Sunday, July 15, 2012

cara membuat daftar isi di microsoft word 2007 manual

Kita mungkin lebih sering fokus pada isi dokumen ketimbang bagian lain yang juga penting, seperti daftar isi. Sehingga bagian ini sering dikerjakan belakangan dan kadang karena diburu waktu, kita tidak sempat memperbaikinya bila ada perubahan pada dokumen.

Hal di atas sering terjadi bila membuat daftar isi secara manual. Oleh sebab itu, ganti cara manual dengan fitur yang sudah disediakan oleh Microsoft Word. Fitur ini dapat membantu membuat daftar isi dengan cepat dan seandainya ada perubahan pada nomor halaman dan judul dalam dokumen, kita dapat melakukan update daftar isi dengan beberapa perintah sederhana saja.


Langkah Pertama :
mulai ketik bagian dari  data daftar isi yang ingin kita buat, misal seperti contoh dibawah ini :

Daftar Isi

Kata Pengantar     iii
Daftar Isi     iv
BAB    1    Perangkat Lunak Pengolah Kata
A.    Program Microsoft  Word 2007     2
B.    Mengenal Bagian Program Ms-Word 2007     3
C.    Perintah dan Cara Penggunaan Ikon pada Menu Bar     6
D.    Perintah dan Cara Penggunaan Ikon pada Toolbar     12
BAB    2     Membuat Dokumen Pengolah Kata
A.    Membuat Dokumen     24
B.    Format Teks     30
C.    Edit Teks     34
D.    Format Paragraf     40
E.    Format Halaman     45
F.    Mencetak Dokumen     52
Selanjutnya kita ketik semua data mulai dari judul Daftar Isi (arahkan center dan mungkin besarkan font sizenya), kemudian bagian isi kita ketikkan Kata Pengantar beserta no halaman (iii) yang kita atur misal berjarak 5 spasi dan kita ketik semua datanya beserta no halamannya dengan jarak spasi yang sama sampai seluruh data halaman yang kita buat.
Langkah Kedua :
Lakukan perintah mengeblok kalimat data dibawah ini seperti Gambar  1
Gambar 1
Kemudian pilih menu Paragraph di tampilan menu Home, yang terletak di bawah menu View seperti tampilan Gambar 2
Gambar 2
maka tampilan menu paragraph seperti Gambar 3, selanjutnya pilih perintah Tabs (terletak dibawah sebelah kiri menu paragraph)
Gambar 3
sehingga tampilan menu Tabs setelah di pilih seperti Gambar 4
Gambar 4
Langkah Ketiga :
Lalu isikan data seperti contoh Gambar 5 dibawah ini, di menu Tabs misal isikan angka 15 di kotak pilihan Tab stop position, di kotak pilihan Aligment pilih Left (sesuai default), kemudian di kotak pilihan Leader pilih 2….. (untuk pilihan titik yang kita inginkan), akhiri pilihan dengan mengklik perintah Set dan OK
Gambar 5
Langkah Keempat :
Setelah proses tersebut kita akan kembali ke tampilan awal yang ada di Daftar Isi, kemudian letakkan kursor di belakang kalimat Kata Pengantar (persisnya di belakang huruf r) kemudian tekan tombol Tab yang ada di keyboard sekali saja seperti Gambar 6 maka hasilnya seperti contoh Gambar 6.1 yang ada dibawah ini :
Gambar 6
Gambar 6.1
dan lakukan selanjutnya perintah mengeblok untuk kalimat BAB 1 untuk data isian A. Program Microsoft Word 2007 (atau untuk data yang ada no. halamannya) seperti tampilan Gambar 7  dan selanjutnya lakukan proses Langkah ke-2 sampai Langkah ke-4 untuk seterusnya lakukan dengan cara yang sama, maka hasilnya seperti Gambar 7.1
Gambar 7
Maka hasil tampilan akhirnya akan tampil seperti Gambar 7.1 di bawah ini
Gambar 7.1
Silahkan mencoba dan semoga Tutorial membuat Daftar Isi di Ms-Word 2007 ini bisa bermanfaat buat teman-teman yang membutuhkannya sekian dan terimakasih

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List