Tuesday, July 17, 2012

Harga Nokia Asha 202 HP Dual Sim Review dan Spesifikasi

Berbeda dengan seri Asha sebelumnya, Nokia Asha 202memiliki kemampuan dual input teks dan dual SIM. Dengan harga relatif murah, ponsel ini diharapkan menjadi primadona di kelas entry level. Ponsel ini selain memiliki tombol alfanumerik tapi juga memiliki layar touchscreen.



Nokia Asha 202

Nokia Asha 202

Desain

Nokia Asha 202 tidak dilengkapi dengan keypad QWERTY seperti Nokia Asha 302. Diluncurkan berbarengan , Nokia Asha 202 dan Nokia asha 203 adalah dua tipe ponsel dengan bentuk serta spesifikasi umum yang sama. Perbedaan keduanya terletak pada kartu SIM yang bisa ditampung didalamnya.
Tidak hanya itu saja, Nokia Asha 202 juga memiliki kemampuan easy swap untuk kemudahan berganti kartu kedua dan mampu menyimpan personalisasi sampai dengan 5 simcard di dalamnya yang menjadikan ponsel ini rekomendasi untuk penggunaan ponsel bersama.
Secara tampilan, desain Asha 202 sederhana, dan bahan casingnya didominasi oleh plastik. Keypad alfanumeriknya flat, terasa licin, dengan fontasi yang kecil.
Beruntunglah, terdapat backlight keypad yang membantu untuk pengetikan di tempat gelap. Back casing Asha 202 plastik coating doff. Apalagi bentuknya yang membulat dan handgrip sehingga nyaman di genggaman. Terdapat port charger, port micro USB, 3,5 audio port, dan tombol volume dan tombol penguncian.

Touch Type


Pengalaman membuka berbagai halaman dan menu di Nokia Asha 202 cukup menyenangkan dan tidak ditemukan kendala yang berarti. Perpindahan halaman lancar tanpa lag. Layarnya cukup respon dalam menerima sentuhan, dan ketukan jari.
Sayangnya, pengalaman ini tidak dibarengi dengan kemampuan multitouch yang menambah sensasi menyenangkan saat membuka berbagai halaman situs. Karena ukuran layarnya relative sempit, input teks tetap mengandalkan keypad alfanumerik.

Fitur Game

Meski pada kotak penjualannya Nokia Asha 202 mencantumkan gratis 40 games, akan tetapi Anda tetap harus mengambilnya sendiri di Nokia Store. Menyasar target pemula dengan membenamkan bonus menarik yaitu menyediakan sekitar 40 game bawaan keluaran EA.
Games tersebut dikatakan senilai 75 euro dan bisa diambil dari Nokia market untuk dapat dinikmati secara cuma-cuma selama 60 hari. Selain games yang harus diambil terlebih dahulu, tidak terdapat game yang sudah installed. Anda tidak punya pilihan, selain mngambil terlebih dahulu.

Internet dan Koneksi

Untuk masuk ke browser, seperti hampir semua ponsel Nokia memiliki browser bawaan yakni Nokia Browser. Proses membuka halaman situs berjalan dengan mulus dan cepat. Kita cukup add address di bookmark dan terdapat pilihan SIM yang akan digunakan, apakah SIM 1 atau SIM 2. Sayangnya, bagi Anda yang hobi update di jejaring sosial, Nokia Asha 202 tidak dilengkapi dengan shortcut  ikon ke jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Sehingga mau tidak mau kita harus masuk dari browser. Kanal data hanya mengandalkan GPRS/EDGE yang memangkas pulsa, karena ponsel ini tidak dilengkapi dengan WiFi. Bila ingin mendapatkan pengalaman lain saat browsing kita juga bisa menginstall opera mini pada Nokia Asha 202.

Kamera dan Video

Perihal mengabadikan momen, Nokia Asha 202 dilengkapi dengan kamera 2MP dan beragam settingan pun ditambahkan didalamnya. Tidak terdapat shutter button diponsel ini, kita hanya mengandalkan virtual shutter button Kualitas pengambilan gambar indoor dan outdoornya cukup detail dan tajam, terutama saat menjepret obyek  di luar ruangan. hasil foto dapat diatur dalam album foto dan timeline.

Audio


Kualitas audo playernya saat memutar beragam genre lagu cukup mumpuni dan kuat. Suara yang disemburkan tidak pecah. Tampilan audio playernya menampilkan album art, audio panel, judul dan nama artis. Sebagai alternatif, terdapat FM Radio yang didukung oleh RDS System dan FM Recording, yang dimana Anda dapat dengan mudah merekam lagu yang sedang on air.

Dual GSM on

Ponsel murah meriah ini dilengkapi kemampuan dual GSM on. Saat diuji coba melakukan panggilan melalui SIM 1 dan SIM 2 dikontak tidak terseambung alias tidak dual stand by. Saat kita ingin melakukan  panggilan dan browsing, kita akan disodorkan opsi SIM. Selain itu terdapat hotswap yang ditujukan untuk mempermudah aktivitas pengguna yang sering berganti SIM.

Kesimpulan

Kehadiran ponsel – ponsel kelas entry level yang gencar diluncurkan Nokia, sekitaranya menjadi pilihan tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan pilihan ponsel dengan harga lebih terjangkau. Fitur game, touch type, dan Dual GSM on menjadi daya tarik tersendiri bagi vendor Finlandia ini.
Untuk vendor ternama, memang belum banyak yang mengemas fitur dan desain sejenis dengan harga murah. Namun, Nokia Asha 202 memiliki pesaing di kelas lokal yang sudah banyak mengluarkan ponsel sejenmis.
Kelebihan
  • Kinerja CPU dan browser stabil untuk internetan
  • Touch Type
  • Harga terjangkau
  • Kualitas audio dan kamera tajam
  • Hotswap
  • Dual GSM
Kekurangan
  • Layar sempit, kurang lelauasa dalam operasional layar
  • Keypad alfanumerik licin
  • Tidak terdapat Wifi
  • Bonus game harus ambil sendiri.

Spesifikasi Nokia Asha 202

  • Jaringan : 2G
  • Dimensi : 114.8 x 49.8 x 13.9 mm, 91.5 cc berat 90 g
  • Layar : Toucscreen TFT ; 240 x 320 pixels, 2.4 inches (~167 ppi pixel density)
  • Memori : Card slot microSD, up to 32 GB ; Phonebook 1000 entries, Photocall ; Call records 20 dialed, 20 received, 20 missed calls ; Internal 10 MB, 32 MB ROM, 16 MB RAM
  • Kamera : 2 MP, 1600×1200 pixels
  • Fitur : Messaging SMS, MMS, Email, IM Browser WAP 2.0/xHTML, HTML, Adobe Flash Lite Radio Stereo FM radio with RDS, FM recording Games Yes GPS No Java Yes, MIDP 2.1 Colors Dark Red, Black, Silver White, Dark Grey, Golden White   – Dual SIM – SNS integration – MP4/H.264/H.263/WMV player – MP3/WAV/WMA/eAAC+ player – Organizer – Voice memo – Predictive text input.
  • Kapasitas dan Jenis baterai : Li-Ion 1020mAh (BL-5C)
Harga Nokia Asha 202 : Rp. 790.000

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List