Saturday, July 21, 2012

Bagaimana Cara Hidup Hemat ?



Cara Menabung dan Hidup Hemat

Ada pepatah yang mengatakan "hemat pangkal kaya", ini maksudnya apabila kita rajin menyimpan banyak uang dan hidup sederhana tidak berlebihan maka pada akhirnya kita akan dapat menikmati hasil yang membahagiakan.

Berikut ini adalah beberapa tips menabung uang yang mungkin berguna bagi anda :

Menabung di Bank Yang Terpercaya.
Menabung di bank mungkin akan memberikan kita keuntungan bunga bank atau bagi hasil usaha karena uang yang kita setorkan digunakan pihak bank untuk investasi

Simpan Uang Receh Anda Yang Tidak Terpakai.
Ketika punya banyak uang receh sebaiknya sebagian anda simpan di suatu tempat yang aman dari tangan-tangan jahil termasuk tangan jahil anda sendiri.

Jangan Menabung Uang Terlalu Banyak (Investasi).
Batasilah menabung uang dalam bentuk cash dalam tabungan biasa atau deposito agar uang yang anda miliki tidak terus berkurang nilainya dimakan waktu dan inflasi walaupun secara nilai uang anda terus bertambah dari waktu ke waktu.

Hilangkan Emosi Sesaat, Gaya Hidup Boros Dan Gengsi Anda.
Hidup sederhana adalah kunci kebahagiaan. Hidup yang terlalu glamour, penuh gengsi, suka pamer kekayaan, senang dipuja-puji orang lain, dan sebagainya hanya akan menjerumuskan anda pada kebodohan dan kemiskinan di masa mendatang. Jadilah orang yang low profil / rendah diri tetapi bila orang lain tahu kenyataan pada diri anda makan orang itu akan terkagum-kagum.

Lakukan Perencanaan Hidup Yang Matang.
Buatlah tahapan-tahapan dalam hidup anda secara mendetail serta nilai uang yang dibutuhkan untuk menggapainya seperti untuk sekolah, kuliah, mencari pekerjaan, menikah, membeli kendaraan, berobat, biaya sekolah anak, biaya makan, rekreasi, membuka usaha dan lain sebagainya. Dengan begitu anda akan semakin bijak dalam melakukan pengeluaran setelah tahu seberapa besar dana yang anda butuhkan kelak.

Jadi mau pilih mana? Masa depan sengsara atau masa depan bahagia?

Berikut Tips Hidup Hemat


1. "Setia" pada Daftar Penting membuat daftar belanjaan sebelum belanja. Tapi yang lebih penting lagi, belilah barang hanya yang ada pada daftar belanja saja!


2. Jangan Beli dalam Jumlah Banyak
Kecuali, Anda punya sebuah tempat "tersembunyi" untuk menyimpan barang-barang itu. Soalnya, membeli dalam jumlah banyak akan mengakibatkan anggota keluarga jadi boros menggunakannya.


3. Hindari kartu Kredit
Cukup miliki satu kartu kredit saja untuk kebutuhan yang mendesak.


4. Kurangi Menonton Televisi
Iklan di teve selalu saja membuat Anda tergiur. Jadi, kurangi jam menonton teve. Jangan pula membeli barang melalui pelayanan telepon atau katalog karena hanya akan membuat Anda semakin ingin membeli.


5. Hindari Belanja dengan Teman Kaya
Hindari berbelanja bersama teman yang uangnya "tak berseri" dan teman yang gaya belanjanya seperti orang kaya. Anda harus berusaha menghentikan kebiasaan membeli sesuatu yang sebenarnya tak terlalu diperlukan dan sekadar ikut-ikutan teman. Bila mengajak anak berbelanja, tetaplah sesuai anggaran.


6. Selalu Berpikir Praktis
Saat belanja, selalu tanyakan pada diri sendiri, "Apakah aku perlu barang ini?" atau "Apakah hal ini penting sekali?" Jika ya, berarti Anda telah berlaku praktis dan jujur pada diri sendiri.


7. Susun Anggaran Keuangan & Patuhi Catat semua pengeluaran sehingga Anda tahu ke mana perginya uang Anda. Tantangan yang harus dihadapi adalah menyiasati biaya "hiburan" keluarga (makan di luar, menonton bioskop, berlibur) yang cukup besar.


Kesalahan lain saat membuat anggaran adalah lupa memasukkan "pengeluaran mendesak", seperti biaya berobat ke dokter atau perbaikan mobil, biaya tahunan seperti belanja buku/alat sekolah, baju seragam sekolah, serta anggaran untuk perayaan agama semisal Lebaran atau Natal. Karena itu, cara yang terbaik adalah merencanakan anggaran sejak jauh hari.

Sumber 1
Sumber 2
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List