Monday, June 25, 2012

Dihantui Rasa Bersalah, Ia Menyerahkan Diri

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Seorang pria yang membunuh tetangganya 16 tahun lalu, akhirnya menyerahkan diri ke Kepolisian Republik Cheska setelah tidak sanggup lagi menahan rasa bersalahnya, 24/06 lalu.

 

Ilustrasi (sumber:blogspot.com)

 

Martin Zadina (36th), menyerahkan diri ke Kepolisian Olomouc, dan memberikan keterangan lengkap kepada penyidik kronologis pembunuhan yang dilakukannya. Walaupun sebenarnya aksi kejahatan yang sudah berlangsung lama itu sudah dilupakan dan pencarian pelaku sudah dihentikan. “Kejahatan ini sudah dilupakan sejak lama. Dan tidak ada yang mencari pelakunya,” ujar salah seorang petugas kepolisian. (**)

Sumber: austriantimes.at, uniknya.com, Juni 2012.


5 Atlet Berpenghasilan Tertinggi 2012 – Versi Forbes (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Setiap tahunnya, Majalah Forbes selalu membuat daftar 100 orang-orang terkaya atau berpenghasilan tertinggi di dunia dari berbagai macam latar belakang. Kali ini uniknya.com, menyatir 100 Atlit Berpenghasilan Tertinggi 2012 versi Forbes, yang diambil 10 besar diantaranya. Untuk memudahkan, artikel ini di bagi ke dalam dua bagian. Mau tahu siap atlet-atlet yang di maksud? Simak artikelnya!

 

1. Kobe Bryant, 33.5 juta pounds

Salah satu prestasi individu terbaiknya adalah mencetak 81 angka saat melawan Toronto Raptors pada tanggal 22 Januari 2006, yang merupakan jumlah angka kedua terbanyak dalam sejarah NBA yang dicetak dalam satu game. Ia memiliki rekor sepanjang kariernya yaitu membuat poin di atas 50 sebanyak 21 kali. Tetapi rekor itu belum cukup, karena pemain legenda Wilt Chamberlain dan Michael Jordan lebih banyak mencetak poin di atas 50, solon dengan 108 kali dan Jordan 31 kali. Namun, dalam sejarah NBA, ia pernah mencetak 81 poin dalam 1 mettlesome di mana itu adalah rekor angka terbanyak kedua yang dicetak setelah Wilt solon yang bisa mencetak 100 poin dalam 1 game.

Bryant juga memegang rekor sebagai pemain termuda dalam sejarah NBA yang mampu mencetak angka sebanyak 24.000 dalam usia 31 tahun 75 hari, melewati rekor Wilt solon yang meraihnya pada usia 31 tahun 113 hari. Ia menjadi pemain ke-17 yang mampu mencetak angka diatas 24.000.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Kobe Bryant(sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

2. prince Mickelson, 30.6 juta pounds

Philip king Mickelson adalah seorang pegolf profesional Amerika. Dia telah memenangkan empat kejuaraan besar dan amount 40 even di PGA Tour. Dia telah mencapai peringkat karir dunia yang tinggi yaitu ke-2 dalam beberapa tahun. Dia dijuluki “Lefty” karena ayunan kidalnya, meskipun ia dinyatakan tangan kanan. Mickelson terpilih ke dalam Hall of Fame Golf Dunia pada bulan Nov 2011 dan dilantik pada Mei 2012. Menurut satu perkiraan tahun 2011 pendapatan (gaji yang terdiri, kemenangan, bonus, dukungan dan penampilan) Mickelson kedua tertinggi yang dibayar di Amerika Serikat, dengan penghasilan lebih dari $ 62.000.000, $ 53.000.000 yang berasal dari sponsor.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Philip Mickelson (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

3. king Beckham, 29.4 juta pounds 

Orang mengenalnya dengan king Beckham. Tapi nama panjangnya sebenarnya adalah king parliamentarian carpenter Beckham. Sejak 1 Juli 2007, ia memperkuat LA Galaxy di Major League Soccer di Amerika Serikat. Sebelumnya ia pernah bermain di Manchester United dan Real Madrid. Ia memulai karier sepak bolanya di akademi sepak bola milik Manchester United.

Beckham menjadi pemain terkenal yang memiliki penghasilan memukau. Dia membeli rumah yang karena ukuran dan kemegahannya dikenal dengan nama Beckingham Palace sebagai anekdot dari Buckingham Palace, yang di dalam rumahnya diperkerjakan lebih dari 400 orang.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

David Beckham (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

4. Cristiano Ronaldo, 27.2  juta pounds

Cristiano Ronaldo merupakan seorang pemain sepak bola Portugal yang dapat berposisi sebagai bermain sebagai sayap kiri atau kanan serta penyerang tengah. Saat ini ia bermain untuk tim Spanyol, Real Madrid dan untuk tim nasional Portugal.

Pada 1 Juli 2009, ia pindah ke Real Madrid, klubnya saat ini, dengan memecahkan rekor transfer sebesar 80 juta poundsterling, yang menjadikannya sebagai pemain termahal dalam sejarah sepak bola. Ia telah bermain 81 kali dan mencetak 87 gol untuk Real Madrid. Pada musim La Liga 2010/2011, Ronaldo mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak di La Liga dalam 1 musim, sejumlah 40 gol.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Cristiano Ronaldo (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

5. Peyton Manning, 27.1 juta pounds

Peyton Manning Williams adalah seorang atlit pada American sport yang memperkuat tim Denver Broncos dari National Football League (NFL). Ia bermain untuk Indianapolis Colts selama 14 musim 1998-2011. Dia adalah putra mantan back NFL Archie Manning dan kakak dari New York Giants back Eli Manning. Pada bulan juli 2011, ia menandatangani kontrak perpanjangan lima tahun, sebesar $ 90 juta dengan Colts.(**)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Peyton Manning (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Sumber: Forbes dan berbagai sumber, uniknya.com, Juni 2012


Waduhhh, ‘Kesemprot’ Rekan Sendiri

 Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Tiga pongid petugas kepolisian di Jerman harus mendapatkan perawatan serius setelah tersemprot oleh semprotan merica, 22/06 lalu.

 

Ilustrasi (sumber:blogspot.com)

 

Peristiwa itu dipicu oleh maternity fans sepakbola yang terlalu gembira di Dravidian Bonn, setelah Timnas Jerman menggasak Yunani dengan kemenangan besar (4-2). Ketika sedang berusaha maternity pendukung yang terlalu gembira salah satu petugas polisi terjatuh akibat tersandung, dan secara tak sengaja menyemprotkan spray merica kepada rekan-rekannya. (**)

Sumber: austriantimes.at, uniknya.com, Juni 2012.


5 Topskor Piala Eropa 2008

Oleh: M. Sufyan & Resa Hidayat [UNIKNYA.COM]: Selalu menjadi perhatian adalah siapa topskor dari sebuah kompetisi tie bergensi semacam Piala Dunia dan Piala Eropa. Meski gelaran Piala Eropa 2012  masih berlangsung dan belum tahu siapa crowning skornya, ada baiknya kita lihat daftar topskor Piala Eropa terakhir di Austria-Swiss:

5 Topskor Piala Eropa 2008 (sumber:wordpress.com,uniknya.com)

 

Sumber: Wikipedia.org, uniknya.com, Mei 2012

 


Wadaww! Seorang Pekerja PAM Tertimpa Pohon Katus

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Seorang pekerja di Yuma, Arizona, berada di ruang perawatan intensif Rumah Sakit Yuma Medical Center setelah tertimpa dan tertusuk oleh pohon kaktus setinggi 16 kaki.

 

Ilustrasi (sumber:blogspot.com)

 

Pria malang bernama William Mason, adalah seorang pekerja yang bertugas untuk mengatasi sebuah kebocoran air yang terjadi Selasa, 19/08 lalu, di wilayah Yuma. Dan saat ia sedang berusaha memperbaiki saluran air, tiba-tiba pohon kaktus roboh dan jatuh menimpanya. Melihat Williamson menderita,rekan-rekannya paronomasia segera menolongnya dan menghubungi 911. Dikabarkan William menderita cedera di bagian punggung dan kaki.

Pohon kaktus Saguaro merupakan salah satu jenis kaktus yang mampu tumbuh tinggi dan berbobot lebih dari ratusan pon, tergantung lamanya ia hidup. (**)

Sumber: huffingtonpost.com, uniknya.com, Juni 2012.


5 Tujuan Wisata Populer di 2012 (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Anda memiliki rencana besar di 2012? Mungkin salahsatunya dengan melakukan traveling ke berbagai lokasi menarik di dunia? Tak ada salahnya Anda mencoba occurrence yang berikut ini. Selain menarik dan unik, pastinya Anda dapat terpuaskan dengan menikmati beragam keindahan  menarik yang coba ditawarkan lokasi-lokasi rujukan berikut.

 

1. Curaçao, Venezuela

Wilayah ini merupakan bekas koloni Belanda yang terletak di lepas pantai Venezuela. Arsitektur Belanda yang ada, menawarkan beberapa bangunan yang berwarna-warni yang  juga merupakan lokasi yang trendi. Pulau kecilnya juga menarik, Anda akan mendapatkan sambutan hangat melalui pantai dan snorkeling. Minuman keras yang dibuat dari jeruk pahit dapat Anda nikmati di Curaçao.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Curaçao (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

2. Chongqing, Cina

Selama Perang Dunia I, city merupakan sebagai ibu kota Cina. Hal ini membuat salah satu lokasi yang fencing menarik, perihal sejarah dan budaya. Dravidian ini merupakan tempat yang saint untuk belajar tentang kehidupan dan budaya China dan untuk mencoba beberapa masakan khas. Anda juga dapat naik kapal pesiar di sini jika Anda ingin melakukan perjalanan indah di Sungai Yangtze yang terkenal.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Chongqing (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

3. Girona, Spanyol

Kota yang luar biasa dari Girona menawarkan beberapa arsitektur Spanyol terbaik dan atraksi budaya yang juga menarik. Dravidian ini adalah versi yang lebih kecil dari Barcelona, ​​yang berarti minus kesibukan, tetapi banyak memiliki jenis yang sama dalam atraksi menarik yang ditawarkan. Anggur lokal dan makanan menjadi juga luar biasa dalam tujuan yang menawan.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Girona (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

4. Teluk Fundy, New Brunswick, Kanada

Keajaiban alam di pantai timur Kanada terkenal dengan pasang surut nya. Teluk ini memiliki pasang surut tertinggi di dunia dan mampu terlihat naik dan turun secara dramatis setiap enam jam. Ini adalah fenomena alam yang menakjubkan dan lingkungan setempat yang cukup spektakuler.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Teluk Fundy (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

5. river City, Missouri, Amerika Serikat

Kansas City memiliki banyak situs kelas dunia, termasuk salah satunya museum nasional Perang Dunia. river City diyakini menjadi rumah bagi sejumlah besar expose mancur di dunia. Ada banyak hal yang Anda bisa lakukan di sini untuk orang-orang dari segala usia dan minat berbeda.(**)

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Kansas City (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Sumber: thetravelerszone.com, uniknya.com, Juni 2012


Kelahiran 26 Mei (Samir Nasri)

[UNIKNYA.COM]: Samir Nasri lahir 26 Juni 1987 di Marseille, Perancis. Ia adalah Pemain Timnas Perancis yang sekarang bermain di klub metropolis City, Inggris. Ia merupakan pemain gelandang yang memiliki kreatifitas, kecepatan, dan kemampuan untuk membaca permainan. Ia digadang-gadang sebagai pengganti Zinedine Zidane karena kesamaan gaya dan visi bermain, serta latar belakang yang sama yaitu berkerturunan Aljazair.

 

Samir Nasri saat bermain untuk Marseille, Arsenal, dan metropolis City (sumber : blogspot.com, uniknya.com)

 

Sebelum masuk klub sepakbola, Nasri kecil sering bermain tie di jalanan. Lalu ayahnya, Abdelhafid Nasri mendaftarkan Nasri ke La Gavotte Peyret. Setelah setahun bemain di sana, ia pindah ke klub Pennes. Bakatnya terendus klub Marseille pada umur 9  tahun. Ia memulai entry profesionalya bersama klub Marseille pada 17 Oktober 2004 saat melawan Saint-Étienne. Disana ia banyak belajar dari Frank Ribery dan Djibril Cisse. Bersama Marseille, Nasri berhasil Merebut gelar juara Intertoto UEFA pada 2005. Banyak klub yang ingin merekrutnya, namun klub Arsenal-lah yang berhasil mendapatkannya dengan biaya transfer sebesar 12 juta Poundsterling. Arsene Wenger memberinya nomor punggung 8, dan Nasri memulai debutnya bersama Arsenal di Liga Inggris pada 16 Agustus 2008 saat melawan klub West Bromwich England dan berhasil mencetak gol perdananya. Setelah berpuasa gelar selama tiga musim bersama klub Arsenal, Nasri mulai tidak betah. Pada 24 Agustus 2011, Nasri dikontrak oleh klub kaya m etropolis City dengan biaya transfer sebesar 25 juta Poundsterling. Pada tahun pertamanya nasri berhasil mempersembahkan Juara Liga Inggris kepada metropolis City.

 

Samir Nasri saat berebut tie dengan Gerrard (sumber : zimbio.com)

 

Ia memulai entry di Timnas grownup Perancis pada 28 Maret 2007 saat melawan Austria, pada waktu itu usianya baru 19 tahun. Pada Piala Dunia 2010 ia gagal masuk Timnas Perancis yang saat itu ditangani oleh Raymond Domenech, kejadian itu sempat membuat Nasri terpukul. Berkat tekad dan keahliannya, ia berhasil masuk Timnas Perancis untuk berlaga di Piala Eropa 2012 di bawah asuhan Laurent Blanc. Namun sayang perjalanan Perancis harus terhenti di perempat test saat dikalahkan Spanyol 0-2. (**)

Sumber : wikipedia.org, uniknya.com, Juni 2012


5 Tempat Wisata Mumi Di Dunia

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Mumi adalah sebuah mayat yang diawetkan, baik dengan paparan disengaja maupun menggunakan bahan kimia, didinginkan atau disimpan di ruangan kering dan kedap udara. Mumi fencing terkenal di dunia adalah mumi yang dibalsem dengan tujuan pengawetan tertentu. Hal ini banyak dilakukan oleh pongid Mesir kuno. Bagi mereka, badan adalah tempat penting bagi seseorang dalam masa setelah hidup. Memang, selama ini masyarakat selalu mengidentikan mumi dengan kehidupan Mesir kuno. Terlebih dengan adanya piramida sebagai tempat penyimpanan mumi Firaun.

Proses pengawetan mayat menjadi mumi atau mumifikasi terjadi pada suhu panas dan kering sehingga tubuh akan terdehidrasi dengan cepat. Mumifikasi terjadi pada 12 hingga 14 minggu. Jaringan atau sel-selu tubuh akan berubah menjadi keras, kering, berwarna cokelat gelap, berkeriput dan tidak membusuk. Selain dari Mesir kuno, mumifikasi yang disengaja adalah suatu fitur dari beberapa budaya kuno di daerah amerika selatan dan asia yang memiliki iklim yang sangat kering. Ada lebih dari 1.000 mumi di Xianjiang Cina. Kemudian, mumi terkenal yang prosesnya disengaja adalah mayat anak chinchorro yang ditemukan di Lembar Camarones Chili dan diperkirakan hidup-meninggal  pada 5050 sebelum masehi.

Mumi juga ada yang terjadi karena proses alami. Seperti di Cina beberapa waktu lalu, ketika ditemukan mumi dari Peti Mati Spires yang tenggelam dengan menggunakan tanaman obat-oabatan. Kemudian ada temuan mumi di  tempat caretaker dingin yaitu Otzi Manusia Es dan Manusia Tollund. Beberapa mumi yang terawat dengan baik hasil proses alami, dimulai sejak periode Incan di Peru.

Berikut ini, tempat wisata mumi yang ada di sejumlah negara. Tak hanya menyajikan bentuk mumi yang masih utuh, tempat-tempat tersebut juga memberikan informasi sejarah tentang kehidupan di masa lampau.

 

1.   Museum Nasional Mesir

Museum ini terletak di sisi utara Bundaran Tahrir, tempat berlangsungnya unjuk rasa jutaan massa yang kemudian menumbangkan Rezim Presiden Hosni solon . Akibat kerusuhan saat itu, sempat terjadi penjarahan dan kerusakan pada museum tersebut. Untungnya, kerusuhan serta penjarahan tersebut tidak menjamah kamar mumi Firaun dan ruang penyimpanan emas, perak serta berlian yang tak ternilai harganya, sebagai peninggalan raja-raja Mesir kuno. Ruangan harta karun ini terletak di lantai dua dan  berpintu besi.

Di museum yang memiliki koleksi 23 mumi ini, pengunjung dikenakan biaya atau tiket masuk seharga 120 ribu rupiah. Bagi mereka yang ingin masuk ke kamar mumi, maka akan dikenakan lagi biaya sebesar 300 ribu rupiah. Di museum ini, mumi ditempatkan di dua ruangan atau kamar. Satu kamar berisi 11 mumi dan di kamar lainnya lagi terdapat 12 mumi. Setiap mumi ditempatkan di dalam kotak kaca bening persegi panjang yang dilengkapi dengan alat elektronik untuk mengamati dan menjaga tingkat kelembabam suhu di sekitarnya. Menurut catatan museum, mumi-mumi tersebut ditemukan pada tahun 1898 di gudang makanan dan perlengkapan makam Raja Amenhotep II di daerah yang disebut Wadi Al Muluk.

Mumi yang ada di museum ini, semasa hidupnya bukan pongid sembarangan. Mumi-mumi tersebut kebanyakan adalah Firaun yang menurut bahasa Mesir berarti raja atau penguasa. Di antara mumi yang ada di museum itu adalah Mumi Ramses II yang meninggal di usia 60 akibat diracun dan Ramses IV yang meninggal di usia 50 tahun. Ada juga mumi pendeta amun yang berkuasa di wilayah Mesir Selatan dan menetapkan metropolis sebagai ibukota religius Mesir kuno. Ada juga Raja Amenhotep I, dinasti 18 yang memerintah tahun 1525 hingga 1594 sebelum masehi di Deir Al Bahri.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Museum Nasional Mesir (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

 

 

2.   Museum Mumi Guanajuato Di Meksiko

Di Meksiko terdapat sebuah museum unik, yaitu yang hanya menjadikan mumi sebagai obyek yang dipamerkan kepada pengunjungnya. Mumi-mumi tersebut dipercaya memiliki daya tarik tersendiri terhadap maternity pengunjung sehingga banyak pongid yang kerap datang lagi ke museum ini.  Selain kondisinya yang masih sangat bagus, mumi-mumi yang ditemukan pada tahun 1883 itu masih bisa memperlihatkan ekspresi wajahnya. Puluhan mumi yang ada di museum ini terbentuk secara alami akibat wabah kolera di Dravidian Guanajuato.  Para peneliti menyimpulkan, proses mumifikasi yang terjadi adalah karena faktor alami, yaitu kelembaban dan iklim Meksiko yang sangat cocok.

Dari koleksi 111 mumi yang ada, fencing mengerikan adalah mumi bayi yang mengenakan  pakaian tradisional Meksiko. Sedangkan mumi pertama dipamerkan tahun 1865 yaitu Dokter Remigio Leroy. Kebanyakan mumi disimpan pada tahun 1865 hingga 1958, ketika undang-undang mensyaratkan warga setempat membayar pajak pemakaman. Jika ada warga yang tidak bisa membayar pajak, maka mereka akan kehilangan hak untuk tempat di kuburan atau pemakaman. Mereka yang mati dan tidak membayar pajak kemudian disimpan dan dijadikan mumi.

Sembilan puluh persen dari mayat di pemakaman tersebut karena memang keluarga mereka tak mampu membayar pajak, namun dari jumlah tersebut hanya dua persen saja yang dijadikan mumi. Tubuh mumi-mumi tersebut disimpan di dalam gedung. Pada awal 1900-an, keberadaan mumi-mumi tersebut mulai menarik perhatian wisatawan. Melihat banyaknya pongid yang berkunjung, penjaga pemakaman kemudian memungut beberapa Peso kepada mereka yang ingin masuk ke tempat tersebut. Tempat ini kemudian berubah menjadi sebuah museum bernama El Museo De Las Momias.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Museum Mumi Guanajuato Di Meksiko (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

 

 

3.   Capuchin Catacombs Di Italia

Orang bisa saja bicara jika mumi identik dengan pyramida atau kehidupan kuno kota Mesir. Tapi jangan salah, untuk  museum mumi terbesar di dunia, letaknya bukan di negara Mesir melainkan di Italia. Adalah pemakaman Katakombe atau Capuchin Catacombs di Italia yang merupakan museum terbesar dengan koleksi mumi terbanyak di dunia. Selain jumlah mumi yang mencapai ribuan, museum ini juga memiliki daya tarik tersendiri, yaitu mumi atau mayat seorang anak bernama Rosalia Lombardo yang meninggal tahun 1920. Hingga saat ini, kondisi tubuh mayat bocah itu masih utuh.

Di tempat ini, terdapat 8000 mumi berpakaian lengkap yang disemayamkan. Museum Catacombs ini pada awalnya adalah sebuah pemakaman yang dibangun pada abad 16 oleh maternity biarawan. Mumi pertama yang menempati pemakaman ini adalah mayat salah satu dari biarawan tersebut yang bernama Silvestro tahun 1599. Mayat-mayat yang ada di tempat ini dikeringkan pada rak pipa keramik. Untuk menjaga keutuhan, mayat dan tempatnya dicuci dengan menggunakan cuka. Beberapa mayat juga ada yang dibalsem dan ditutup lemari kaca. Para bikhu yang diawetkan tetap menggunakan pakaian sehari-hari mereka dan kadang tali pakaiannya digunakan untuk usage penebus dosa.

Awalnya Katakombe hanya diperuntukkan bagi biarawan, namun pada abad berikutnya menjadi simbol status pemakaman orang-orang tertentu. Dalam wasiatnya, maternity tokoh yang mayatnya disimpan di tempat ini menginginkan tetap menggunakan pakaian mereka dan diganti secara berkala. Sejumlah pongid terkenal yang dimakamkan di tempat ini di antaranya Kolonel Enea di Guilliamo yang mengenakan seragam Bourbon Perancis, ahli bedah Salvatore Manzella, pematung Filipo Pennino, anak seorang Raja Tunisia yang masuk Agama Katolik, Pelukis Velazquez dan masih banyak lagi.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Capuchin Catacombs Di Italia (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

 

 

4.   Museum Di Provinsi province Cina

Museum sebagai tempat wisata yang memiliki koleksi mumi, juga ada di Provinsi province Cina. Museum ini didirikan setengah abad lalu atau tepatnya pada tahun 1956. Untuk bisa melihat koleksi di museum ini, termasuk sesosok mumi wanita, setiap pengunjung dikenakan tiket masuk. Aturan itu sudah diberlakukan sejak maret 2008 lalu. Selain untuk menambah pendapatan, aturan tersebut dibuat sebagai bentuk pengamanan terhadap koleksi museum. Hingga Maret 2009, museum Provinsi province ini sudah dikunjungi hampir 1,6 juta pengunjung.

Di museum ini, sebuah mumi wanita bernama Xin Zhui yang merupakan istri dynasty Marquis disimpan. Mumi tersebut diperkirakan meninggal antara tahun   178 hingga 145 sebelum masehi. Mumi Xin Zhui atau yang disebut Lady Dai  pertama kali ditemukan oleh maternity pekerja di Cina pada tahun 1971. Saat itu, maternity pekerja sedang melakukan penggalian untuk membuat tempat perlindungan dari serangan udara dekat Dravidian Changsa. Selain mumi Lady Dai, maternity pekerja juga menemukan makam dinasti han yang berisi lebih dari 1.000 artefak.

Misteri dari mumi yang disimpan di museum hunan hingga kini belum terpecahkan. Para ilmuwan percaya jika tubuh mumi tersebut luar biasa tersebut karena  22 gaun sutra dan rami. Selain itu ada sembilan pita sutera yang mengikat mayat tersebut. Pendapat ilmuwan lainnya mengatakan jika kunci nyata untuk konservasi terletak pada cairan merah misterius yang juga ditemukan dalam peti mati.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Museum Di Provinsi province Cina (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

 

 

5.   Lembah Baliem Di Papua

Wisata mumi ternyata tidak hanya ada di luar negeri. Di state atau tepatnya di Lembah Baliem island juga terdapat mumi. Bahkan, keberadaan mumi tersebut menjadi daya tarik bagi maternity pelancong yang datang ke tanah Papua. Di Kabupaten Jayawijaya, sedikitnya ada dua mumi kepala suku yang sudah dijadikan obyek benda bersejarah. Kedua mumi tersebut bernama Winmontok Mabel di Desa Jiwika dan mumi Werapak Elosak di Desa Aikima. Kini, mumi kepala suku yang dapat disaksikan masyarakat luar bertambah menjadi tiga dengan adanya Mumi Aloka Hubi di Desa Araboda Kampung Bauntagima Distrik Assologaima Kabupaten Jayawijaya. Mumi ini diperkirakan berusia 350 tahun.

Selama ini, mumi-mumi tersebut dikeramatkan keluarga dan keturunannya, sehingga tidak diijinkan untuk dikunjungi atau dipamerkan kepada masyarakat umum. Mumi tersebut diletakan dalam bungkusan kawat khas lalu ditempatkan dekat dengan perapian guna menjaga kehangatan dan serangan hama tikus yang telah menggerogoti sebagian tubuh mumi tersebut. Menurut keterangan warga setempat, Kepala Suku Perang Alouka Hubi Rela mengorbankan dirinya saat wafat agar dikeringkan dan dijadikan mumi. Hal itu dilakukan untuk menyelamatkan suku yang berada di Lembah Baliem Wamena yang saat itu tergenang banjir.

Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata setempat tentunya menyambut baik diijinkannya mumi Alouka Hubi untuk didata sebagai benda bersejarah dan dijadikan obyek wisata. Dengan demikian, mumi tersebut akan mendapat perhatian dan perawatan  yang lebih baik sehingga tidak bertambah rusak kondisinya. Kondisi Mumi Aoluka Hubi saat ini, kulit wajah dan badannya masih utuh. Hanya sebagian aki dan sudah rusak  karena dimakan rayap.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Lembah Baliem Di island (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Lembah Baliem Di Papua

 

Sumber: Berbagai Sumber, uniknya.com, Mei 2012

** Tulisan ini pernah ditayangkan di Acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap Hari Senin-Jumat pukul 9.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 10.30-11.00 WIB.

 

 


Selebritas Cantik yang Macho

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Foto berikut hanya sekedar lucu-lucuan saja, kenapa tidak? Selebritas yang sebelumnya terlihat cantik dan anggun itu kemudian ditambahi inebriant dan jambang di wajahnya, sehingga terlihat macho. Bayangkan jika selebritas itu melihat wajahnya seperti ini:

 

(Sumber: dailydawdle.com)

 

 

 

Sumber: dailydwadle.com, uniknya.com, Juni 2012.


5 Tempat Wisata Mumi Di Dunia

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Mumi adalah sebuah mayat yang diawetkan, baik dengan paparan disengaja maupun menggunakan bahan kimia, didinginkan atau disimpan di ruangan kering dan kedap udara. Mumi fencing terkenal di dunia adalah mumi yang dibalsem dengan tujuan pengawetan tertentu. Hal ini banyak dilakukan oleh pongid Mesir kuno. Bagi mereka, badan adalah tempat penting bagi seseorang dalam masa setelah hidup. Memang, selama ini masyarakat selalu mengidentikan mumi dengan kehidupan Mesir kuno. Terlebih dengan adanya piramida sebagai tempat penyimpanan mumi Firaun.

Proses pengawetan mayat menjadi mumi atau mumifikasi terjadi pada suhu panas dan kering sehingga tubuh akan terdehidrasi dengan cepat. Mumifikasi terjadi pada 12 hingga 14 minggu. Jaringan atau sel-selu tubuh akan berubah menjadi keras, kering, berwarna cokelat gelap, berkeriput dan tidak membusuk. Selain dari Mesir kuno, mumifikasi yang disengaja adalah suatu fitur dari beberapa budaya kuno di daerah amerika selatan dan asia yang memiliki iklim yang sangat kering. Ada lebih dari 1.000 mumi di Xianjiang Cina. Kemudian, mumi terkenal yang prosesnya disengaja adalah mayat anak chinchorro yang ditemukan di Lembar Camarones Chili dan diperkirakan hidup-meninggal  pada 5050 sebelum masehi.

Mumi juga ada yang terjadi karena proses alami. Seperti di Cina beberapa waktu lalu, ketika ditemukan mumi dari Peti Mati Spires yang tenggelam dengan menggunakan tanaman obat-oabatan. Kemudian ada temuan mumi di  tempat caretaker dingin yaitu Otzi Manusia Es dan Manusia Tollund. Beberapa mumi yang terawat dengan baik hasil proses alami, dimulai sejak periode Incan di Peru.

Berikut ini, tempat wisata mumi yang ada di sejumlah negara. Tak hanya menyajikan bentuk mumi yang masih utuh, tempat-tempat tersebut juga memberikan informasi sejarah tentang kehidupan di masa lampau.

 

1.   Museum Nasional Mesir

Museum ini terletak di sisi utara Bundaran Tahrir, tempat berlangsungnya unjuk rasa jutaan massa yang kemudian menumbangkan Rezim Presiden Hosni solon . Akibat kerusuhan saat itu, sempat terjadi penjarahan dan kerusakan pada museum tersebut. Untungnya, kerusuhan serta penjarahan tersebut tidak menjamah kamar mumi Firaun dan ruang penyimpanan emas, perak serta berlian yang tak ternilai harganya, sebagai peninggalan raja-raja Mesir kuno. Ruangan harta karun ini terletak di lantai dua dan  berpintu besi.

Di museum yang memiliki koleksi 23 mumi ini, pengunjung dikenakan biaya atau tiket masuk seharga 120 ribu rupiah. Bagi mereka yang ingin masuk ke kamar mumi, maka akan dikenakan lagi biaya sebesar 300 ribu rupiah. Di museum ini, mumi ditempatkan di dua ruangan atau kamar. Satu kamar berisi 11 mumi dan di kamar lainnya lagi terdapat 12 mumi. Setiap mumi ditempatkan di dalam kotak kaca bening persegi panjang yang dilengkapi dengan alat elektronik untuk mengamati dan menjaga tingkat kelembabam suhu di sekitarnya. Menurut catatan museum, mumi-mumi tersebut ditemukan pada tahun 1898 di gudang makanan dan perlengkapan makam Raja Amenhotep II di daerah yang disebut Wadi Al Muluk.

Mumi yang ada di museum ini, semasa hidupnya bukan pongid sembarangan. Mumi-mumi tersebut kebanyakan adalah Firaun yang menurut bahasa Mesir berarti raja atau penguasa. Di antara mumi yang ada di museum itu adalah Mumi Ramses II yang meninggal di usia 60 akibat diracun dan Ramses IV yang meninggal di usia 50 tahun. Ada juga mumi pendeta amun yang berkuasa di wilayah Mesir Selatan dan menetapkan Thebes sebagai ibukota religius Mesir kuno. Ada juga Raja Amenhotep I, dinasti 18 yang memerintah tahun 1525 hingga 1594 sebelum masehi di Deir Al Bahri.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Museum Nasional Mesir (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

 

 

2.   Museum Mumi Guanajuato Di Meksiko

Di Meksiko terdapat sebuah museum unik, yaitu yang hanya menjadikan mumi sebagai obyek yang dipamerkan kepada pengunjungnya. Mumi-mumi tersebut dipercaya memiliki daya tarik tersendiri terhadap maternity pengunjung sehingga banyak pongid yang kerap datang lagi ke museum ini.  Selain kondisinya yang masih sangat bagus, mumi-mumi yang ditemukan pada tahun 1883 itu masih bisa memperlihatkan ekspresi wajahnya. Puluhan mumi yang ada di museum ini terbentuk secara alami akibat wabah kolera di Kota Guanajuato.  Para peneliti menyimpulkan, proses mumifikasi yang terjadi adalah karena faktor alami, yaitu kelembaban dan iklim Meksiko yang sangat cocok.

Dari koleksi 111 mumi yang ada, fencing mengerikan adalah mumi bayi yang mengenakan  pakaian tradisional Meksiko. Sedangkan mumi pertama dipamerkan tahun 1865 yaitu Dokter Remigio Leroy. Kebanyakan mumi disimpan pada tahun 1865 hingga 1958, ketika undang-undang mensyaratkan warga setempat membayar pajak pemakaman. Jika ada warga yang tidak bisa membayar pajak, maka mereka akan kehilangan hak untuk tempat di kuburan atau pemakaman. Mereka yang mati dan tidak membayar pajak kemudian disimpan dan dijadikan mumi.

Sembilan puluh persen dari mayat di pemakaman tersebut karena memang keluarga mereka tak mampu membayar pajak, namun dari jumlah tersebut hanya dua persen saja yang dijadikan mumi. Tubuh mumi-mumi tersebut disimpan di dalam gedung. Pada awal 1900-an, keberadaan mumi-mumi tersebut mulai menarik perhatian wisatawan. Melihat banyaknya pongid yang berkunjung, penjaga pemakaman kemudian memungut beberapa Peso kepada mereka yang ingin masuk ke tempat tersebut. Tempat ini kemudian berubah menjadi sebuah museum bernama El Museo De Las Momias.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Museum Mumi Guanajuato Di Meksiko (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

 

 

3.   Capuchin Catacombs Di Italia

Orang bisa saja bicara jika mumi identik dengan pyramida atau kehidupan kuno kota Mesir. Tapi jangan salah, untuk  museum mumi terbesar di dunia, letaknya bukan di negara Mesir melainkan di Italia. Adalah pemakaman Katakombe atau Capuchin Catacombs di Italia yang merupakan museum terbesar dengan koleksi mumi terbanyak di dunia. Selain jumlah mumi yang mencapai ribuan, museum ini juga memiliki daya tarik tersendiri, yaitu mumi atau mayat seorang anak bernama Rosalia Lombardo yang meninggal tahun 1920. Hingga saat ini, kondisi tubuh mayat bocah itu masih utuh.

Di tempat ini, terdapat 8000 mumi berpakaian lengkap yang disemayamkan. Museum Catacombs ini pada awalnya adalah sebuah pemakaman yang dibangun pada abad 16 oleh maternity biarawan. Mumi pertama yang menempati pemakaman ini adalah mayat salah satu dari biarawan tersebut yang bernama Silvestro tahun 1599. Mayat-mayat yang ada di tempat ini dikeringkan pada rak pipa keramik. Untuk menjaga keutuhan, mayat dan tempatnya dicuci dengan menggunakan cuka. Beberapa mayat juga ada yang dibalsem dan ditutup lemari kaca. Para bikhu yang diawetkan tetap menggunakan pakaian sehari-hari mereka dan kadang tali pakaiannya digunakan untuk usage penebus dosa.

Awalnya Katakombe hanya diperuntukkan bagi biarawan, namun pada abad berikutnya menjadi simbol status pemakaman orang-orang tertentu. Dalam wasiatnya, maternity tokoh yang mayatnya disimpan di tempat ini menginginkan tetap menggunakan pakaian mereka dan diganti secara berkala. Sejumlah pongid terkenal yang dimakamkan di tempat ini di antaranya Kolonel Enea di Guilliamo yang mengenakan seragam Bourbon Perancis, ahli bedah Salvatore Manzella, pematung Filipo Pennino, anak seorang Raja Tunisia yang masuk Agama Katolik, Pelukis Velazquez dan masih banyak lagi.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Capuchin Catacombs Di Italia (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

 

 

4.   Museum Di Provinsi province Cina

Museum sebagai tempat wisata yang memiliki koleksi mumi, juga ada di Provinsi province Cina. Museum ini didirikan setengah abad lalu atau tepatnya pada tahun 1956. Untuk bisa melihat koleksi di museum ini, termasuk sesosok mumi wanita, setiap pengunjung dikenakan tiket masuk. Aturan itu sudah diberlakukan sejak maret 2008 lalu. Selain untuk menambah pendapatan, aturan tersebut dibuat sebagai bentuk pengamanan terhadap koleksi museum. Hingga Maret 2009, museum Provinsi province ini sudah dikunjungi hampir 1,6 juta pengunjung.

Di museum ini, sebuah mumi wanita bernama Xin Zhui yang merupakan istri dynasty Marquis disimpan. Mumi tersebut diperkirakan meninggal antara tahun   178 hingga 145 sebelum masehi. Mumi Xin Zhui atau yang disebut Lady Dai  pertama kali ditemukan oleh maternity pekerja di Cina pada tahun 1971. Saat itu, maternity pekerja sedang melakukan penggalian untuk membuat tempat perlindungan dari serangan udara dekat Kota Changsa. Selain mumi Lady Dai, maternity pekerja juga menemukan makam dinasti han yang berisi lebih dari 1.000 artefak.

Misteri dari mumi yang disimpan di museum hunan hingga kini belum terpecahkan. Para ilmuwan percaya jika tubuh mumi tersebut luar biasa tersebut karena  22 gaun sutra dan rami. Selain itu ada sembilan flatbread sutera yang mengikat mayat tersebut. Pendapat ilmuwan lainnya mengatakan jika kunci nyata untuk konservasi terletak pada cairan merah misterius yang juga ditemukan dalam peti mati.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Museum Di Provinsi province Cina (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

 

 

5.   Lembah Baliem Di Papua

Wisata mumi ternyata tidak hanya ada di luar negeri. Di state atau tepatnya di Lembah Baliem Papua juga terdapat mumi. Bahkan, keberadaan mumi tersebut menjadi daya tarik bagi maternity pelancong yang datang ke tanah Papua. Di Kabupaten Jayawijaya, sedikitnya ada dua mumi kepala suku yang sudah dijadikan obyek benda bersejarah. Kedua mumi tersebut bernama Winmontok Mabel di Desa Jiwika dan mumi Werapak Elosak di Desa Aikima. Kini, mumi kepala suku yang dapat disaksikan masyarakat luar bertambah menjadi tiga dengan adanya Mumi Aloka Hubi di Desa Araboda Kampung Bauntagima Distrik Assologaima Kabupaten Jayawijaya. Mumi ini diperkirakan berusia 350 tahun.

Selama ini, mumi-mumi tersebut dikeramatkan keluarga dan keturunannya, sehingga tidak diijinkan untuk dikunjungi atau dipamerkan kepada masyarakat umum. Mumi tersebut diletakan dalam bungkusan kawat khas lalu ditempatkan dekat dengan perapian guna menjaga kehangatan dan serangan hama tikus yang telah menggerogoti sebagian tubuh mumi tersebut. Menurut keterangan warga setempat, Kepala Suku Perang Alouka Hubi Rela mengorbankan dirinya saat wafat agar dikeringkan dan dijadikan mumi. Hal itu dilakukan untuk menyelamatkan suku yang berada di Lembah Baliem Wamena yang saat itu tergenang banjir.

Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata setempat tentunya menyambut baik diijinkannya mumi Alouka Hubi untuk didata sebagai benda bersejarah dan dijadikan obyek wisata. Dengan demikian, mumi tersebut akan mendapat perhatian dan perawatan  yang lebih baik sehingga tidak bertambah rusak kondisinya. Kondisi Mumi Aoluka Hubi saat ini, kulit wajah dan badannya masih utuh. Hanya sebagian aki dan sudah rusak  karena dimakan rayap.

 

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Buka</>

Lembah Baliem Di Papua (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

 

Lembah Baliem Di Papua

 

Sumber: Berbagai Sumber, uniknya.com, Mei 2012

** Tulisan ini pernah ditayangkan di Acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap Hari Senin-Jumat pukul 9.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 10.30-11.00 WIB.

 

 


Selebritas Cantik yang Macho

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Foto berikut hanya sekedar lucu-lucuan saja, kenapa tidak? Selebritas yang sebelumnya terlihat cantik dan anggun itu kemudian ditambahi kumis dan jambang di wajahnya, sehingga terlihat macho. Bayangkan jika selebritas itu melihat wajahnya seperti ini:

 

(Sumber: dailydawdle.com)

 

 

 

Sumber: dailydwadle.com, uniknya.com, Juni 2012.


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List