Wednesday, July 4, 2012

Unik Dan Menarik - Sejarah Gitar Listrik

Unik Dan Menarik - Sejarah Gitar Listrik


Sejarah Gitar Listrik

Posted: 04 Jul 2012 09:00 AM PDT

Gitar listrik awalnya didisain oleh pembuat gitar, pencinta elektronika dan pabrikan alat-alat musik. Inovator gitar Les Paul mengadaptasi instrumen hollow bodied dengan memakai tungsten pickup, gitar jenis ini mulai diproduksi oleh Electro String Instrument Corporation di tahun 1932. Disain pertama mereka dibuat oleh Harry Watson, seorang ahli yang bekerja di Electro String Company.Gitar baru tersebut dinamai "Rickenbacker" oleh perusahaan dan menjadi yang pertama di jenisnya. Dokumentasi pertama penampilan dengan gitar listrik adalah tahun 1932 oleh seorang gitaris dan bandleader Gage Brewer. Brewew mempublikasikan instrumen barunya dalam sebuah artikel di Wichita Beacon pada 2 oktober 1932 dan terus tampil dalam bulan tersebut. Perekaman pertama dengan gitar listrik dibuat oleh pemain-pemain Hawaiian Style seperti Andy Iola di awal tahun 1933. Alvino Rey adalah seniman yang membawa instrumen ini ke penikmat yang lebih luas dalam suatu settingan orkestra besar, kemudian mengembangkan gitar dengan pedal besi untuk Gibson Ediie Durham memperkenalkan instrumen gitar listrik spanish kepada seorang pemuda yang bernama Charlie Christian yang membuat instrumen tersebut terkenal dalam perjalanan hidupnya dan secara umum dikenal sebagai gitar listrik pertama dan juga membawa pengaruh yang besar ke dalam musik jazz sampai dekade selanjutnya. Perekaman pertama gitar listrik spanish adalah di Dallas September 1939, dalam sebuah session oleh Roy Newman and His Boys sebuah band Western Swing. Sang gitaris Jim Boyd memakai gitar listriknya sepanjang perekaman 3 buah lagu salah satunya "Corrine, Corrina". Awal-awalnya pabrikan gitar meliputi:

* Rickenbacker di tahun 1932
* Dobro tahun 1933
* National, Audio Vox dan Volu-Ton tahun 1934
* Vega, Epiphone, dan Gibson tahun 1936
* dan banyak lagi sejak tahun 1936.
Versi instrumen yang paling dikenali saat ini adalah Solid Bodied Electric Guitar atau gitar listrik berbodi padat, yang terbuat dari kayu padat tanpa ruang udara di bodinya. Rickenbacker menawarkan sebuah gitar listrik dengan cetakan aluminium yang dijuluki The Frying Pan atau The Pancake Guitar. Dikembangkan tahun 1931 dan mulai diproduksi dimusim semi 1932, gitar ini menghasilkan suara yang modern dan agresif. Perusahaan Audio Vox membuat dan mungkin sudah menawarkan gitar solid body di pertengahan 1930. Sebuah gitar padat lainnya didisain oleh seorang musisi dan penemu Les Paul di awal 1940, dia bekerja paruh waktu di Epiphone Guitar. Gitar Log Guitarnya telah dipatenkan dan sering dianggap sebagai yang pertama di jenisnya.
 
sumber

Fakta Terselubung The Amazing Spider-Man

Posted: 04 Jul 2012 08:00 AM PDT

Film The Amazing Spider-Man mulai diputar hari ini, bintangnya bukan lagi Tobey Maguire dan Kirsten Dunst melainkan Andrew Garfield dan Emma Stone. Dengan dua pemeran berbeda, apakah "New Spiderman" ini menampilkan perbedaan-perbedaan lainnya?

Pertama, kita lihat dulu sinopsis The Amazing Spider-Man sebelum membahasnya lebih lanjut.

Cerita bermula dari orang tua Peter Parker yang mendadak pergi dan menitipkan Peter kecil bersama Paman Ben (Martin Sheen) dan Bibi May (Sally Field), hingga Peter beranjak remaja. Selama ini hanya tahu ayahnya seorang ilmuwan, suatu hari Parker menemukan dokumen misterius sang ayah hingga ia memutuskan bertemu dengan Dr. Curt Connors, mantan rekan kerja ayahnya, sosok penting di laboratorium Oscorp yang mahacanggih.

Kita tahu, di situ Parker terkena gigitan laba-laba yang kemudian mengubahnya menjadi manusia superkuat, supercepat dan……superlengket. Parker, yang sedang tertarik pada kawan sekolahnya, Gwen Stacy (Emma Stone), memasuki dua dunia baru pada saat yang bersamaan: jatuh cinta dan menjadi superhero pembela kebajikan. Ia kelabakan saat ayah Stacy adalah kapten polisi yang gemas membasmi Spider-Man, karena menganggapnya mengganggu masyarakat.

Masalah tambah gawat saat Dr. Connors kelewat nafsu 'memperbaiki' diri dan umat manusia. Ia mengutak-atik cairan ajaib, berubah wujud menjadi The Lizard, manusia kadal seukuran gedung 30 lantai, dan menebar bahaya.
Trailer
Nah, bila pada Spiderman 1,2, dan 3 Peter Parker (Tobey Maguire) setia dengan kisah cintanya pada Mary Jane Watson a.k.a. MJ, di film terakhir Parker (Andrew Garfield) memilih berpaling pada Gwen Stacy.

Perbedaan kedua, bila dulu lebih terpusat pada kehidupan semasa kuliah dan awal kerja, maka kini lebih bercerita tentang masa muda Peter Parker yang ternyata menyimpan banyak hal mengejutkan.

Sekarang soal kostum. Warna kostum yang dikenakan Andrew sepertinya memang lebih cerah dibanding kostum yang dikenakan Tobey. Namun desain yan cool pada kostum Tobey terbukti mampu membuatnya tampak lebih maskulin.

Lihat foto Spiderman ala Andrew dan Maguire di bawah ini, mana yang lebih keren menurutmu.
buzzsugar.com


Fakta Soal Andrew
filmofilia.com

1.  Andrew Garfield adalah penggemar seumur hidup Spider-Man. Ia ingat foto lama pada usia 3 tahun sedang berpakaian sebagai Spider-Man untuk Halloween.

2. Andrew Garfield berusaha membuat tubuhnya lebih berotot dengan pelatih pribadi Armando Alarcon. Ia melakukan latihan enam hari seminggu selama enam bulan untuk mempersiapkan peran Spider-Man. 
Garfield juga bekerja sama dengan koordinator aksi Andy Armstrong dan timnya, melakukan gerakan di trampolin, keterampilan bermain basket, bela diri, senam, parkour, serta keterampilan skateboard. Andy Armstrong dan tim stunt-nya membuat kamp pelatihan di sebuah gudang dekat Sony Studios Pictures.

3. Desainer kostum Kym Barret berkolaborasi dengan sutradara Marc Webb untuk mewujudkan visinya dalam setelan Spider-Man untuk mencerminkan siluet, lebih ramping dan atletis. Mungkin itu yang jadi alasan mengapa "New Spiderman" ini lebih terlihat ramping, ya.

 
Fakta Soal Gwen
Gwen dan MJ, pilih mana?/comicbookmovie.com

1. Kok bisa muncul karakter Gwen Stacy? Ya, karakter tersebut sebenarnya sudah ada dalam komik aslinya, muncul dalam komik edisi Desember 1965 berjudul 'The Amazing Spider-Man # 31. Gwen jadi "first love"-nya Peter Parker, dan bukan MJ.

2. Gwen Stacy bertugas sebagai karyawan magang Dr Connors di OsCorp, sehingga Emma Stone (pemeran Gwen) melanjutkan kunjungan lapangan di laboratorium bersama dengan Rhys Ifans. Dua aktor tersebut menghabiskan waktu mengamati penelitian ilmiah pada regenerasi axolotl. Axolotl adalah sejenis salamander yang terkenal karena kemampuan mereka untuk menumbuhkan kembali anggota badan dan bahkan bagian-bagian dari otak dan tulang belakang.



Fakta Soal The Lizard
The Lizard/screenrave.com

1. The Lizard, salah satu musuh paling hebat Spider-Man, pertama muncul tahun 1963 di komik Marvel 'The Amazing Spider-Man' # 6.

2. Untuk memerankan Dr Connors alias The Lizard, Rhys Ifans belajar untuk menyelesaikan berbagai tugas dengan satu tangan terikat di belakang punggungnya. Ia menjadi cukup terampil mengikat dasi, membuat kopi dan tugas lainnya hanya menggunakan satu tangan.
3. Kerangka reptil mengerikan dan aksesoris lain yang terlihat di Connors Lab dan kantor OsCorp berasal dari dua toko di Los Angeles, Necromance dan Dapper Cadaver

Fakta Amazing Lainnya
digaleri.com


1. The Amazing Spider-Man mempekerjakan lebih dari 1.000 orang. Set film ini menduduki tujuh tahap di Sony Studios.

2. 56 kostum Spider-Man diciptakan untuk film, termasuk 17 baju untuk Andrew Garfield serta untuk pemeran penggantinya. Andrew Garfield butuh 20 menit untuk mengenakan setelan Spider-Man. Itu pun sudah dibantu oleh seorang asisten.

3. Lensa untuk masker Spider-Man dibuat custom, dengan lensa berwarna biru optik dan emas dengan segi enam pola cermin dicetak di atas. Untuk mengurangi refleksi, diberikan lapisan khusus.

4. Set OsCorp Lab, salah satu set terbesar yang dibangun untuk film ini. Memakan waktu tiga bulan untuk membangun laboratorium tersebut.

5. Tikus di Lab OsCorp sebenarnya mainan kucing. Ada sekitar 200-an, dan anggota kru harus menghapus setiap telinga tikus yang berwarna pink neon.

6. Perpustakaan sekolah tempat pertempuran sengit dibuat terpisah dan terdiri dari hampir 3.000 kaki buku palsu, dibuat dari buku nyata yang mencakup sisipan styrofoam daur ulang.



12 Kaum yang Dibinasakan Allah

Posted: 04 Jul 2012 07:00 AM PDT

Dalam Alquran, banyak sekali diceritakan kisah-kisah umat terdahulu yang telah dibinasakan oleh Allah karena mereka mengingkari utusan-Nya dan melakukan berbagai penyimpangan yang telah dilarang. Berikut adalah kaum-kaum yang dibinasakan.

1. Kaum Nabi Nuh
Nabi Nuh berdakwah selama 950 tahun, namun yang beriman hanyalah sekitar 80 orang. Kaumnya mendustakan dan memperolok-olok Nabi Nuh. Lalu, Allah mendatangkan banjir yang besar, kemudian menenggelamkan mereka yang ingkar, termasuk anak dan istri Nabi Nuh (QS Al-Ankabut : 14).


2. Kaum Nabi Hud
Nabi Hud diutus untuk kaum 'Ad. Mereka mendustakan kenabian Nabi Hud. Allah lalu mendatangkan angin yang dahsyat disertai dengan bunyi guruh yang menggelegar hingga mereka tertimbun pasir dan akhirnya binasa (QS Attaubah: 70, Alqamar: 18, Fushshilat: 13, Annajm: 50, Qaaf: 13).


3. Kaum Nabi Saleh
Nabi Saleh diutuskan Allah kepada kaum Tsamud. Nabi Saleh diberi sebuah mukjizat seekor unta betina yang keluar dari celah batu. Namun, mereka membunuh unta betina tersebut sehingga Allah menimpakan azab kepada mereka (QS ALhijr: 80, Huud: 68, Qaaf: 12).


4. Kaum Nabi Luth
Umat Nabi Luth terkenal dengan perbuatan menyimpang, yaitu hanya mau menikah dengan pasangan sesama jenis (homoseksual dan lesbian). Kendati sudah diberi peringatan, mereka tak mau bertobat. Allah akhirnya memberikan azab kepada mereka berupa gempa bumi yang dahsyat disertai angin kencang dan hujan batu sehingga hancurlah rumah-rumah mereka. Dan, kaum Nabi Luth ini akhirnya tertimbun di bawah reruntuhan rumah mereka sendiri (QS Alsyu'araa: 160, Annaml: 54, Alhijr: 67, Alfurqan: 38, Qaf: 12).


5. Kaum Nabi Syuaib
Nabi Syuaib diutuskan kepada kaum Madyan. Kaum Madyan ini dihancurkan oleh Allah karena mereka suka melakukan penipuan dan kecurangan dalam perdagangan. Bila membeli, mereka minta dilebihkan dan bila menjual selalu mengurangi. Allah pun mengazab mereka berupa hawa panas yang teramat sangat. Kendati mereka berlindung di tempat yang teduh, hal itu tak mampu melepaskan rasa panas. Akhirnya, mereka binasa (QS Attaubah: 70, Alhijr: 78, Thaaha: 40, dan Alhajj: 44).

Selain kepada kaum Madyan, Nabi Syuaib juga diutus kepada penduduk Aikah. Mereka menyembah sebidang padang tanah yang pepohonannya sangat rimbun. Kaum ini menurut sebagian ahli tafsir disebut pula dengan penyembah hutan lebat (Aikah) (QS AlHijr: 78, Alsyu'araa: 176, Shaad: 13, Qaaf: 14).


6. Firaun
Kaum Bani Israil sering ditindas oleh Firaun. Allah mengutus Nabi Musa dan Harun untuk memperingatkan Firaun akan azab Allah. Namun, Firaun malah mengaku sebagai tuhan. Ia akhirnya tewas di Laut Merah dan jasadnya berhasil diselamatkan. Hingga kini masih bisa disaksikan di museum mumi di Mesir (Albaqarah: 50 dan Yunus: 92).


7. Ashab Al-Sabt
Mereka adalah segolongan fasik yang tinggal di Kota Eliah, Elat (Palestina). Mereka melanggar perintah Allah untuk beribadah pada hari Sabtu. Allah menguji mereka dengan memberikan ikan yang banyak pada hari Sabtu dan tidak ada ikan pada hari lainnya. Mereka meminta rasul Allah untuk mengalihkan ibadah pada hari lain, selain Sabtu. Mereka akhirnya dibinasakan dengan dilaknat Allah menjadi kera yang hina (QS Al-A'raaf: 163).


8. Ashab Al-Rass
Rass adalah nama sebuah telaga yang kering airnya. Nama Al-Rass ditujukan pada suatu kaum. Konon, nabi yang diutus kepada mereka adalah Nabi Saleh. Namun, ada pula yang menyebutkan Nabi Syuaib.

Sementara itu, yang lainnya menyebutkan, utusan itu bernama Handzalah bin Shinwan (adapula yang menyebut bin Shofwan). Mereka menyembah patung. Ada pula yang menyebutkan, pelanggaran yang mereka lakukan karena mencampakkan utusan yang dikirim kepada mereka ke dalam sumur sehingga mereka dibinasakan Allah (Qs Alfurqan: 38 dan Qaf ayat 12).


9. Ashab Al-Ukhdudd
Ashab Al-Ukhdud adalah sebuah kaum yang menggali parit dan menolak beriman kepada Allah, termasuk rajanya. Sementara itu, sekelompok orang yang beriman diceburkan ke dalam parit yang telah dibakar, termasuk seorang wanita yanga tengah menggendong seorang bayi. Mereka dikutuk oleh Allah SWT (QS Alburuuj: 4-9).


10. Ashab Al-Qaryah
Menurut sebagian ahli tafsir, Ashab Al-Qaryah (suatu negeri) adalah penduduk Anthakiyah. Mereka mendustakan rasul-rasul yang diutus kepada mereka. Allah membinasakan mereka dengan sebuah suara yang sangat keras (QS Yaasiin: 13).


11. Kaum Tubba'
Tubaa' adalah nama seorang raja bangsa Himyar yang beriman. Namun, kaumnya sangat ingkar kepada Allah hingga melampaui batas. Maka, Allah menimpakan azab kepada mereka hingga binasa. Peradaban mereka sangat maju. Salah satunya adalah bendungan air (QS Addukhan: 37).


12. Kaum Saba
Mereka diberi berbagai kenikmatan berupa kebun-kebun yang ditumbuhi pepohonan untuk kemakmuran rakyat Saba. Karena mereka enggan beribadah kepada Allah walau sudah diperingatkan oleh Nabi Sulaiman, akhirnya Allah menghancurkan bendungan Ma'rib dengan banjir besar (Al-Arim) (QS Saba: 15-19).
 
 

9 Juli, hari kiamat internet

Posted: 04 Jul 2012 06:00 AM PDT

Mungkinkah tanggal 9 Juli mendatang semua jaringan internet dunia akan mati total, apa dan mengapa?

zapp5.staticworld.net


Menurut Msn.com, FBI menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas penonaktifan internet pada tanggal 9 Juli mendatang. FBI menyebut hari tersebut dengan sebutan Internet Doomsday atau hari kiamat internet.

Ada apa gerangan? Hal tersebut dikarenakan laporan sebuah serangan trojan yang akan menyapu bersih semua jaringan internet dunia seperti tsunami. Trojan yang bernama DNSCharger Trojan tersebut merupakan ciptaan dari cybercriminal dari Estonia. Trojan ini akan menginfeksi semua PC berbasis Windows dan Mac serta merusak router yang terhubung dengan internet.

Sekarang ini menurut catatan Internetidentity.com, terdapat 4 juta komputer dan router yang terhubung dengan internet. DNSCharger Trojan juga pernah melumpuhkan kurang lebih 500 ribu PC dan Mac di tahun 2007 silam.

Antisipasi terbaik memang memutus segala koneksi komputer atau gadget dari internet pada tanggal 9 mendatang. Walau beredar kabar lain bahwa kabar ini hanya isu belaka. Namun, tak ada salahnya waspada.

Cara lain seperti yang disarankan FBI adalah melakukan tiga langkah antisipasi, yakni:

1. Memeriksa semua pengaturan di dalam komputer.
2. Menggunakan atau mengaktifkan antivirus terbaik di dalam perangkat komputer
3. Memeriksa sistem dalam komputer yang terhubung dengan internet

Jangan sampai lupa, ya...

Tambang Garam Tua yang Indah di Polandia

Posted: 04 Jul 2012 05:00 AM PDT

Menurut hikayat, seorang putri dari Hungaria dilamar oleh Raja Krakus (Cracow/Krakow) dari Polandia. Secara historis Krakus tercatat memerintah di awal abad 12. Nah, sebagai hadiah pernikahan, putri Hungaria, Kinga, meminta hadiah tambang garam pada ayahnya.

Seiring perjalanannya, pada awal 1900-an, Kapel Kinga dibangun di dalam tambang. Ini merupakan sebuah ruangan yang penuh dengan relief Alkitab (Gospel/Injil) berukuran besar.
 

Sejak itu, selama berabad-abad tambang garam tini terus beroperasi (sejak abad ke-13) dan merupakan salah satu tambang garam tertua di dunia yang masih beroperasi. Sementara, yang tertua ada di Bochnia, Polandia, 20 kilometer dari Wieliczka yang telah ditambang sejak masa prasejarah.

Luas keseluruhan tambang ini mencapai 200 km persegi, dan terdiri dari tujuh level. kedalamannya lebih dari 198 meter di bawah permukaan tanah dan terdiri dari ruang-ruang galian yang berjumlah 2000 buah. Tambang yang terletak 68 - 237 meter di bawah kota Wieliczka ini memiliki 9 lantai.

Kini, tambang garam tersebut menjadi tempat wisata yang menakjubkan. Bila kita berkunjung ke sana akan melihat jalur untuk turis sepanjang 3 km, dimulai di level pertama.

Untuk sampai ke situ, pengunjung harus menuruni 380 anak tangga. Pengunjung tak perlu risau dengan tangga tersebut karena sudah diperbarui dan terbuat dari kayu kokoh yang solid.

Selama berabad-abad, para penambang telah membentuk tradisi ukiran patung dari garam batu asli. Pada abad ke-19, lampu kristal raksasa yang terbuat dari garam dipasang untuk menerangi kompleks bawah tanah ini. Dengan mendapat penerangan yang memadai, ukiran dan monumen garam yang ada di dalam gua terlihat indah. Hal inilah yang menjadikan tambang garam Wieliczka terkenal di wilayah Eropa.

Suhu udara dalam tambang mencapai 13 hingga 14 derajat celsius. Selain bongkahan garam yang dipahat menjadi lorong dan ruangan-ruangan, konstruksi tambang disokong oleh kayu timber. Di sana sini tampak juga rel kecil, yang menjadi jalur gerobak dan kereta pengangkut garam.
Wieliczka di Polandia adalah lambang kemajuan teknologi manusia. Namun bukan hal ini saja yang membuat tambang garam ini terkenal karena para penambang perlahan-lahan telah mengubah sebuah gua yang gelap menjadi lokasi kerajaan megah.

Saat ini, wisatawan dari seluruh dunia akan dipandu melalui labirin terowongan tambang yang aneh, dengan patung rinci yang indah, kapel, dan bahkan restoran.


Jenis-jenis Bunga Sakura

Posted: 04 Jul 2012 04:00 AM PDT

Bunga Sakura adalah bunga yang paling banyak dijumpai di Jepang sekaligus menjadi bunga nasionalnya. Asal-usul kata "sakura" adalah kata "saku" (bahasa Jepang untuk "mekar") ditambah akhiran yang menyatakan bentuk jamak "ra". Dalam bahasa Inggris, bunga sakura disebut cherry blossoms. 
 

Warna bunga tergantung pada spesiesnya, ada yang berwarna putih dengan sedikit warna merah jambu, kuning muda, merah jambu, hijau muda atau merah menyala.


Bunga digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan susunan daun mahkota:
  1. bunga tunggal dengan daun mahkota selapis
  2. bunga ganda dengan daun mahkota berlapis
  3. bunga semi ganda

Pohon sakura berbunga setahun sekali. Jenis bunganya beragam hingga 300 macam,beberapa misalnya:


1. YAMA ZAKURA
Ini adalah bunga sakura orisinil (asli), sebelum dilakukan berbagai hasil persilangan yang jenisnya sekarang mencapai 300 varities.



2. OSHIMA SAKURA
Walau terkesan sama2 berwarna putih seperti Yamazakura, namun bila dilihat dengan seksama banyak sekali perbedaannya.





3. SURUGA DAI NIOI ZAKURA



4. SOMEI YOSHINO



5. KOTO HIRA ZAKURA



6. ICHI HARA TORA NO'O



7. AMERIKA SAKURA



8. MIKURUMA GAISHI



9. EDO SAKURA



10. ICHIO SAKURA



11. CHOSYU HIZAKURA



12. MATSUMAE HAYAZAKI SAKURA



13. BAIGOZI JUZU KAKE SAKURA



14. KANZAN ZAKURA



15. FUGENZO SAKURA



16. KENROKUEN KIKU ZAKURA



17. SHOGETSU SAKURA



18. GYOIKO



19. KANHI ZAKURA
Pohon-pohon Sakura waktu mekarnya berbeda-beda di tiap wilayah. Di pulau Honshu, kuncup bunga sakura jenis someiyoshino mulai terlihat di akhir musim dingin dan bunganya mekar di akhir bulan Maret sampai awal bulan April di saat cuaca mulai hangat.
 
Sakura jenis someiyoshino mekar mulai dari Okinawa di bulan Februari, dilanjutkan di pulau Honshu bagian sebelah barat, sampai di Tokyo, Osaka, Kyoto pada sekitar akhir Maret sampai awal April, lalu bergerak sedikit demi sedikit ke utara, dan berakhir di Hokkaido di saat liburan Golden Week.

Setiap tahunnya pengamat sakura mengeluarkan peta pergerakan mekarnya bunga sakura someiyoshino dari barat ke timur lalu utara yang disebut sakurazensen. Dengan menggunakan peta sakurazensen dapat diketahui lokasi bunga sakura yang sedang mekar pada saat tertentu.



Sakura Dalam Kuliner
  • Daun dan bunga sakura yang sudah direndam di dalam air garam (shiozuke) dimanfaatkan untuk bahan makanan karena wanginya yang harum. 
  • Sakura mochi adalah kue moci yang dibungkus daun sakura. Ada juga es krim dan kue kering rasa bunga sakura. 
  • Teh bunga sakura umumnya diminum pada kesempatan istimewa seperti pesta pernikahan. 

Tahu Strategi Perang Raja di Jawa

Posted: 04 Jul 2012 03:00 AM PDT

Apakah raja-raja di Nusantara, khususnya Jawa jaman dulu punya strategi perang? Apakah saat berperang sang mahapatih perang menyusun formasi buat pasukannya? Bila ya, seperti apa?

Ternyata dari data prasasti masa Jawa Kuno, sejak era Kerajaan Mataram Kuno sekitar abad 7 dan 8 mencatat banyak terjadi peperangan. Apalagi ketika Majapahit berkuasa di abad ke-16.

 
 Ilustrasi Perang/pernakpernik.net

Berbicara mengenai perang maka tidak terlepas dari strategi perang yang dipakai dalam suatu peperangan. Kata strategi itu sendiri berasal dari bahasa Yunani strategos, yang secara sempit dirumuskan sebagai "seni seorang jenderal". Istilah itu muncul karena pada mulanya strategi berkaitan dengan siasat militer bagaimana seorang jenderal berusaha mengelabui musuh, dan membagi-bagi pasukannya dalam perang.

Dalam teori perang, strategi dan taktik umumnya ditempatkan dalam dua kategori yang berbeda. Dua bidang ini secara tradisional dirumuskan menurut dimensi yang berbeda. Strategi berkenaan dengan ruang yang luas, jangka waktu yang lama, serta gerak militer besar-besaran; sedangkan taktik merupakan aplikasi dari strategi.

Dengan demikian, strategi diartikan prelude (pendahuluan) sebelum terjun ke medan pertempuran, sedangkan taktik adalah kegiatan di medan perang.

Dari kesusateraan Jawa Kuno terdapat bukti bahwa orang pada masa itu telah mengenal strategi perang, antara lain dari kakawin Bhāratayūddha, yang ditulis oleh Mpu Sedah dan Mpu Panuluh pada masa pemerintahan Jayabhaya dari Kerajaan Kadiri pada tahun 1019 Śaka (1157 M.)

Kakawin ini menuliskan tentang bermacam-macam jenis byūha/wyūha (strategi perang) yang dilakukan oleh Pandawa dan Kurawa dalam peperangan yang langsung berhadapan dengan musuh atau serangan frontal.

Jenis-jenis wyūha yang terdapat dalam kakawin Bhāratayūddha (Wiryosuparto 1968:31–40):

Wajratiksna wyūha (kiri) dan wukir sagara wyūha (kanan)

Garuda wyūha
Makara wyūha & cakra wyūha

Padma wyūha
Ardhacandra wyūha
Kānana wyūha


Strategi perang tersebut bersumber dari kesusasteraan India (Arthasastra), karena pengaruh Hindu sangat kental saat itu.  Pada perkembangannya kemudian, saat VOC masuk Indonesia meneliti strategi dan taktik perang raja-raja Jawa. Kesimpulannya adalah:

1. Penyerbuan secara tiba-tiba
2. Merobohkan pohon-pohon ke jalan raya sehingga jalan tertutup  dan menghalangi serangan musuh.
3. Memutuskan suplai makanan (logistik) agar musuh dipaksa menyerah karena kelaparan
4. Memutuskan suplai air dari bendungan (lihat Schrieke, 1957: 132-135)


Mantap, kan? Strategi perang kerajaan di Indonesia jaman dulu tak kalah dengan bangsa Romawi dan lainnya.



Mengapa Kita Punya Alis?

Posted: 04 Jul 2012 02:00 AM PDT

Tuhan memang menciptakan manusia dengan bentuk sempurna. Setiap bagian tubuh menambah kesempurnaan sekaligus punya fungsinya.

sp.life123.com


Alis mata dimiliki oleh manusia dan sebagian besar mamalia. Selama ini, alis mata selalu menjadi perhatian bila berhubungan dengan kecantikan. Bagian ini menjadi penting untuk penampilan, maka tak heran alis ikut jadi objek riasan untuk memperindah tampilan wajah.

Selain penampilan, sebenarnya fungsi alis juga untuk menahan aliran air dan keringat agar tidak langsung mengenai mata. Coba perhatikan, alis mata yang ditumbuhi bulu-bulu halus dan berbaris rapi letaknya pada bagian yang sedikit menonjol di atas mata.

Karena itulah setiap kamu berkeringat, lelehan keringat yang mengucur dari kepala, meluncur ke dahi, dan akan tertahan di alis mata. Bila kita tak punya alis, bisa bayangkan sendiri, keringat akan langsung menetes ke mata dan membuat mata kita perih. Bahkan, tak bisa melihat jelas karena kuyup oleh keringat.

Anehnya, pada beberapa orang ada yang alis matanya dicukur habis. Ada yang karena tuntutan gaya (fashion) dan ada pula karena kepercayaan tertentu. Tak terbayangkan, orang-orang tersebut biasanya tak boleh banyak berkeringat, kecuali selalu menyeka keringat di dahi mereka agar mata tak kelilipan.

Padahal alis mata selain berfungsi sebagai kesempurnaan wajah dan penahan keringat, juga sebagai alat pendeteksi. Ya, alis mata menambah kepekaan pada kulit untuk merasakan objek asing yang berada di dekat mata. Contohnya serangga, debu dan kotoran. Kalau kita tak punya alis mata, tak ada lagi 'radar' buat mata kita.


Sedang apa The Rock? Tebak/cobrasites.com


 
colourbox.com

Alis secara psikologis juga menjadi pembentuk karakter wajah. Maksudnya, kita akan tahu kapan seseorang sedang marah, sedih, atau senang terlihat dari bentuk alisnya. Bagi orang yang berkecimpung di dunia gambar pasti harus belajar menggambar wajah dengan beragam ekspresi.

Banyak kan fungsi alis mata? Nah, kita semakin mengerti ya betapa hebatnya Tuhan membentuk manusia dengan detail dan penuh perhitungan.

sumber

Simbol Populer ini Makna Awalnya Berbeda

Posted: 04 Jul 2012 01:08 AM PDT

Tanda hati/heart lambang cinta, tanda perdamaian, tiang merah-putih-berputar di tukang cukur (barber shop), kaki kelinci keberuntungan, semua ternyata punya makna awal berbeda dengan apa yang sekarang kita percayai.



Berikut ini adalah beberapa simbol yang sebenarnya tidak mengartikan istilah yang digambarkan di masa kini seperti yang dilansir oleh cracked.com, Selasa (03/07/2012).

 
1. Logo Hati

Siapa yang tidak mengerti akan simbol yang satu ini. Simbol hati menggambarkan rasa sayang dan cinta karena datang dari dalam hati. Karena itulah simbol ini juga identik dengan organ tubuh hati. Namun tahukah Anda, ada fakta lain yang membuktikan bahwa simbol hati sebenarnya tidak dimaksudkan untuk menggambarkan hati ataupun rasa cinta.

 
Simbol hati digunakan untuk menggambarkan alat pengontrol kelahiran (dengan bentuk terbalik).

Jika Anda melacak kembali asal muasal simbol hati ke masa lalu, maka Anda akan menemukan simbol itu terpahat di koin bangsa Romawi kuno. Akan tetapi simbol itu bukan digambarkan sebagai hati manusia ataupun rasa cinta, melainkan kantung biji tanaman silphium, sebuah tanaman berharga yang memiliki fungsi seperti pil KB.
 
2. Simbol perdamaian

Simbol perdamaian yang ada saat ini tetap menjadi salah satu simbol paling populer dan banyak memberikan inspirasi kepada dunia. Selain itu, simbol ini juga lekat dengan kehidupa para hippies yang dikenal bebas dan tanpa aturan. Dengan bentuk geometris yang sederhana, kita meyakini bahwa simbol tersebut memberikan harapan, kebesaran dan keyakinan.


Merepresentasikan keputusasaan akibat program nuklir.

Sayangnya anggapan itu benar-benar berbeda dengan apa yang dipikirkan oleh sang kreator, Gerland Holtom. Pakar desain grafis dari Inggris ini sebenarnya membuat gambar tersebut sebagai simbol keputusasaan. Di buat di tahun 1958, simbol ini merupakan gabungan antara dua hurup N dan D, yang memiliki kepanjangan 'Nuclear Disarmament', gerakan yang dibuat untuk menentang program senjata nuklir di dunia. Meski bisa dianggap sebagai simbol perdamaian, namun banyak orang yang lupa mengenai potret yang sebenarnya ingin diambi oleh Holtom.

Dalam pernyataannya, sang desainer ini menyebut bahwa simbol tersebut menggambarkan 'keputusasaan yang dialami manusia'. Holtom sendiri menyesal ketika gambar miliknya tersebar ke seluruh penjuru dunia dan mencoba menggantinya.


3. Simbol tiang barber shop

Simbol yang satu ini memang sangat identik dengan barber shop atau tukang cukur. Simbol dengan dua garis, warna merah dan putih, berputar mengelilingi tiang ini memang menjadi penanda bahwa Anda bisa memotong rambut Anda di sini. Tapi, pernahkah terpikir mengapa simbol tukang cukur berbentuk seperti itu, dan bukannya sepasang gunting atau sesuatu?

Tiang barber shop pertama kali muncul di jaman pertengahan. Tanda itu digunakan sebagai simbol klinik kecil untuk operasi. Di jaman itu, melakukan operasi dengan bantuan dokter dianggap sebagai sesuatu yang sangat mahal, jadi untuk masyarakat kelas menengah ke bawah, tugas operasi diserahkan kepada tukang cukur. Dengan kata lain, tukang cukur pada masa itu memiliki keahlian yang berbeda dengan tukang cukur saat ini. Selain mencukur rambut atau janggut, mereka juga dengan senang hati dibayar untuk melakukan operasi kecil seperti mencabut gigi atau menghilangkan batu empedu.

   
Di masa lalu, tukang cukur memiliki propesi lain seperti dokter.

Prosedur operasi yang umum digunakan saat itu adalah dengan metode 'bloodletting', yakni dengan menyayat bagian pergelangan tangan pasien dan membiarkan darah mengalir keluar bersama dengan penyakit yang dideritanya. Untuk mempermudah operasi ini, tangan pasien akan dibalut dengan perban. Dan hal itulah yang menjadi simbol tiang barber shop.

 
4. Kaki kelinci

Menurut keyakinan orang barat, kaki kelinci dianggap sebagai ajimat yang dapat memberikan keberuntungan dan kebahagiaan. Padahal, kisah dibalik kaki kelinci ini sama sekali jauh dari kata keberuntungan dan kebahagiaan.

Menurut sejarah, kaki kelinci sebenarnya diasumsikan dengan kaki penyihir. Di AS, simbol kaki kelinci kebanyakan berasal dari cerita sihir. Mereka percaya kelinci pada era itu merupakan wujud dari seorang penyihir yang sedang menyamar. Jadi memotong kaki kelinci sebenarnya diasumsikan dengan membunuh para penyihir.


Kaki kelinci diasumsikan dengan kaki penyihir yang membawa kesialan.

Referensi paling awal mengenai legenda kaki kelinci menjelaskan secara detil mengenai cara bagaimana memaksimalkan kekuatan gaib yang didapatkan dari kaki sebelum akhirnya dipotong. Sebagai contoh, Anda dianjurkan membunuh si kelinci pada hari Jum'at, lebih bagus lagi dilakukan di dalam kuburan saat hujan deras. 


Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan Kalau Ada Dangdutan di Dekat Rumah

Posted: 04 Jul 2012 12:56 AM PDT

Sering tidak bisa dipungkiri, tetangga kamu memegang peranan erat dalam kesejahteraan dan ketenangan hidup kamu sehari-hari. Beberapa di antara kita cukup beruntung memiliki tetangga yang suka ngirim-ngirim makanan, minjemin motor atau mobil, bahkan berwujud dedek-dedek gemes atau mamah dan papah-papah muda yang menyegarkan mata.
Tapi gimana seandainya tetangga kamu itu adalah tipe yang hobinya bikin hajatan dangdutan dengan speaker volume maksimal yang bassnya sember membahana? Oh nooo apa yang bisa kamu lakukan? Haruskah kamu cabut setiap kali tetangga kamu bikin hajatan? Duit bisa habis dong ya kalo dipake nongkrong di luaran mulu saban ada dangdutan? Oh tenang saja saudara-saudara, masih ada hal-hal yang bisa kamu lakukan di saat ada dangdutan di deket rumah kamu.

Ikut Jogedan

Ini bisa kamu lakukan kalau kamu emang kebetulan juga penggemar jenis musik dangdut. Lumayan lah ya ada hiburan gratis dari tetangga kamu. Tapi kalau pun misalnya kamu bukan penggemar dangdut juga gak pa pa kok, bukan berarti kamu gak bisa ikutan seru-seruan, dong. Gimana sih, katanya kamu anaknya asik, denger lagu Mabok Janda aja kok KO. Joged dong man, joged! Yang di belakang mana suaranyaaaa?

Berburu Klip

Okelah, sebagai geek sejati ternyata kamu nggak mood buat jogedan. Bukan berarti kamu harus mati gaya dong saat ada dangdutan. Ini saat yang tepat bagi kamu untuk bertandang ke hajatan dangdutan itu dengan bermodalkan gadget perekam terhandal kamu (tapi tetap waspada ya, jangan sampe kecopetan, ntar kamu tambah bête). Pasang mata pasang telinga dan siap rekam kejadian-kejadian yang kira-kira youtube-worthy. Lumayan, jo, sapa tau jadi makin banyak yang subscribe channel kamu!

Dapetin Backstage Pass

Gunakan kehandalan dan karisma kamu yang luar biasa untuk bisa mendapatkan backstage pass di hajatan dangdutan tersebut. Dengan kata lain, cobalah usahakan kamu bisa nongkrong-nongkrong bareng mas-mas dan mbak-mbak performers sepanjang atau setelah hajatan dangdutan tersebut berlangsung. Mengapa demikian? Ya kamu nggak tau aja kan, siapa tau mereka semuanya itu sebenarnya hanya menyamar (inget film Mendadak Dangdut dong?). Bisa aja dangdutan itu hanya kedok belaka, dan sebenarnya mereka adalah tim mata-mata yang berencana menguasai dunia. Kamu bisa memutuskan untuk membongkar rencana mereka (atau ikutan) kalo kamu berhasil dapetin backstage pass dangdutannya dulu dong.

Main Tebak Lagu

Tapi kamu males keluar rumah, gimana dong? Ya udah. Di rumah aja kalo begitu. Saat hajatan dangdutan itu berlangsung, kamu bisa memilih untuk bermain tebak lagu bersama orang rumah kamu. Alamat Palsu? Hamil Duluan? Cinta Satu Malam? Inilah saatnya menguji perbendaharaan lagu-lagu dangdut kamu. Tentunya, ciptakan hadiah menarik buat yang bisa nebak lagu terbanyak sepanjang malam (terkadang sampai pagi, tergantung seberapa niatnya tetangga kamu bikin hajatan – red).

Marah-marah

Keluar rumah males, tebak lagu juga gak napsu. Ngapain dong? Yak tidak ada hal lain lagi yang bisa kamu lakukan di saat ada dangdutan di deket rumah kamu selain marah-marah seperti biasa. Luapkan kemarahan kamu dan penuhi timeline twitter dan facebook teman-teman kamu. Meskipun nggak menyelesaikan masalah, paling gak kamu merasa sedikit lega karena seluruh dunia tahu bahwa kamu sedang sangat-sangat sengsara. Faham, ya? (smile)

Pasrah

Eh tapi kan marah-marah gak baik buat kesehatan? Gimana dong. Ya udah, pasrah aja gih. Mau diapain lagi coba. Atau belajar sama Nobita gih supaya bisa tidur dengan cepat dan nyenyak di situasi mana pun dan kapan pun.

Bikin Artikel Ini

Ya tapi gak bisa tidur. Nasib. Nasib. Ya udah lah bikin artikel ini aja. Lumayan bisa menghibur orang yang lagi gak ada kerjaan, atau mungkin yang tetangganya juga sedang ngadain hajatan dangdutan. Ah ya sudahlah.



16 Mitos Tentang Tol Cipularang

Posted: 03 Jul 2012 10:00 PM PDT

Tol Cipularang, baru-baru ini menelan korban jiwa dalam beberapa kecelakaan mobil. Mitos seputar tol itu pun banyak menyebar luas. Berikut fakta dan mitos tol tersebut. Menurut pengamat otomotif dan Pendiri & Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) Jusri Pulubuhu, terdapat beberapa mitos dan fakta mengenai tol ini.

tol cipularang

Pertama, jalan tol merupakan jalan bebas hambatan di mana pengemudi bisa melaju dengan aman. Namun tidak pada tol Cipularang. Jalan tol ini memiliki banyak rintangan seperti tikungan dengan derajat ketajaman bervariasi hingga kilometer tertentu dengan sudut hingga 80 derajat.

Selain itu, terdapat turunan dengan sudut hingga 30 derajat. Lintasan yang ada melengkung dan pada musim hujan, banyak terdapat genangan air. Terdapat pula dorongan angin samping pada celah antara bukit-bukit.

Kedua, ukuran tinggi dan besar kendaraan tidak mempengaruhi cara orang mengemudi. Makin tinggi bentuk kendaraan, kualitas kestabilan pada kecepatan tinggi akan berkurang. Makin besar bentuk kendaraan, makin berat kendaraan itu dan akan mempengaruhi momentum inersia kendaraan yang membuat jarak pengereman menjadi panjang.

Berat kendaraan akan mempengaruhi gaya melebar atau menyamping yang terjadi saat menikung. Makin besar kendaraan makan makin besar haluan atau makin besar radius putar kendaraan itu.

Ketiga, jarak pengereman tak dipengaruhi bentuk dan berat kendaraan melainkan sistem pengereman kendaraan itu sendiri. Jarak pengereman ditentukan enam faktor variatif, termasuk kondisi dan perilaku pengemudi, kondisi kendaraan, bobot kendaraan, kecepatan kendaraan, kondisi lintasan serta cuaca.

Keempat, mayoritas penyebab ban pecah dijalan tol adalah akibat tekanan angin yang berlebih. Tekanan angin berlebih tak membuat ban mudah pecah hanya mempengaruhi traksi ban pada permukaan jalan.

Tekanan angin yang kurang dari rekomendasi pabrik ban akan membuat bahan pada dinding ban mengalami keletihan berat akibat elastisitas ban terlalu ditekan disbanding pada tekanan angin normal.

Kelima, mengemudi di lintasan menurun di kecepatan tinggi tak ada bedanya dengan mengemudi di lintasan datar. Mengemudi di kecepatan tinggi di lintasan menurun berisiko tinggi kecelakaan. Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan pusat gravitasi dan distribusi bobot.

Di kecepatan tinggi, kendali kendaraan menjadi sangat sensitif dan gaya-gaya yang tak diharapkan bisa mudah terjadi. Pada saat kendaraan bergerak tak sesuai keinginan pengemudi, respon pengemudi sering spontan tanpa diawali proses analisa logika dan hal inilah yang mengawali petaka.

Keenam, karena lancar dan tak padat, potensi kecelakaan dijalan tol lebih ringan dibanding dijalan biasa. Risiko kecelakan malah lebih besar. Hal ini dikarenakan lancar membuat pengemudi cenderung memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Alhasil, momentum yang dihasilkan jauh lebih besar dan kendaraan akan sulit dikendalikan.

Ketujuh, mengemudi di jalan tol tak memerlukan konsentrasi yang lebih tinggi disbanding di jalan biasa. Secara umum, kondisi jalan tol lebar, lancar, kecepatan tinggi dan monoton. Terdapat risiko kecelakaan masif dan hal ini butuh konsentrasi lebih dibanding di jalan biasa. Hal ini menyebabkan mudah letih, kewaspadaan menurun, hasrat untuk memacu kecepatan melebihi kemampuan kendaraan dan pengendara akan lebih tinggi.

Kedelapan, kecepatan kendaraan tak mempengaruhi kestabilan kendaraan. Tiap pergerakan kendaraan akan menimbulkan momentum dan gaya sentrifugal. Makin besar momentum dan gaya sentrifugal yang terjadi, kestabilan kendaraan akan makin berkurang dan mudah bergerak liar seperti terjadinya selip.

Kesembilan, saat menghadapi masalah, tindakan pertama adalah mengerem. Menyikapi masalah saat mengemudi harus diawali proses analisa serta keputusan kemudian eksekusi secara cepat dan tepat. Mengerem bukan selalu menjadi tindakan pertama karena jika dilakukan di tempat dan waktu yang salah, hal ini bisa menimbulkan masalah.

Kesepuluh, pada kecepatan tinggi di atas 80km/jam di lintasan menurun, saat ban depan mobil pecah, tindakan jitu adalah 'mengerem' agar kendaraan terkontrol. Pada kondisi ini, pusat gravitasi dan distribusi bobot berpindah ke depan. Hal lain yang perlu diperhatikan, kendali kendaraan ada pada roda depan.

Jika pengereman terjadi mendadak, beban roda depan yang bannya pecah akan lebih besar dan menimbulkan gaya tarik ke arah sisi roda yang pecah itu. Kesulitan pun muncul dan jika tak dapat disikapi dengan tepat, malapetaka menanti. Sebaiknya jangan panik, jangan mengerem dan tahan kecepatan sesaat bagi kendaraan dengan pusat gravitasi rendah.

Jangan mengerem dan naikkan kecepatan 10km/jam sesaat bagi kendaraan dengan pusat gravitasi tinggi. Kemudian arahkan kendaraan sesuai arah lintasan dan tahan kemudi dengan kuat dan erat. Ketika kondisi sudah mulai terkendali, kurangi kecepatan secara bertahap dan arahkan kendaraan ke lintasan yang aman.

Kesebelas, pada kecepatan tinggi di atas 80km/jam di lintasan menurun & menikung dan kendaraan terasa oleng, tindakan jitu yang harus diambil adalah mengerem tajam agar terkendali. Pada kondisi ini, pusat gravitasi dan distribusi bobot berpindak ke depan dan kendali kendaraan ada di roda-roda depan.

Keduabelas, di kecepatan tinggi di lintasan menikung, cara mengemudi tak ada bedanya dengan lintasan menikung lainnya. Pada prinsipnya, saat kendaraan melaju kencang, tingkat kestabilan kendaraan berkurang dan menjadi makin sensitif. Momentum dan gara sentrifugal makin besar dan sulit dikendalikan. Siasati dengan mengurangi kecepatan sejak kendaraan di lintasan lurus dan jangan lakukan perlambatan di lintasan menikung serta pertahankan kecepatan.

Ketigabelas, keletihan disikapi dengan mengunyah permen, merokok, dan berbicara dengan penumpang. Keletihan disebabkan akumulasi kurang tidur, lembur, atau sedang sakit. Cara-cara tersebut tak akan membantu banyak. Pada kondisi ini, kemampuan interpretasi akan menurun dan kontrol anggota tubuh akan melambat. Sebaiknya berhenti dan tidur beberapa saat. Hal ini akan membatu kebugaran Anda.

Keempatbelas, alasan relatif sepi dan lampu mobil terang, mengemudi ke luar kota di malam hari jauh lebih aman dibanding siang hari. Sesuai jam biologis tubuh manusia atau circadian rhythm, malam diciptakan untuk tidur manusia. Seterang-terangnya lampu jalan dan kendaraan, jauh lebih terang saat siang hari. Di Indonesia, tak semua pemakai lalu lintas menggunakan penerangan yang laik. Kondisi dan situasi sepi memicu pengendara terlena.

Kelimabelas, kopi dapat membantu menghilangkan kantuk dan letih. Kopi hanya menstimulasi organ tubuh yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan membuat orang terjaga sesaat namun hal ini akan mengurangi stamina dan kantuk pun bisa cepat muncul lagi. Saat organ tubuh dipicu, stamina melorot dan pengemudi pun sering berhenti untuk buang air kecil.

Keenambelas, mengemudi dengan kecepatan sangat pelan di bawah kecepatan rata-rata jauh lebih aman dibanding kecepatan tinggi. Hal ini sangat berbahaya. Kendaraan harus disesuaikan kecepatan lalu lintas yang ada dan perbedaan signifikan kecepatan tak disarankan karena membahayakan diri sendiri dan pengendara lain. 


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List