Sunday, July 22, 2012

Mengenal Cara Kerja GPS Tracker

Teknologi GPS Tracking memanfaatkan sinyal satelit GPS (Global Positioning System) dan sinyal GSM (Global System for Mobile Communicationyaitu sinyal yang digunakan oleh operator telepon selluler).


Alat GPS Tracking yang di pasang pada mobil anda mempunyai kartu/ chip telepon selluler yang dapat anda beli di konter-konter HP. Setelah kartu perdana yang anda beli di konter HP anda registrasikan, lalu anda pasang kartu tersebut di alat GPS(jangan lupa menyimpan atau mencatat nomor kartu yang terpasang di alat GPS tadi di HP pribadi anda atau di catatan anda)


Satelit mengirimkan sinyal ke peralatan GPS Tracking yang dipasang di mobil. Sinyal GPS dari satelit tersebut dipergunakan untuk menentukan posisi, arah, kecepatan dan rute mobil.
GPS Tracking mengirimkan data posisi, arah, kecepatan dan rute mobil ke Wireless Network (GSM, GPRS).
Wireless Network terhubung ke Data Server yang bisa diakses oleh user / pelanggan melalui internet dengan PC ataupun Smart Phone. Sehingga, secara real time user bisa memantau posisi, arah, kecepatan dan rute mobil / armada kendaraan miliknya.



Setiap menu sms perintah GPS Tracking yang anda ketik dari HP pribadi anda,anda kirimkan ke nomor yang terpasang di alat GPS tadi. Lalu alat GPS akan mementukan posisi kordinat mobil anda, lalu akan mengirim info kordinat tersebut kembali ke HP anda melalui sms, lalu anda akan mengetahui posisi kordinat mobil anda. Anda dapat meng-klik langsung dari HP anda link dari kordinat tersebut, dan gambar peta dimana posisi mobil anda akan segera muncul di hp anda (HP anda harus support internet).
Atau anda dapat juga melihat peta tersebut melalui komputer/ laptop yang terhubung internet, dengan cara anda catat titik kordinatnya. Setelah anda buka Google, pilih menu MAPS, masukkan kordinatnya lalu Enter..., peta posisi mobil anda akan segera nampak 


Sumber

Cara Kerja Relay 4 Kaki dan 5 Kaki Beserta Contoh

Benda satu ini paling banyak di pake dimobil2 sekarang..
Kegunaan utamanya adalah meningkat kan efisiensi elektris pada sebuah rangkaian kabel. Bingung ? he..he...





Relay berfungsi sebagai saklar antara sumber listrik / aki dengan perangkat yang akan digunakan, misalnya: klakson, lampu kabut, lampu besar maupun power window.
Relay mempunyai 4 kaki atau 5 kaki. Relay 5 kaki biasa disebut relay 87a karena ditengahnya ada kaki 87a. Empat kaki yang lainnya adalah kaki 30, 85, 86 dan 87. ada juga relay yang mempunyai 4 kaki namun tidak memiliki kaki 87, jadi hanya ada kaki 30, 85,86 dan 87a. ini biasa disebut relay pemutusan. Relay pemutusan biasanya dipasang di alarm mobil. Relay ini berfungsi memutus arus antara kontak IG dengan motor stater.
Kaki 30 biasa disambung dengan AKI, kaki 85 disambung dengan massa body/ chassis mobil, kaki 86 disambung dengan arus positif entah dari kabel klakson atau lampu dan kaki 87 akan mengeluarkan arus positif. Sedangkan kaki 87a merupakan kebalikan dari 87, jadi pada saat 30 diberi setrum dan 85 dikasi massa, maka 87a akan mengeluakan setrum. Namun pada saat 86 diberi setrum, maka 87a akan berhenti menghasilkan setrum dan 87 baru akan mengeluarkan setrum.
Bagaimana jika ingin 87 mengeluarkan arus negative seperti halnya pada klakson mobil? Cara nya cukup dibalikkan saja. Kaki 30 dan 86 diberi massabody, lalu 85 diberi setrum. Maka 87 akan menghasilkan arus negative. Mudahkan bro………….



Contoh : Device yang mau di hidupkan : electric Fan..anda ingin dia hidup jika ac hidup...nah..cara paling gampangnya nyuntik dari kabel kompresor ac kan..tetapi kabel dari kompresor ac itu sudah terbebani oleh daya yang digunakan oleh kompresor itu sendiri....apa bila dibebani lagi oleh electric fan..ditakutkan akan overload....maka dapat digunakan relay..sehingga load yang di ambil dari kabel kompresor sangat kecil karena hanya digunakan untuk menyalakan relay. (0,5 ampere) ...nah sedangkan beban untuk menghidupkan electric fan ditanggung oleh Relay tersebut...









Kegunaan utamanya adalah meningkat kan efisiensi elektris pada sebuah rangkaian kabel. Bingung ? he..he...
Contoh : Device yang mau di hidupkan : electric Fan..anda ingin dia hidup jika ac hidup...nah..cara paling gampangnya nyuntik dari kabel kompresor ac kan..tetapi kabel dari kompresor ac itu sudah terbebani oleh daya yang digunakan oleh kompresor itu sendiri....apa bila dibebani lagi oleh electric fan..ditakutkan akan overload....maka dapat digunakan relay..sehingga load yang di ambil dari kabel kompresor sangat kecil karena hanya digunakan untuk menyalakan relay. (0,5 ampere) ...nah sedangkan beban untuk menghidupkan electric fan ditanggung oleh Relay tersebut...
Jenis2 relay ada banyak di pasaran termasuk banyak merek yang ada. Kami tidak akan membahas Merek, tetapi akan diberikan pengetahuan mengenai tipe2 RELAY yaitu 4 Kaki dan 5 Kaki
CARA KERJA RELAY
Cara kerja relay sangat sederhana sehingga sangat sulit untuk di deskripsikan secara kata kata wkwkw....
Disini kita akan bahas relay pada umumnya...

Relay Segi (contoh : Hella, Bosch dll) (RELAY 4 KAKI)
relay terdiri dari 2 terminal trigger, 1 terminal input dan 1 terminal output.

Terminal trigger : yaitu terminal yang akan mengaktifkan relay..seperti alat electronic lainya relay akan aktif apabila di aliri arus + dan arus -. Nah pada contoh relaya yang kita gunakan terminal trigger ini adalah 85 dan 86.
Terminal input : yaitu terminal tempat kita memberikan masukan..pada contoh adalah terminal 30
Terminal output : yaitu tempat keluarnya output....pada contoh adalah terminal 87
kalau relay kaki 5 dengan terminal ditengahnya tidak ada huruf "a"nya (87) berarti ini sama saja dengan Relay kaki 4 biasa hanya saja outputnya sudah di cabangkan duluan...jadi bisa menyalakan dua aksesoris sekaligus.
Semoga Bermanfaat,




Penjelasan Gambar :

Terminal trigger pertama2 dihubungkan dengan arus plus (85) ..kemudian melalui saklar terminal 86 di berikan arus -, seketika setelah saklar di aktifkan ..maka relay akan aktif..kok bisa ?????
Sebenarnya terminal 85 dan 86 (terminal trigger) itu adalah ujung dari kumparan yang melilit pada sebuah inti besi..sesuai dengan hukum fisika apa gitu gue lupa...jika sebuah inti besi dililitkan kumparan dan pada kumparan tersebut dialiri arus listrik maka inti besi tersebut akan menghasilkan medan magnet.....
nah demikian juga yang terjadi disini..inti besi menghasilkan medan magnet (ditandai dengan warna ungu ) ...seketika setelah kumparan dialiri arus ...kemudian medan magnet yang terjadi di inti besi menarik bridge (warna hijau) yang terbuat dari logam.(biasanya besi)....

Nah ketika bridge ini tertarik maka terminal 30 dan 87 akan tersambung....sesuai dengan namanya bridge itu menghubungkan jurang antara 30 dan 87.
Saat ini lah dikatakan RELAY AKTIF

Saat relay aktif tinggal kita yang menggunakan jalan yang sudah tidak terpisah oleh jurang tadi untuk menghantarkan sesuatu...dari terminal input (30) ke terminal output (87).....jika sudah aktif begini apapun bisa di hantarkan dari 30 ke 87...contoh jika kita kasih arus + di 30 maka di 87 akan keluar arus + atau sebaliknya ....
sebagai contoh extreme jika kita kasih terminal 30 air maka di 87 akan keluar air.....he..he..contoh saja ..tapi kan gak mungkin air mengalir dalam logam padat....

Nah demikian penjelasan singkat...
mudah2an dapat dimengerti.....


Contoh aplikasi Relay : Relay Klakson

pada kendaraan dengan kabel klakson hanya satu..diman ground langsung di ambil dari body kendaraan...


jika tombol klakson di pencet maka dari kabel original mobil akan menghasilkan arus +, arus - sudah stand by maka seketika itu juga arus + dari 30 akan di teruskan ke klakson melalui terminal 87....

Dan masih banyak lagi contoh kegunaan relay...sangat sangat bermanfaat jika kita mengetahui dasar dari cara kerja relay..sehingga kita dapat dengan mudah mengaplikasikannya pada kebutuhan kita...




Ini salah satu contoh aplikasi Relay yang lumayan ribet..he.he......
Fungsi : Digunakan sebagai teknik mengamankan mobil...jadi mobil kita gak akan bisa di start kalau kita belum menyalakan lampu dim sekali....atau menginjak rem sekali.......(pilih salah satu mekanismenya bisa dim atau rem)





Ini menggunakan 3buah Relay...
Relay pertama digunakan untuk menerima trigger dari lampu dim/ rem..dan mempertahankan signal sekali tersebut sebagai trigger bagi relay yang lain..

Relay kedua digunakan untuk starter.hanya akan aktif jika dan hanya jika relay pertama dan relay ke tiga aktif. (syarat relay pertama aktif dilakukan sekali dim atau sekali injak rem yang dilakukan setelah kunci kontak ada pada posisi ON/IG)

Relay ketiga digunakan untuk membalikan polarity dari output Kunci kontak starter dari + menjadi -. Kemudian mengirimkannya ke relay kedua.



Ada pertanyaan ? bingung ? posting disini...
Ada yang salah tolong dikoreksi ya....
Ada yang lebih sederhana tolong dikasihtau ya......



Sumber 

Mengenal Komponen dan Cara Kerja Kulkas 2 Pintu


Tahukah anda mengapa pada saat tangan tersentuh alcohol, maka alcohol akan segera menguap dan tangan anda terasa dingin? Menguapnya alcohol disebabkan titik uap alcohol lebih rendah dari air, sehingga alcohol lebih mudah menguap. Pada saat alcohol menguap, maka alcohol membutuhkan sejumlah kalor yang diambil dari tangan anda, akibatnya suhu di sekitar kulit tangan anda akan mengalami penurunan. Hal inilah yang menghasilkan sensasi dingin di tangan anda.
Kita perhatikan kasus lain:
Di siang bolong anda berada di tengah lapang di bawah terik matahari, tiba-tiba anda mendapatkan tetes-tetes air dari selang yang disemprotkan teman anda ke arah udara. Maka anda pun akan merasa dingin yang menyegarkan, walaupun suhu di sekitar anda tetap tinggi, Hal tersebut diakibatkan oleh menguapnya tetes-tetes air tersebut yang sempat mengenai kulit Anda. Sekali lagi menguapnya air-air tersebut di kulit anda akan mengambil panas di kulit anda yang pada akhirnya menghasilkan sensasi dingin di kulit anda. Jika hal tersebut dilakukan terus menerus dalam waktu satu jam lebih, Anda tidak lagi sekedar  merasa dingin, tapi suhu tubuh anda akan turun dan anda dapat sakit.
Prinsip di atas menjadi dasar cara kerja kulkas.
Uap cairan tertentu yang disebut refrigerant disemprotkan terus menerus ke dalam ruangan kulkas yang akan mengambil kalor dari makanan-makanan di kulkas. Namun berbeda dengan alcohol atau tetes-tetes air, titik uap refrigerant jauh lebih rendah, yaitu sekitar -27 F, sehingga kalor yang diambil tidak digunakan untuk mengubahnya menjadi uap, tetapi sekedar menaikkan suhu refrigerant.
 
 

Jenis-jenis Kulkas
 
 

Gambar 2. Jenis kulkas Non Freezer
Jenis Non Frezer 
Lemari Es (kulkas) di rumah kita digolongkan non Frezer apabila bagian di dalam lemari Es tidak hanya evaporator (Bagian pembeku). Pada kulkas satu pintu evaporatornya terletak di bagian atas dan ukurannya tidak lebih 1/3 ukuran total kulkasnya. Pada kulkas dua pintu dan seterusnya evaporator tersendiri dan ukurannya lebih besar dibandingkan evaporator kulkas satu pintu.
Temperatur dingin pada rak-rak dibawah evaporator, sebenarnya berasal dari hembusan udara dingin dari evaporator. Bagian rak ini biasa digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman.
Jenis Frezer

Gambar 3. Kulkas jenis Freezer
Lemari es Freezer dapat membekukan atau menjadikan sesuatu menjadi Es di setiap bagiannya. Biasanya , lemari es jenis ini digunakan untuk kegiatan wirausaha , seperti penjual es batu atau es lilin. Tidak seperti kulkas biasanya kulkas Freezer memiliki evaporator di setiap raknya. Jadi kulkas freezer mampu membekukan lebih banyak dibandingkan lemari es non freezer .

Gambar 4. Kulkas jenis Door Glass Refrigerator
Jenis Door Glass Refrigerator.
Kulkas pintu kaca termasuk jenis kulkas non freezer. Kulkas jenis ini digunakan khusus untuk menyimpan aneka minuman kaleng dan botol. Dengan pintu terbuat dari kaca, memungkinkan minuman yang berada di dalam terlihat dari luar. Temperatur yang dihasilkan oleh kulkas pintu kaca berkisar antara 10-16 derajat celcius. Kulkas ini tidak membekukan minuman yang ada di dalamnya, tetapi hanya mendinginkannya atau menyegarkannya.

Komponen pada Kulkas
 
 

Gambar 5. Kompresor

Kompresor
Kompresor merupakan bagian terpenting di dalam kulkas . Apabila di analogikan dengan tubuh manusia, kompresor sama dengan jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh begitu juga dengan kompresor. Kompresor berfungsi memompa bahan pendingin keseluruh bagian kulkas .

Gambar 6. Bagian dari Kompresor Hermetik
Kompresor Hermetik
  • a. rotor
  • b. stator
  • c. silinder
  • d. poros engkol
  • e. saluran isap
  • f. saluran pengeluaran refrigerant
  • g. sambungan
  • h. terminal
 
 

Gambar 7. Kondensor
Kondensor
Kondensor adalah alat penukar kalor untuk mengubah wujud gas bahan pendingin pada suhu dan tekanan tinggi menjadi wujud cair. Jenis kondensor yang banyak digunakan pada teknologi kulkas saat ini adalah kondensor dengan pendingin udara. Yang digunakan pada sistem refrigrasi kulkas kecil maupun sedang. kondensor seperti ini memiliki bentuk yang sederhana dan tidak memerlukan perawatan khusus .saat lemari es bekerja kondensor akan terasa hangat bila dipegang.
 
 

Gambar 8. Filter
Filter.
Filter ( saringan ) berguna menyaring kotoran yang mungkin terbawa aliran bahan pendingin yang keluar setelah melakukan serkulasi agar tidak masuk kedalam konpresor dan pipa kapiler. Selain itu , bahan pendingan yang akan disalurkan pada proses berikutnya lebih bersih sehingga dapat menyerap kalor lebih maksimal. 

Gambar 9. Evaporator


Evaporator.
Evaporator berfungsi menyerap panas dari benda yang di masukkan kedalam kulkas, kemudian evaporator menguapkan bahan pendingin untuk melawan panas dan mendinginkannya. Sesuai fungsinya evaporator adalah alat penguap bahan pendingin agar efektif dalam menyerap panas dan menguapkan bahan pendingin, evaporator di buat dari bahan logam anti karat, yaitu tembaga dan almunium.
 
 

Gambar 10. Thermostat
Thermostat.
Thermostat memiliki banyak sebutan antara lain temperatur kontrol dan cool control. Apapun sebutannya, thermostat berfungsi mengatur kerja kompresor secara otomatis bedasarkan batasan suhu pada setiap bagian kulkas. Bisa dikatakan, thermostat adalah saklar otomatis berdasarkan pengaturan suhu. Jika suhau evaperator sesuai dengan pengatur suhu thermostat, secara otomatis thermostat akan memutuskan listrik ke kompresor.  

Gambar 11. Heater


Heater.
Hampir keseluruan kulkas nofrost dan sebagian kecil kulkas defrost dilengkapi dengan pemanas ( heater ). Pemanas berfungsi mencairkan bunga es yang terdapat di evapurator . selain itu pemanas dapat mencegah terjadinya penimbunan bunga es pada bagian rak es dan rak penyimpan buah di bawah rak es.
 
 

Gambar 12. Fan Motor
Fan motor.
Fan motor atau kipas angin berguna untuk menghembuskan angin . pada kulkas ada dua jenis fan
  1. fan motor evaporator
    Berfungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator keseluruh bagian rak ( rak es , sayur ,dan buah ).
  2. fan motor kondensorkipas angin ini diletakkan pada bagian bawah kulkas yang memiliki kondensor yang berukuran kecil yang berfungsi mengisap atau mendorong udara melalui kondensor dan kompresor . selain itu berfungsi mendinginkan kompresor.

Gambar 13. Overload motor protector
Overload motor protector
Adalah komponen pengaman yang letaknya menyatu dengan terminal kompresor. Cara kerjanya serupa dengan sekering yang dapat menyambung dan memutus arus listrik. Alat ini dapat melindungi komponen kelistrikan dari kerusakan arus akibat arus yang dihasilkan kompresor melebihi arus acuan normal.
 
 

Gambar 14. Refrigerant
Bahan Pendingin (Refrigerant).
Refrigerant adalah zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair, ataupun sebaliknya. Jenis bahan pendingin sangat beragam. Setiap jenis bahan pendingin memiliki karakteristik yang berbeda.
 
 
Persyaratan Bahan Pendingin (Refrigerant)
  1. Tidak beracun, berwarna dan berbau
  2. Bukan termasuk bahan yang mudah terbakar.
  3. Bukan penyebab korosif
  4. Dapat bercampur dengan minyak pelumas kompresor
  5. Memiliki struktur kimia yang stabil
  6. Memiliki titik didih yang rendah
  7. Memiliki tekanan kondensasi yang rendah
  8. Memiliki tingkat penguapan yang rendah
  9. Memiliki kalor laten yang rendah
  10. Memiliki harga yang relatif murah.

Prinsip Kerja Kulkas
Sistem kerja kulkas
Sistem kerja lemari es dimulai dari bagian kompresor sebagai jantung kulkas yang berfungsi sebagai tenaga penggerak. Pada saat dialiri listrik, motor kompresor akan berputar dan memberikan tekanan pada bahan pendingin. Bahan pendingin yang berwujud gas apabila diberi tekanan akan menjadi gas yang bertekanan dan bersuhu tinggi. Dengan wujud seperti itu, memungkinkan refrigerant mengalir menuju kondensor. Pada titik kondensasi, gas tersebut akan mengembun dan kembali menjadi wujud cair. Refrigerant cair bertekanan tinggi akan terdorong menuju pipa kapiler.
Dengan begitu refrigerant akan naik ke evaporator akibat tekanan kapilaritas yang dimiliki oleh pipa kapiler.
Saat berada di dalam evaporator, refrigerant cair akan menguap dan wujudnya kembali menjadi gas yang memiliki tekanan dan suhu yang sangat rendah. Akibatnya, udara yang terjebak di antara evaporator menjadi bersuhu rendah dan akhirnya terkondensasi menjadi wujud cair. Pada kondisi yang berulang memungkinkan udara tersebut membeku menjadi butiran-butiran es. Hal tersebut terjadi pada benda atau air yang sengaja diletakkan di dalam evaporator.

___________________________________________________________________
Prinsip Lemari Es mengambil dari ilmu Fisika mengenai perubahan bentuk zat yang memerlukan suhu atau panas, karena pengambilan panas ini maka suhu udara lingkungannya menjadi dingin. Dapat dibayangkan seperti alkohol yang menguap berada di tangan Anda, maka anda akan merasakan dingin pada tangan anda tersebut.


Mari kita bayangkan sebuah sistim yang mensirkulasikan zat (disini digunakan gas) dengan bantuan suatu alat, sehingga zat tersebut melakukan perubahan berulang ulang atau terus menerus sehingga kondisi dingin yang kita harapkan tidak berlangsung sejenak (seperti alkohol ditangan kita). Nah inilah prinsip dasar lemari es.


Jadi mesti ada kontrolnya, disini digunakan thermostat untuk kontrol temperatur, kemudian ada lagi yang tidak kalah penting, dikarenakan lemari es adalah ruangan tertutup, maka akan terjadi es didalam evaporator. Jika es ini semakin banyak maka aliran udara dingin yang di tiup oleh fan ke dalam ruang lemari es akan terhambat, maka ada heater yang akan memanaskan daerah di dekat evaporator agar es mencair. Nah ini lah yang dinamakan defrost dan akan ada air yang turun kedalam penampungan air dibawah lemari es.


Nah mari kita melihat kedalam lagi bagaimana defrost ini bekerja. Rupanya ada alat yang bernama Defrost Timer. Alat ini akan menyalakan heater setiap 8 jam selama kurang lebih 15 menit. Untuk lemari es satu pintu tidak ada otomatis defrost ini, karena evaporatornya menjadi satu dengan ruangan dan difungsikan untuk membuat kotak-kotak es, namun jika lemari es sering dibuka tutup maka udara yang mengandung air akan masuk dan beku bersama evaporator tersebut, sehingga jika sudah banyak bekuan air, pencairan dilakukan dengan defrost manual, yaitu dengan menekan tombol defrost.


Kita kembali ke lemari dua pintu, ketika pada waktunya (setiap 8 jam) timer Defrost akan menyalakan heater dan mematikan kompresor dan fan didalam lemari es. Disini perlu diperhatikan sebelum listrik mencapai elemen heater ada alat yang bernama Bimetal kontaktor.
Pada suhu yg terendah bimetal dalam defrost thermostat menutup atau menyambungkan arus listrik pada heater . Demikian sikus ini berulang sehingga tidak ada pembekuan yang berlebihan di dalam evaporator.


Komponen dalam lemari es atau kulkas kompresor, defrost timer, thermostat, bi metal kontaktor, dan heater.


Sumber, Sumber2

Tutorial Cara Kompres Foto di Adobe Photoshop, Serta Kelebihan dan Kekuranganya

Mungkin selama ini anda kesulitan akan meng-Upload foto atau gambar yang ukurannya besar, karena koneksi internet yang lambat dan image hosting hanya menyediakan kapasitas storage yang sedikit. Sekarang itu bukan masalah lagi, karena anda bisa dengan mudah meng-Kompres ukuran gambar dengan Adobe Photoshop tanpa mengurangi kualitas dari gambar tersebut. Di tutorial ini saya menggunakan Adobe Photoshop CS 3, berikut tutorialnya.

  1. Open file yang akan Kompres ukurannya, dengan cara menekan menu bar file - open. (Atau ctrl + O)


  2. Bila anda sudah melakukan opening file, maka akan muncul gambar pada stage.
  3. Sekarang anda tinggal men-Save nya dengan menekan menu bar file - Save as... (Atau shift+ctrl+S)


  4. Pada opsi Format, pilih JPEG bila anda ingin menyimpan file gambar dalam bentuk JPEG, dan pilih yang lain bila anda ingin meyimpan dengan format yang lain, lalu klik OK.
  5. Setelah anda menekan tombol OK maka akan keluar window baru yang di sana ada beberapa seting yang harus di rubah, pilih low pada opsi quality atau anda bisa menggeser navbar yang ada di bawahnya.


  6. Di bawah tulisan preview, anda bisa melihat ukuran file setelah melakukan perbuhan opsi quality.
Berikut hasil gambar yang saya kompres, perbedaannya tidak mencolok:

After Kompres


Before Kompres



tips memperkecil ukuran file photo overviews Tips & Trik Memperkecil dan Mengkompres Ukuran File Foto di Adobe Photoshop

SEKILAS TENTANG SETTINGAN PIXEL DI CAMERA DIGITAL

Seperti kita ketahui setiap Gadget Modern seperti Camera Digital (CamDig) pasti memiliki opsi (pengaturan) kualitas jepretan Photo yang biasa disebut “PIXEL“, berikut adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan settingan foto besar & kecil:

KEKURANGAN

Jika menggunakan size photo dengan Pixel yang kecil maka ukuran Width dan Height foto akan kecil dan tentu saja untuk keperluan Photo Editing ini adalah sebuah kerugian besar.

KELEBIHAN

Ukuran file yang diset kecil tentu saja akan menghemat Space Memory Card Camera Digital kita bukan? dan tentu saja ketika ratusan-ribuan koleksi foto kita transfer ke PC/Laptop, ruang Hardisk relatif akan lebih lama penuh dibandingkan menggunakan settingan foto yang besar.

TIPS

Karena itu sebisa mungkin gunakanlah ukuran file foto yang kecil (Standar) di CamDig anda untuk foto-foto yang biasa/kurang penting, dan gunakanlah settingan ukuran file foto yang besar untuk keperluan di edit suatu saat nanti.

KEAJAIBAN “SAVE FOR WEB & DEVICES” PADA ADOBE PHOTOSHOP

tips memperkecil ukuran file photo 1 Tips & Trik Memperkecil dan Mengkompres Ukuran File Foto di Adobe Photoshop
Kegunaan dasar fasilitas “Save for Web & Devices” ini sebenarnya adalah sebagai Tools Pendukung pekerjaan Web Designer didalam merancang Web Interface yang membutuhkan image logoheader,bannerbuttonfootersidebarbackgroundsthemes, dll dengan ukuran file SUPER KECIL (terkompres).
Namun pada kenyataannya semenjak pertama kali dilaunching oleh Adobe Photoshop tools ini telah menjadi Trade Mark atau ciri khas software pengolah grafis ini, dan tentu saja saat ini semua orang memerlukan tools ini untuk mengkompres file image ke bentuk yang lebih ringan dengan tujuan untuk dapat diUPLOADS atau di ATTACHEMENT ke email ataugallery photo online seperti Flickr atau AlbumFacebook.

3 LANGKAH MUDAH MENGKOMPRES PHOTO DENGAN KUALITAS YANG SAMA

#STEP 1 : BUKA PHOTO YANG AKAN DIKOMPRES

FILE > OPEN > BROWSE FILE DI EXPLORER

#STEP 2 : MASUK KE MENU SAVE FOR WEB

FILE > Save for Web & Devices > atau tekan tombol Keyboards Ctrl + Shift + Alt + S

#STEP 3 : PILIH TYPE FILE DAN KUALITAS KOMPRES FILE DAN SELESAI

tips memperkecil ukuran file photo 2 Tips & Trik Memperkecil dan Mengkompres Ukuran File Foto di Adobe Photoshop
Keterangan :
  • Gunakan Tab Original/Optimized/2-Up/4-Up untuk melihat perbedaan hasil kompresan dalam satu layar
  • Gunakan pilihan extentions file *.PNG atau *.GIF untuk Background transparent

KESIMPULAN

Dengan adanya tools ini terbukti sangat membantu mengefisiensikan kinerja seorang Photographerdan Photo Editor didalam mentransfer file hasil karyanya melalui Internet, jadi jika anda inginmengkompres Foto dengan ukuran yang kecil dan Kualitas yang sama Adobe PhotoShop-lah Solusinya.


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List