdiri dari toko dan restoran, bersama dengan dek observasi yang terlihat keluar teluk.(**)

 

Sumber: buzzinn.net, uniknya.com, Juli 2012

 


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List