Sunday, July 22, 2012

Cara Kirim Email di Yahoo Group dan Tips Mengelola Email

Jika Anda rajin mengikuti mailing list (milis), tentu Anda kenal dengan Yahoo Groups, situs penyedia layanan milis-gratis yang paling populer saat ini. Tapi masih banyak juga orang yang belum paham bagaimana mengelola e-mail di Yahoo! Groups. Misalnya, bagaimana cara melakukan unsubscribe? Bagaimana caranya agar saya menerima satu e-mail saja perhari? Dan seterusnya.


Ada rumus tertentu yang bisa dipakai dalam pengelolaan milis di Yahoo Groups. Sebagai contoh, saya akan gunakan milis penulislepasyang saya kelola. Berikut adalah caranya:

  1. Untuk berhenti langganan, kirim email kosong ke:

    penulislepas-unsubscribe @ yahoogroups.com
  2. Anda tidak mau menerima satu email pun. Anda hanya ingin membaca pesan-pesan milis ini lewat website PenulisLepas di Yahoo Groups ( http://groups.yahoo.com/group/penulislepas )

    maka, kirimlah email kosong ke:

    penulislepas-nomail @ yahoogroups.com
  3. Anda ingin menerima satu email saja perhari, yang berisi rangkuman dari seluruh email yang masuk pada hari yang sama (untuk milis yang ramai, biasanya dalam sehari anda bisa menerima sekitar 2 - 6 rangkuman email perhari). Sistem seperti ini disebut digest.

    Caranya: kirim email kosong ke:

    penulislepas-digest @ yahoogroups.com
  4. Setelah memilih opsi 1 atau 2 atau 3 di atas, anda ingin kembali menerima email seperti biasa (setiap email yang masuk akan anda terima secara individu).

    Maka, kirim email kosong ke:

    penulislepas-normal @ yahoogroups.com
  5. Bagi anda yang belum terdaftar di milis ini, silahkan mendaftar dengan cara mengirim email kosong ke:

    penulislepas-subscribe @ yahoogroups.com
  6. Untuk mengirim pesan ke milis (agar semua anggota milis dapat membaca pesan anda), kirim email anda ke:

    penulislepas @ yahoogroups.com

    (ini adalah alamat email asli dari milis ini)
  7. Untuk menghubungi moderator milis ini, kirim email anda ke:

    penulislepas-owner @ yahoogroups.com

==============

Nah, gampang sekali, bukan? Jadi anda dapat melakukan semuanya sendirian.

Sebagai informasi penting:
  1. Dalam penulisan email yang sebenarnya, hilangkan tanda spasi di antara lambang @. Saya sengaja memberi jeda spasi, agar alamat email tersebut tidak disensor oleh Yahoo Groups *).
  2. Sebenarnya, alamat-alamat email di atas punya "rumus" yang sudah baku. Penjelasan selengkapnya dapat anda baca dihttp://www.penulislepas.com/more.php?id=92_0_1_0_M .

    Karena ada rumus baku, sebenarnya aturan di atas berlaku untuk SEMUA MILIS yang terdapat di yahoo groups. Anda tinggal mengganti nama milisnya saja.

    Misalnya: untuk berhenti langganan milis forum_lingkarpena, anda cukup mengirim email kosong ke:

    forum_lingkarpena-unsubscribe @ yahoogroups.com

    demikian pula yang berlaku pada milis-milis lain di yahoo groups.
  3. Untuk tujuan-tujuan di atas, email anda nantinya akan diproses oleh mesin (kecuali untuk poin 6 dan 7, email anda akan dibaca oleh orang-orang yang berkompeten secara manual). Jadi pada email anda, anda tak perlu mengisi isian subject, pesan email, dan seterusnya. Isi saja isian TO dengan alamat email di atas, sesuai tujuan anda. Cukup itu saja. Inilah yang disebut sebagai EMAIL KOSONG.
  4. Bagi anda yang punya account di Yahoo, Anda dapat mengelola sendiri account Anda lewat situs Yahoo Groups (http://groups.yahoo.com/ ). Ini tentu lebih mudah, dan lebih banyak pengaturan milis yang dapat anda lakukan.
  5. Untuk email yang tujuannya "berhenti langganan" dan "mendaftar jadi anggota", Anda akan mendapat konfirmasi otomatis dari yahoo groups, yang dikirim ke email Anda. Silahkan ikuti langkah-langkah yang disebutkan pada konfirmasi tersebut, agar proses pendaftaran/pengunduran diri anda berhasil.

Semoga bermanfaat.

Jika anda merasa bahwa info ini berguna bagi milis-milis lain yang anda ikuti, silahkan diforward.

Terima kasih banyak

Sumber
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List