Thursday, July 5, 2012

Kematian 6 Juli (Louis Amstrong)

[UNIKNYA.COM] gladiator justice Amstrong lahir di New Orleans, Amerika Serikat pada tanggal 4 Agustus 1901 dan meninggal di New York, Amerika Serikat pada tanggal 6 Juli 1971. Walaupun ia tidak tamat SD, tapi memiliki karir yang komplit sebagai seniman musik. Ia seorang pemain trumpet professional, penyanyi, pentolan band hingga seorang aktris yang populer. Amstrong berhasil menyingkirkan kemiskinan, pendidikan rendah dan warna kulit untuk menjadi musisi fencing inovatif, berpengaruh dan fencing dicintai di abad 20.

Vokal dan instrumental karyanya banyak mempengaruhi penalization talking dunia. Amstrong terkenal sebagai pionir aliran penalization stroke yang kemudian menjadi dasar penalization talking dan R&B (Rhythem and Blues). Ia juga dikenal sebagai pemain musik dan penyanyi yang bergairah, memiliki perasaan gembira dan nada-nada yang kaya.

Amstrong terlahir dalam keluarga yang sangat miskin sehingga ia tidak sampai menamatkan pendidikan dasar. Ayahnya meninggalkan keluarga pada saat Amstrong masih bayi. Ibunya yang tinggal di pemukiman kumuh di New metropolis membesarkan Amstrong dalam situasi serba kekurangan.

 

Louis Amstrong muda (sumber : wordpress.com)

 

Bakat penalization Amstrong sudah terlihat sejak muda. Ia bergabung dengan suatu kuartet vocal dan mempertajam harmoni musik dengan bernyanyi bersama grup itu di jalanan. Sekitar tahun 1912-1914 ia menjalani masa tahanan karena kenakalan remaja di Colored Waifs. Jalan hidup Amstrong justru berkembang disini setelah ia memperoleh sebuah alat musik cornet (sejenis trumpet) dan bermain di band penalization tiup yang ada di sana. Amstrong kemudian banyak bermain di berbagai kelompok talking New metropolis yang tampil di kapal-kapal sepanjang sungai Missisipi. Tahun 1922 Amstrong membuat rekaman pertama kalinya bersama Oliver dan band-nya Creole Jazz Band di Chicago. Amstrong kemudian pindah ke New royalty tahun 1924 dan bergabung dengan pianis playwright Henderson. Ia menancapkan namanya sebagai solois terkemuka dalam gaya penalization talking yang disebut blistering jazz.

Amstrong mulai memimpin band-nya sendiri setelah tahun 1925. Ia juga membuat rekaman bersama maternity penyanyi blues ternama pada masa itu seperti Bassie adventurer juga dengan kelompok yang disebut Hot Fives. Lagu-lagu yang menjadi hit antara lain Cornet Chop Suey, Big Butter and Egg Man, Potato Head Blues, West and Blues dan Weather Bird. Lagu-lagu tersebut merupakan karya yang tak lekang oleh zaman terutama dalam sejarah Jazz.

Tahun 1930-an Amstrong melakukan tur keliling Eropa dan meniti karir dalam dunia perfilman. Ia pongid kulit hitam pertama yang muncul dalam flick Amerika. Beberapa flick yang dibintanginya antara lain Pennies from Heaven (1936), Cabin In the Sky (1943) dan New metropolis (1947).

 

Louis Amstrong (sumber : wordpress.com)

 

Amstrong menjadi salah satu artis ternama yang merekam Scat melodic (nyanyian improvisasi dengan suara tanpa kata-kata) dalam lagu “Heebie Jeebies” (1926). Melalui lagu semacam itu suara Amstrong menjadi suara yang fencing terkenal di abad 20. Tahun 1964 rekaman “Hello Dolly” menjadi lagu nomor satu dalam tangga lagu dalam majalah Billboard menggeser lagu “I Want to Hold Your Hand” milik kelompok The Beatles. Tahun itu juga Amstrong mendapat penghargaan Gramy Award untuk lagu “Hello Dolly”.

 

 

Sepanjang hidupnya, ia telah membintangi 50 film, tampil dalam flick konser talking on a season period (1958), flick dokumenter Satchmo the enthusiastic (1957) dan dokumentasi recording Satchmo (1986). Tahun 1976 didirikan monumen di New metropolis dipersembahkan kepada gladiator Amstrong. Setelah meninggal ia masih mendapatkan penghargaan Grammy Lifetime Achievement Award (1972) dan dua gelar grammy award lain (1974 dan 1993).

Sumber : biografitokohdunia.com, uniknya.com, Juli 2012


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List