Saturday, July 7, 2012

Cara Sharing Printer Dari Windows 7 Ke Windows XP

Permasalahan yang kemungkinan sering dijumpai adalah tidak bisa mengakses sharing printer di windows XP dari komputer/laptop windows 7. Dengan cara sharing biasa windows 7 memang tidak bisa mengakses sharing printer di windows XP. Perlu trik sederhana untuk bisa mencetak dokumen dari windows 7 anda. Intinya adalah seoalh-olah printer di windows XP seolah-olah menjadi printer lokal di PC windows 7.
Agar windows 7 bisa menjalankan sharing printer di windows XP, berikut langkah-langkahnya:
1. Step 1. Pastikan Printer di Windows XP sudah disharing. Jika belum disharing, segera lakukan sharing printer. Beri nama sharing printer sesuai dengan yang dikehendaki.
2. Step 2. Pastikan anda bisa melihat printer di windows XP dari komputer windows 7 anda, melalui network neighbourhood.
3. Double Click nama printer ditempat windows XP kemudian Connect. Klick Start dan click Devices and Printers.Di bagian atas, kemudian klick pada the Add a printer link.

4. Klik Next, choose Add a local printer.


5.Klik Next , Klick Create a new port and choose Local port dari list of option


6. Klik Next dan di kotak nama Port, ketik path ke printer bersama. Misalnya seperti \ \ Aseem \ HPXP, dimana Aseem adalah nama mesin XP Anda dan HPXP adalah nama bersama printer.


7. Sekarang pilih driver printer dari daftar atau mendownload driver terbaru untuk printer dan pilih Have Disk. Catatan bahwa jika Anda printer sedikit lebih tua, itu ide yang baik untuk men-download Windows 7 driver untuk printer dan klik Have Disk.


Selanjutnya Windows 7 akan memuat driver dan Anda akan dapat mencetak ke mesin XP dari Windows 7! Hal-hal utama yang harus diingat berbagi printer XP dan men-download driver terbaru untuk printer pada mesin Windows 7.
Sumber:
http://helpdeskgeek.com/windows-7/xp-to-windows-7-printer-sharing/

Cara Sharing Printer dari Windows 7 ke Client XP



Untuk sharing printer antara Komputer Server ber OS Windows 7 ke Komputer Client dengan OS Windows XP melalui Jaringan LAN sebenarnya sangat mudah dibandingkan melakukan Sharing Printer dari Server Windows XP ke Client Windows 7. namun sebelum anda sharing printer antara Windows 7 ke Windows XP, ada beberapa hal yang perlu di persiapkan serta di perhatikan pada settingan di lakukan. jelasnya simak saja tutorial berikut.
Persiapan
Karena driver windows 7 tidak compatible dengan windows xp maka sebaiknya install terlebih dahulu driver printer di komputer xp anda.
Setting pada Komputer Host/Server
Setting di Komputer Host atau Server dalam kasus ini ialah komputer yang mempunyai printer dan berjalan dengan Operating System Windows 7 dengan cara
Buka Start > Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change advance sharing setting (ada disebelah kiri). Kemudian pilih option “Turn on network discovery”, “Turn on file and printer sharing” dan “Turn off password protected sharing”
Buka Start > Device and Printers
Klik kanan pada printer yang akan di share
Pilih “Printer Properties”
Pilih tab “Sharing” dan Centang pada opsi “Share this printer”

Masih pada tab Sharing, Klik “Additionel drivers”, agar printer share bisa diakses oleh sistem operasi berbeda (missal Windows XP), maka Centang x64 dan x86

Setting pada Komputer Client
Setting di Komputer Client dalam kasus ini ialah Komputer dengan Operating System Windows XP
Buka Control Panel > Printer and Faxes > Pada tab di sebelah kiri pilih Add a Printer.

Pada window Add Printer Wizard, Klik Next

Pilih tipe printer yang akan digunakan, pilih A Network Printer, Klik Next

Pilih “Connect to this printer…” > ketik type printer di komputer OS windows 7 anda, Klik next

Klik “Yes” untuk install printer driver automatic, dan setelah itu Klik Finish
Ok sampai disini jika semuanya berjalan lancar, Sharing Printer dari Windows 7 ke XP sudah berhasil anda lakukan dan untuk memasikan tidak ada masalah silahkan lakukan ujicoba print pada komputer client dengan OS Windows XP.
http://techno.internetberitaku.com/printer-scanner/cara-sharing-printer-dari-windows-7-ke-client-xp/
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List