Thursday, July 19, 2012

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami


Kolesterol tinggi menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat modern. Menurunkan kolesterol dengan obat bisa kita lakukan dengan terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter. Dan untuk menurunkan kolesterol secara alami, kita bisa mencoba dengan memakai bahan alami yang banyak terdapat di sekitar kita. Berikut ini cara menurunkan kolesterol secara alami yang mungkin akan cocok dengan anda.

Menurunkan kolesterol dengan asam Jawa

Asem jawa mempunyai nama latin Tamarindus indica L, nama lain asam jawa ini di Maluku: tobelaki (Seram), asam jawaka (Buru). Di Kalimantan: asam jawa; Sulawesi: asang jawi (Gorontalo), camba (Makasar), cempa (Bugis). Di Sumatera: bak me (Aceh), acamlagi (Gayo), asam jawa, kayu asam, asam jawa, cumalagi (Minangkabau); Jawa: tangkal asem (Sunda), acem (Madura); Nusatenggara: mengge (Bima), kamaru (Sumba), make (Flores), tobi (Solor), kenefo (Timor).
Untuk menurunkan kolesterol tinggi kita bisa menggunakan daun asam Jawa yang terdapat kandungan flavonoid, tanin dan saponin di dalamnya.
  • Bahan: daun asam jawa kira-kira seberat 150 gram sampai 200 gram dan air putih panas 1 gelas (220 ml).
  • Cara pembuatan: daun asam Jawa ditumbuk hingga halus, kemudian dicampur dengan air panas dan disaring ambil airnya saja. Air daun asam Jawa ini diminum untuk satu kali. Dalam sehari minum 3 gelas air asam Jawa.

Menurunkan kolesterol dengan belimbing manis

Belimbing manis mempunyai nama latin Averrhoa carambola L. Di daerah lain, nama belimbing manis ini adalah: di Sulawesi: lembetua (Gorontalo), lombituka gula (Buol), takule (Baree), bainang sulapa (Makasar), balireng (Bugis). Di Maluku: baknil kasluir (Kai), tototuko (Ternate), tofuo (Tidore), balibi tototuko (Halmahera). Di Sumatera: asom jorbing (Batak), balim-bing manih (Minangkabau), belimbing manis (Melayu). Di Jawa: balimbing amis (Sunda), blimbing legi (Jawa Tengah), bhalingbhing manis (Madura). Dalam belimbing manis terdapat kandungan protein, glukosa, lemak, phospor, kalsium, zat besi dan vitamin A, B, C.
  • Bahan: dua buah belimging manis yang belum matang.
  • Cara pembuatan: buah belimbing manis di hancurkan, diperas
    dan ambil airnya saja. Minum air belimbing manis ini sehari tiga kali.

Menurunkan kolesterol dengan tempuyung

Tempuyung mempunyai nama latin Sonchus arvensis L, di beberapa daerah bernama lampenas, rayana (Sunda), tempuyung (Jawa Tengah), galing, jombang, jombang lalakina, lempung. Daun tempuyung bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol karena mengandung kalium, taraksasterol, alfa lacturecol, politenol, inosetol, silika, manitol, beta lactucerol, saponin dan flavonoida.
  • Bahan : 3 lembar daun tempuyung.
  • Cara pembuatan: daun tempuyung dimakan sebagai lalap saat makan atau bisa dibuat sayur. 3 kali sehari setiap kali sedang makan.

Menurunkan kolesterol dengan Jati Belanda

Jati belanda bernama latin Guazuma ulmifolia Lamk, mengandung zat saponin,
tanin, flavonoid, alkaloid, damar dan lendir.

  • Bahan: daun jati Belanda kira-kira 20 gram dan 1 gelas air putih yang panas.
  • Cara pembuatan: daun jati Belanda di haluskan kemudian campurkan 1 gelas air panas. Dinginkan dan saring, minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Menurunkan kolestreol dengan kemuning

Kemuning mempunyai nama latin Murraya paniculata (L) Jack. Di beberapa daerah mempunyai nama: di Maluku: eschi (Wetar), fanasa (Aru), kamoni (Ambon). Di Sumatera: kemuning (Melayu), kemunieng (Minangkabau). Di Nusa Tenggara: kemuni (Bima), kemiuning (Sumba), sukik (Roti). Di Sulawesi: kamuning (Menado), kamoni (Bare), kamuning (Makasar), palopo (Bugis). Di daerah Jawa: kamuning dan di Bali: kemuning. Kandungan yang terdapat di daun kemuning adalah tanin, steroid, alkaloid dan flavonoid.
  • Bahan: daun kemuning kira-kira 20 gram, madu dan 3 gelas air putih.
  • Cara pembuatan: rebus daun kemuning dalam 3 gelas air putih, rebus hingga tersisa kira-kira 1 gelas. Minum sehari 3 kali masing-masing 1 gelas dan dicampur dengan 1 sendok makan madu.
Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk menurunkan kolestreol secara alami. Untuk bahan pertimbangan sebaiknya cari informasi dari referensi lain tentang cara menurunkan kolesterol secara alami ini.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List