Friday, July 20, 2012

Cara Berhenti Merokok Total Permanen

Menghentikan Total Kebiasaan Merokok – Merokok adalah kebiasaan yang susah sekali dihilangkan.Orang yang sudah kecanduan merokok pasti merasa sulit sekali meninggalkannya barang sehari.

Jawabnya pasti susah sekali menghentikan kebiasaan merokok Total. Faktor ini seringkali dipicu karena pergaulan. “Nggak Jantan kalo nggak Merokok”. Namun jika anda perdalam lagi, apa sih kegunaan merokok ? Tidak ada gunanya. Yang ada malah menghabiskan uang saja.

Nah, bagi anda yang sudah kecanduan dengan merokok, berikut ini dijelaskan tentangCara Ampuh Untuk Berhenti Merokok Total. Cara berhenti merokok Total ini mungkin akan anda dapatkan hasil jika melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Berbagai Macam Cara Ampuh Untuk Berhenti Merokok Total :


1. Tahu alasan berhenti merokok
Jika Anda ingin berhenti dari kebiasaan merokok, Anda harus tahu alasannya. Apakah itu karena dampak buruk yang dibawa oleh rokok, ingin terlihat lebih muda atau karena ingin melindungi keluarga dari asap rokok. Pilih alasan yang sangat kuat untuk bisa mengalahkan godaan merokok.
2. Jangan anggap remeh
Mungkin Cara Berhenti Merokok terdengar mudah. Anda hanya perlu membuag semua rokok yang telah dibeli dan menahan diri untuk tak membelinya kembali. Sayangnya menghentikan kebiasaan ini tak semudah yang dikira. Sebanyak 95 persen orang yang mencoba untuk berhenti tanpa terapi atau pengobatan, akhirnya malah kembali merokok. Alasannya adalah ketergantungan yang ditimbulkan oleh nikotin. Otak menjadi terbiasa dengan nikotin dan membutuhkannya tiap saat.
3. Tanya obat resep
Untuk mempermudah mengatasi kecanduan nikotin tanpa menggunakan produk yang mengandung nikotin, tanyakan pada dokter apakah ada pil yang boleh Anda konsumsi. Ada beberapa obat yang bantu mengurangi rasa lapar dengan memengaruhi zat kimia dalam otak. Obat itu juga akan membuat Anda terpuaskan walau hanya menghisap sedikit rokok saja. Ada juga beberapa obat lainnya yang mengurangi gejala nikotin seperti depresi dan ketidakmampuan berkonsentrasi.
4. Lakukan terapi nikotin
Ketika Anda berhenti merokok, nikotin bisa membuat Anda merasa frustrasi, depresi, gelisah atau marah. Terapi pengganti nikotin bisa bantu atasi masalah ini. Studi menunjukkan permen karet nikotin dan lozenges bisa bantu melipatgandakan peluang Anda untuk berhenti dari rokok, bila dilakukan secara intensif. Namun hati-hati, penggunaan produk seperti ini sambil merokok tidak dianjurkan.
5. Minta bantuan orang terdekat
Beritahu keluarga, teman dan rekan kerja bahwa Anda sedang berusaha mencari Cara Berhenti Merokok. Bergabung dengan kelompok anti rokok atau berbicara dengan konselor juga bisa dijadikan salah satu alternatif. Dorongan mereka tentu memberikan peluang besar bagi Anda untuk segera menghentikan kebiasaan buruk ini.
6. Kontrol stres dengan benar
Salah satu alasan orang merokok adalah, nikotin bisa membantu seseorang untuk lebih rileks. Setelah berhenti merokok, Anda harus menemukan cara lain untuk mengatasi stres, misalnya dengan dipijat, mendengarkan musik santai, atau mengikuti kelas yoga. Jika mungkin, sebaiknya hindari situasi stres pada minggu pertama ketika Anda mulai berhenti merokok.
7. Hindari alkohol dan pemicu merokok lainnya
Kegiatan tertentu dapat meningkatkan keinginan Anda untuk merokok. Alkohol merupakan salah satu pemicu paling umum, jadi cobalah untuk menguranginya. Jika kopi membuat Anda ingin merokok, beralihlah pada teh selama beberapa minggu. Dan jika Anda terbiasa merokok setelah makan, temukan cara lain untuk menghindarinya misalnya seperti mengunyah permen karet atau menyikat gigi.
8. Bersihkan rumah
Setelah Anda mengisap batang rokok terakhir, buang bungkus rokok, korek api serta asbak. Cuci pakaian, bersihkan karpet, gorden, atau apapun yang terkena bau asap rokok. Gunakan penyegar udara untuk menyingkirkan aroma rokok. Anda tentu tak ingin melihat atau menyium bau yang mengingatkan Anda tentang rokok, bukan?
9. Bergerak
Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi kecanduan nikotin dan meringankan beberapa gejalanya. Bila keinginan merokok muncul, pakai sepatu olahraga Anda, dan lakukan jogging. Bahkah olahraga ringan seperti berjalan kaki ditemani hewan peliharaan, bersepeda atau berkebun juga memberikan manfaat yang berarti. Olahraga juga bisa bantu Anda menghindari kelebihan berat badan saat berhenti merokok.
10. Makan buah dan sayuran
Sebaiknya jangan lakukan diet saat Anda berusaha untuk berhenti merokok. Fokuslah untuk memakan lebih banyak buah, sayuran dan makanan rendah lemak. Menurut studi di Duke University, makanan-makanan ini membuat rokok terasa mengerikan.
Berbagai Macam Cara Ampuh Untuk Berhenti Merokok Total diatas mungkin susah anda lakukan. Namun jika anda berusaha, maka segalanya yang tidak mungkin bisa saja menjadi mungkin dan anda bisa terbebas dari rokok. Orang-orang disekeliling anda pun juga akan terbebas dari bahaya asap rokok.

Sumber


10 Cara Berhenti Merokok


berikut daftar tips berhenti merokok yang saya sadur dari situs www.quit-smoking-stop.com.

1. Stop merokok secara mendadak atau istilah sono-nya ‘cold turkey’, teknik ini seringkali dipakai banyak orang sebagai cara untuk berhenti merokok. Sebaiknya anda harus persiapkan mental untuk tantangan selama proses berhenti ini.

2. Tentukan target kapan anda akan berhenti merokok total, dan mulailah proses berhenti tadi dengan cara mengurangi konsumsi rokok secara bertahap. Misal 5 batang per hari atau bisa juga membatasi untuk merokok 1-2 jam sekali, dan frekuensinya terus dikurangi. Di sini dibutuhkan disiplin, target tangal berhenti merokok di atas harus dituruti dan tidak boleh ditawar jika anda memang benar-benar serius.

3. Berhenti merokok dengan Varenicline (Chantix atau Champix). Varenicline adalah obat yang dipakai untuk menangani kecanduan merokok dalam bentuk pil. Dengan mengkonsumsi pil ini sebelum merokok, anda tidak akan merasakan kenikmatan merokok, sehingga akan timbul penolakan dari diri anda sendiri terhadap rokok.

4. Mengikuti program konseling yang khusus diperuntukkan bagi para pecandu rokok. Coba diskusikan juga dengan dokter anda, jika anda tidak mengetahui lokasi konseling terdekat atau coba cari di internet.

5. Terapi dengan substitusi nicotin (NRT = Nicotin Replacement Therapy). Produk pengganti nikotin ini memang masih mengandung nikotin tetapi dalam jumlah yang amat kecil, yang berguna dalam menekan keinginan merokok. Produk NRT itu biasanya adalah nicotine inhaler, nicotine gum, nicotine nasal spray, nicotine lozenges dan nicotine patch.

6. Hipnotis juga bisa dipakai untuk menjadi cara berhenti merokok. Dalam kondisi terhipnotis pikiran bawah sadar anda akan muncul ke permukaan dan lebih terbuka untuk pengaruh dari luar, dalam hal ini memasukkan pikiran bahwasanya anda tidak lagi butuh rokok dan bisa jadi lebih baik tanpanya.

Hipnotis bisa dilakukan dengan memanfaatkan tenaga professional atau anda bisa juga belajar sendiri. Buku berikut cukup bermanfaat dalam mengajarkan teknik hipnotisme dan juga tersedia bersi cd audio. Judul buku bermutu ini adalah ‘Quit Smoking Today: Without Gaining Weight [With CD (Audio)] BY McKenna, Paul’

7. Memakai obat dengan merk dagang Zyban yang berdasarkan penelitian bisa menghentikan merokok pada satu dari tiga perokok dalam kurang dari satu bulan.

8. Mencari buku panduan berhenti merokok. Cari buku yang telah terbukti dan telah menjadi best selling. Saya menyarankan anda buku yang berjudul ‘The Easy Way to Stop Smoking: Join the Millions Who Have Become Non-smokers Using Allen Carr's Easy Way Method’. Buku ini merupakan best seller di Amazon.

Berikut kutipan dari buku tersebut :
Allen Carr’s innovative Easyway method—which he developed after his own 100-cigarette-a-day habit nearly drove him to despair—has helped millions kick smoking without feeling anxious and deprived. That’s because he helps smokers discover the psychological reasons behind their dependency, handle the withdrawal symptoms, avoid situations when temptation might become too strong, and stay smoke-free. Carr discusses issues such as nicotine addiction; the social “brainwashing” that encourages smoking; the false belief that a cigarette relieves stress; the role boredom plays in sabotaging efforts to quit; and the main reasons for failure. With this proven program, smokers will throw away their packs for good.
9. Beberapa produk ‘Stop Smoking Aids’ juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi cara berhenti merokok. Jenis produknya cukup banyak, herbal misalnya.

10. Beberapa alternative terapi lainnya seperti akupunktur, suntikan berhenti merokok, atau terapi laser bisa juga menjadi pilihan anda untuk menjadi cara berhenti merokok.

Dari 10 cara berhenti merokok di atas, anda bisa pilih metoda yang anda rasa sesuai dan gampang anda laksanakan.

Dan sebagai penutup adalah nasihat bagi yang muda-muda, jika anda masih baru belajar merokok, segeralah berhenti, selain berbahaya bagi kesehatan merokok itu bisa menguras kantong. Jika menunggu anda kecanduan, proses berhenti merokok menjadi proses yang sulit.

Sumber
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List