Tuesday, July 17, 2012

Tips Sukses Cara Menghadapi MOS/ OSPEK



MOS dan OSPEK memang menjadi momok siswa baru tiap kali memasuki sekolah barunya. Tampaknya ini sudah menjadi budaya dimana pada ‘masa kritis’ ini kakak kelas mem-bully adik kelasnya :D . Secara pribadi saya juga tidak menyukai MOS dan OSPEK tapi apalah wewenang saya… :) . Untuk beberapa daerah memang MOS dan OSPEK sudah ditiadakan, jadi artikel ini hanya menyasar ke daerah-daerah yang masih menerapkannya.. Nah di sini saya akan membagikan sebagian tips dan trik dari saya (berdasarkan pengalaman pribadi) untuk menghadapi MOS dan OSPEK secara aman.
  • Tidur tidak lewat jam 11 malam, bangun tidak lewat dari jam 4.30. Ini terutama berlaku untuk yang ikut MOS/OSPEK keras (banyak tugas + hukuman).
  • Sarapan pagi dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Kalau perlu, minum juga multivitamin dan obat penambah darah agar tidak pingsan. Tapi ingat, jangan kekenyangan!
  • Jangan kelewatan kalau disuruh mencari barang. Kalo tidak dapat barang yang disuruh, biarkan saja. Palingan cuma dihukum sebentar.
  • Disuruh mencari barang yang ditunjukkan dengan teka-teki? Di sini kamu perlu berpikir kreatif. Disuruh mencari air botol yang mereknya langka? Beli 1 air botol biasa, cabut stiker kemasannya, tempelkan kertas yang ukurannya disesuaikan, tulisi dengan merek yang dibutuhkan. Disuruh mencari pisang coklat? Beli roti isi pisang coklat, makan rotinya, sisakan pisangnya. Disuruh mencari tutup botol madu yang langka? Tanyakan dulu dengan teman, apakah tutup botol madu itu polos atau tidak, ada gambar/tulisan mereknya atau tidak, dan warnanya apa. Jika tutup botol itu polos, warnanya monoton (biasanya kuning), dan tidak bergambar/bermerek, segera cari tutup botol yang mirip di apotik atau tempat lain yang memungkinkan.
  • Utamakan kekompakan. Meskipun kamu benar tapi temanmu salah, sebagai tim kamu tetap salah. Lebih baik semua orang salah biar satu rasa. Hukuman pun terasa lebih ringan.
  • Untuk di beberapa tempat, saat MOS kamu disuruh membuat buku. Kamu harus mengisi buku polos dengan konten yang macem-macem dan ukurannya harus pas. Trik: kamu buat 10 halaman awal dan 10 halaman akhir. Jika ada waktu baru lengkapi bagian lain.
  • Utamakan kreativitas dan maksimalkan kesempatan dalam kesempitan. Salah satu contohnya: bawa roti dan air minum selalu dalam tas. Usahakan kemasannya mudah dibuka dan ditutup. Segera minum (kalau bisa, makan) kalau ada kesempatan (saat kakak kelas tidak memperhatikanmu).
  • Tetap tenang dan sabar jika dimarahi karena pada kenyataannya semua siksaan/makian yang kamu terima adalah AKTING. Faktanya, sering kali kakak kelas yang memarahimu di lapangan atau di kelas akan tertawa terbahak-bahak di depan teman-temannya karena kehebatan aktingnya. Bahkan, pada beberapa peristiwa ada juga kakak kelas yang menangis karena tidak tega telah memarahi adik kelas. So, it’s just an act. Mereka memarahimu karena itu adalah tugas dan keterpaksaan mereka.
  • Masih terkait poin di atas, kamu akan tahu bahwa tidak ada gunanya terlalu takut pada ancaman kakak kelas. Jika mereka mengancammu dengan ini itu, katakan “ya” dulu di depan dia, lalu pikirkan secara matang di rumah apakah kata-katanya itu cukup logis dan dapat diterima. Kamu bisa bertanya pada kakakmu untuk masalah ini. Jika ternyata ancamannya itu cuma ancaman kosong, lupakan saja!
  • Jangan takut, dan jangan terlalu berani dengan kakak kelas. Jika kamu takut, kamu akan terus dikerjai oleh kakak kelas. Jika kamu terlalu berani, kamu akan mendapat masalah lebih parah daripada orang penakut. Kamu akan dimusuhi, bukan hanya dikerjai.
Nah, sekian dulu tips dari saya, semoga bermanfaat :D

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List